#BeraniWujudkanMimpi–5 Starter Kit Sebagai Penunjang dalam Mewujudkan Mimpi di Tahun 2021

Starter kit ini bisa jadi pegangan kamu dalam mewujudkan mimpimu, loh!

Apa sih respon pertama ketika kamu mendengar kata mimpi? Pasti akan ada beragam pendapat yang akan muncul di benak setiap orang. Kalau kata Nidji sih yang tertuang dalam lagunya, mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia atau kata J.S Khairen yang mengatakan mimpi bukanlah mimpi, jika tak dikejar mimpi itu. Sebab, jika hanya berdiam diri, namanya kamu sedang bermimpi, maka kini kamu harus #BeraniWujudkanMimpi.

Setiap orang memiliki mimpi dan berhak akan mimpinya. Begitu dahsyatnya sebuah mimpi bagi seseorang agar merasa hidup dan berarti. Oleh karena itu, agar mimpimu tidak hanya sekedar angan belaka, kamu dapat melakukan 5 starter kit berikut ini dalam mewujudkan mimpi di tahun 2021.

Advertisement

1. Menuliskan 3 rencana besarmu dan jabarkan dengan detail

menulis rencana besar, photo by unsplash/NeONBRAND

menulis rencana besar, photo by unsplash/NeONBRAND via http://unsplash.com

Mewujudkan mimpi yang besar perlu strategi yang tepat untuk mencapainya. Tidak perlu menuliskannya sebanyak mungkin karena akan membuatmu menjadi tidak fokus, cukup tuliskan tiga rencana besarmu dalam satu tahun, kemudian menjabarkannya dengan detail. Hal ini penting agar kamu dapat menentukan parameter dari apa yang perlu kamu capai. 

2. Tentukan tujuan jangka pendek, menengah dan panjang

target jangka, photo by unsplash/thoughtcatalog

target jangka, photo by unsplash/thoughtcatalog via https://unsplash.com

Rencana besarmu juga bisa dibagi menjadi 3 bagian yakni jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Dengan begitu, kamu akan mengetahui dan menyesuaikan diri dalam menyusun skala prioritas sehingga akan membuatmu lebih produktif. 

Advertisement

3. Tuliskan good habit yang menunjangnya

good habit, photo by unsplash/yuri efremov

good habit, photo by unsplash/yuri efremov via https://unsplash.com

Setelah memilih tiga rencana besar, kamu dapat pula menuliskan habit yang baik untuk menunjang berjalannya impianmu. Misalnya saja, kamu melakukan rutinitas seperti olahraga, makan bergizi, rutin memberi nutrisi otak dengan membaca buku atau mendengarkan podcast sehingga dapat menunjangmu dalam mewujudkan mimpi dalam segi menambah wawasan, critical thinking maupun menganalisa peluang dan hambatan.

4. Tentukan alasan atau tujuan dari mimpimu

why, photo by pexels/gustavo fring

why, photo by pexels/gustavo fring via https://www.pexels.com

Tuliskan juga alasan yang mendasarimu membuat rencana besar. Dengan mengetahui alasannya kamu akan memiliki motivasi yang kuat ketika terjatuh atau mengalami kegagalan sehingga memiliki kekuatan untuk bangkit dan #BeraniWujudkanMimpi.  

Seperti kamu ingin membahagiakan kedua orangtua, salah satunya dengan memiliki kebebasan finansial. Yang perlu kamu lakukan adalah memiliki minimal dua sumber penghasilan, memiliki rekening untuk tabungan dan pengeluaran dan bisa juga kamu mulai belajar berinvestasi.

Advertisement

5. Tuliskan schedule setiap hari, minggu, atau bulan

pexels/jess bailey design

pexels/jess bailey design via https://www.pexels.com

Mimpi akan tercapai bagi orang yang mau berjuang sehingga memerlukan effort yang besar untuk mewujudkan mimpi. Cara ampuh yang wajib kamu lakukan yakni menyusun schedule harian, mingguan bahkan bulanan. Hal ini penting agar aktivitasmu terarah, terukur sehingga menghasilkan kerja cerdas. Selain itu schedule dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengevaluasi usahamu tiap kurun waktu tertentu.

Jadi lakukanlah lima starter kit diatas agar kamu semakin siap dan #BeraniWujudkanMimpi ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Memaknai setiap peristiwa dengan kata yang merasuk jiwa

CLOSE