#BeraniWujudkanMimpi-Pastikan Hal Ini Tidak Ada Pada Diri Kamu, Agar Mimpi Kamu Bisa Terwujud.

Stop Kebiasaan ini agar impian bisa terwujud

Sejak Kecil kita sering sekali ditanya ketika dewasa mau jadi apa.  Cita-cita kamu apa ? Dengan entengnya dan dengan mudah serta percaya dirinya kita menjawab,  mau jadi dokter, pilot, artis, astronot, bahkan menjadi orang kaya merupakan cita-cita yang biasa kita lontarkan saat masih kanak-kanak. Namun saat usia sudah beranjak dewasa rasanya semakin banyak hal yang menghalangi kita untuk menggapai cita-cita. Banyak rasa ragu atau bahkan berpikir tidak mungkin dapat terwujud.

Rasanya semakin dewasa, kita semakin tidak percaya dengan mimpi kita atau cita-cita kita. Rasa pesimis seringkali datang. Bahkan tidak sedikit dari kita yang mulai menyerah untuk meraih mimpi yang diucapkan sejak kecil. Hal tersebut terjadi karena berbagai macam alasan, mulai dari lebih fokus pada hidup, menganggap mimpi sulit digapai, dan banyak rintangan serta halangan yang dirasa terlalu berat, bahkan mungkin pasrah pada keadaan. Bisa jadi, selama ini kita kita sendirilah yang membuat  mimpi kita terasa jauh dan sulit digapai. Kalau bisa, sobat Hipwee hindari ya hal-hal ini biar kita bisa kembali wujudkan mimpi-mimpi kita dan #BeraniWujudkanMimpi.

Advertisement

1. Kebiasaan Menunda

Siapa nih yang sering menunda pekerjaan? Mmm sepertinya sebagian besar dari kita pernah melakukan ini. Menunda-nunda pekerjaan alias procrastination nyatanya menjadi persoalan banyak orang. Saat memiliki tugas yang segera mesti diselesaikan, sering kita justru memilih mengerjakan hal lain yang seharusnya dikesampingkan.

Sering kan kita menunda pekerjaan dengan alasan ” alah masih bisa kok dikerjakan besok “, ” masih banyak waktu, santai aja”, ” nonton drama korea dulu deh atau streaming Youtube bentar buat naikin mood“, eh..bukannya mood kita jadi bagus atau kita jadi tambah semangat buat ngerjain tugas kita, malah akhirnya kebablasan menikmati waktu luang dan malah terus-terusan kita bersantai. 

Advertisement

Tidak ada salahnya memang, kita sesekali bersantai, melakukan suatu kegiatan yang membuat kita refresh. Tapi itu tidak seharusnya selalu kita lakukan hingga lupa waktu dan justru kita malah jadi punya kebiasaan menunda. 

Pada akhirnya kita akan panik saat tugas atau pekerjaan kita itu sudah harus kita kumpulkan atau serahkan sedangkan diri kita tadi sudah menggunakan waktu untuk bersantai, akhirnya jadi deh kita ngerjain tugas pas banget mepet sama deadline. Akhirnya tugas kita jadi nggak maksimal hasilnya. 

Advertisement

Ingat ya, mengerjakan segala perkerjaan atau tugas dengan maksimal, tu juga jadi salah satu step buat kita wujudkan mimpi besar kita. Gimana kita bisa wujudin mimpi kita yang besar kalo ngerjain tugas atau kerjaan aja kita sering banget nunda-nunda dan malah membiarkan diri kita bersantai-santai.

Ingat ya, kata Jim Rohn “Bagi setiap usaha yang disiplin pasti ada hasil yang berlipat ganda “, jadi kita mesti bikin nih komitmen sama diri kita dan latihlah diri kita buat disiplin sama waktu dan pekerjaan, biar kebiasaan menunda pekerjaan tidak ada lagi dalam diri kita. 

2. Banyak Rencana Minim Action

berpikir

berpikir via http://https

Sering nggak sih, kita punya banyak banget rencana, pengen bikin ini, bikin itu, ide ini, ide itu. Tapi kita nggak pernah bener-bener buat ngelakuin atau cuma sekedar nyoba. Sebenernya ide-ide kita itu bagus,apalagi pasti ide-ide itu jalan buat wujudin mimpi-mimpi kita.. Tapi kalo itu gak segera dimulai ya sama aja, ide akan selamanya sekedar jadi ide.

