Sibuk membuat orang lain bahagia hingga lupa jika kamu sendiri terluka. Yuk, mulai sekarang belajar mencintai diri sendiri!

Karena kamu juga wajib membahagiakan dirimu sendiri!

Terkadang menjadi orang baik itu tidak selalu berdampak baik. Ya, misalnya saja kita sibuk berusaha membuat orang lain bahagia,  tetapi kita lupa jika sebenarnya kita juga butuh dibahagiakan. So, buat kamu yang saat ini masih suka stress dan tidak berani egois demi dirimu sendiri.

Yuk, kita pejamkan mata dan tutup kuping sejenak. Ini sudah waktunya kita bahagia dan memperhatikan diri kita sendiri.

Advertisement

1. Kamu harus tahu bahwa kunci kebahagiaanmu terletak pada dirimu sendiri

Kunci kebahagian

Kunci kebahagian via http://pexels.com

Bahagia itu memang punya banyak definisi. Ada orang yang bahagia ketika bisa melihat orang di sekitarnya bahagia, ada juga yang bahagia ketika ia bisa mencapai tujuan hidupnya sendiri. Namun, yang paling penting dari kebahagiaan itu sendiri adalah hati.

Sudahkah kita bahagia sekarang? Benarkah yang kita jalani sekarang sudah membuat hati ini berbunga? Atau justru sebaliknya? Kita malah tertekan dengan rutinitas yang sedang kita jalani kini.

Advertisement

So, cobalah selami kedalaman hatimu sekali lagi. Karena bahagia itu hanya bisa dinilai oleh dirimu sendiri dan hanya kamu yang bisa mewujudkannya.

2. Carilah hoby, pekerjaan atau lingkungan yang bisa membuat kamu nyaman dan merasa bahwa inilah kebahagiaan

Cari yang membuatmu bahagia

Cari yang membuatmu bahagia via http://pexels.com

Jika saat ini kamu merasa segala aktivitasmu tidak membawa kebahagiaan, berhentilah. Tidak apa-apa kamu melakukan sedikit perubahan dalam hidup. Cari dan resapi apa sebenarnya yang salah dengan hidupmu yang sekarang. 

Lalu, ubahlah kesalahan tersebut menjadi sesuatu yang lebih baik. Tanyakan hatimu yang terdalam apa yang diinginkan dan lakukanlah. Kamu bisa memulainya sekarang walau sedikit terlambat, daripada kamu hidup dalam penuh penyesalan karena tidak berani mencobanya.

Advertisement

3. Berhenti memikirkan penilaian orang lain jika memang kamu merasa apa yang kamu lakukan sekarang benar dan membuatmu nyaman

Penilaian orang tidak penting

Penilaian orang tidak penting via http://pexels.com

Seringkali kita tidak berani mencoba sesuatu yang kita sukai karena takut penilaian orang. Sehingga pada akhirnya kita hanya bisa berjalan pada garis yang ditentukan orang lain. 

Makanya mulai sekarang belajarlah tidak peduli pada pendapat dan komentar orang lain tentang hidupmu. Selama yang kamu kerjakan, jalani dan hadapi bukanlah sesuatu yang salah berarti itu tidak masalah. Kamu berhak menjalani hidup sesuai pilihanmu sendiri.

4. Tidak masalah sesekali kamu menjadi egois dan mementingkan dirimu sendiri daripada orang lain

Sedikit egois

Sedikit egois via http://pexels.com

Mungkin kata egois terdengar negatif jika dilihat sekilas. Namun, adakalanya ia menjadi positif jika menyangkut dengan kenyamanan hidup. Karena tidak selamanya kita harus mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri sendiri.

Ada waktunya kamu harus berani bersikap tegas dan mementingkan diri sendiri. Hal ini karena kamu juga punya hak atas dirimu sendiri. Jadi, tidak masalah jika di beberapa kesempatan kamu memilih mengerjakan sesuatu yang kamu sukai terlebih dahulu.

5. Belajarlah mencintai diri sendiri agar kamu tahu bahwa kamu berharga juga berhak dibahagiakan

Cintai diri sendiri

Cintai diri sendiri via http://pexels.com

Setiap manusia yang terlahir ke dunia ini itu istimewa. Bagaimanapun kehidupan yang kamu jalani, sesulit apapun masalah yang harus kamu hadapi, percayalah jika kamu tetap istimewa.

Makanya belajarlah mencintai diri sendiri dan memaafkan kesalahan yang pernah kamu lakukan. Jika bukan kamu yang mencintai diri sendiri maka siapa lagi yang bisa melakukannya?

Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk bergerak mewujudkan kehidupan yang kamu dambakan. Kamu berhak melakukannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Panggil saja NH. Seorang wanita penikmat senja dan hujan. Menulis adalah seni menikmati hidup agar kenanganmu abadi dalam aksara.

CLOSE