Coba deh mulai dari sekarang, ide sekecil apapun atau rencana sesederhana apapun, kita nyoba dulu atau mulai aja dulu. Perkara hasil itu bukan ranah kita, yang penting kita udah ada usaha buat nyoba.

Setidaknya itu nggak cuma jadi angan-angan kita aja. Mulailah dari langkah pertama, aku yakin itu gak mudah tapi yakinlah pasti bisa. Kesuksesan itu dibentuk dari mental. Jika ingin sukses, milikilah mental pemenang. Dan salah satu mental pemenang adalah berani mencoba dan tidak takut gagal.

Jadi, mulai dari sekarang, coba ya untuk melangkah, jangan biarkan mimpi kita itu hanya sekedar menjadi angan. 

3. Rasa Cepat Puas

Ketika kita sudah mendapatkan hal yang kita inginkan, seringkali kita merasa sudah puas dan berhenti buat berusaha lagi atau mewujudkan mimpi kita yang lebih besar. Akibatnya kita akan sulit untuk mengembangkan kualitas yang ada pada diri kita. Dan kita tetap stagnan di posisi itu. Padahal, kehidupan itu selalu dinamis kita harus bisa menyesuaikan dengan keadaan dan segala perkembangan yang ada. 

Hal yang harus kita tanamkan dalam diri kita adalah kita nggak boleh cepat berpuas diri, karna persaingan semakin ketat dan hidup itu terus berkembang dan berjalan. Jika kita tidak bisa meningkatkan kualitas diri kita, maka kita akan tergantikan dengan yang lain. Perbaikilah hal – hal yang sudah baik menjadi lebih baik dan jangan cepat berpuas diri dengan mimpi-mimpi kita yang sudah tercapai.

Capailah mimpi yang lebih besar lagi dan jangan lupa juga untuk bersyukur terhadap apa yang kita miliki saat ini.  

4. Kurangnya Evaluasi Diri

refleksi diri

refleksi diri via http://https

Merasa diri sudah sempurna dan cukup sehingga tidak mau lagi untuk memperbaiki diri adalah salah satu hal yang membuat diri kita gagal untuk mewujudkan mimpi- mimpi kita. Evaluasi diri itu sangat penting untuk melihat sejauh mana diri kita melangkah, sejauh mana diri kita berusaha, dan melihat hal-hal apa saja yang perlu untuk kita perbaiki.

Terkadang kita merasa bahwa apa yang kita lakukan sudah pasti benar dan jarang sekali kita melihat diri kita apakah ada hal yang perlu untuk kita upgrade agar diri kita semakin berkualitas. Mintalah kritik dan saran dari teman atau orang terdekat dengan kita bisa menjadi orang yang lebih baik dan jadilah orang yang mau untuk berproses atau berubah menjadi lebih baik.

Jangan sekali-kali kita menjadi orang yang anti kritik. Terimalah segala kritikan yang datang pada diri kita sebagai bahan refleksi diri agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. 

5. Maunya instan dan Kurang Menghargai Proses

menghargai proses

menghargai proses via http://https

Ingat ya di dunia ini tidak ada yang instan. Mie instan aja masih butuh proses buat jadi  makanan yang siap makan. Maka, sama halnya dengan bikin mie. Dalam mewujudkan mimpi juga butuh  yang namanya proses.

Oleh karena itu, menghargai dan menyadari proses yang kita jalani itu sangat penting dan perlu. Sering banget kita terburu-buru untuk langsung menikmati hasil padahal, ketika diri kita mau untuk menghargai sebuah proses sebenarnya kita telah beranjak dari satu step ke step yang berikutnya yaitu menuju diri kita yang lebih baik.

Ketika seseorang memulai proses dengan baik maka ia akan menuai hasil yang baik, namun sebaliknya ketika seseorang memulai proses dengan buruk maka tak menutup kemungkinan hasil yang didapat juga kurang memuaskan. Dengan kita menghargai proses kita akan tahu perjuangan untuk meraih kesuksesan itu, betapa kita butuh pengorbanan untuk mencapai itu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembelajar ulung yang sedang berpetualang mencari makna kehidupan.

CLOSE