#BeraniWujudkanMimpi-Perjalanan Tuk Wujudkan Mimpi Begitu Panjang dan Penuh Tantangan. Siapkan Kapal Terbaikmu!

Upaya untuk wujudkan mimpi bukanlah sebuah perkara yang mudah dilakukan. Pertanyaannya adalah apakah kamu #BeraniWujudkanMimpi meskipun sulit? Memang benar bahwa untuk memperoleh hal terbaik dalam hidup, ada harga yang harus kita bayar. Bukan soal materi namun perjuangan dan pengorbanan adalah harganya. Di dalam semuanya itu tentu ada air mata, waktu istirahat yang berkurang, atau bahkan hati yang bimbang apakah masih sanggup untuk meneruskan perjuangan atau tidak.

Upaya untuk wujudkan mimpi ibarat berlayar dengan sebuah kapal besar menuju ke pelabuhan tujuan. Peta, kompas, bahan bakar minyak, dan lainnya adalah faktor penentu apakah kamu bisa berlayar dengan baik atau tidak. Beberapa panduan berikut akan membantumu lebih mudah untuk mempersiapkan diri dalam perjalanan panjang mewujudkan mimpi. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya!

Advertisement

1. Perjalanan ‘Tuk Wujudkan Mimpi Begitu Panjang. Jangan Tersesat, Siapkan Petamu!

Photo by Simon Migaj from Pexels

Photo by Simon Migaj from Pexels via https://www.pexels.com

Berlayar tanpa peta dan kompas petunjuk arah dan hanya mengandalkan angin akan sulit membawamu ke tempat tujuan, bisa jadi kamu malah tersesat. Demikian juga dengan perjalananmu ‘tuk wujudkan mimpi. Peta dan kompas petunjuk arah adalah strategimu untuk bisa mewujudkan mimpi. Bagaimana caranya menyusun strategi yang tepat? Langkah awal adalah mulailah dari hal-hal kecil terlebih dahulu.

Misalkan mimpimu adalah ingin menempuh pendidikan S2/S3 di kampus favoritmu. Maka kamu perlu memperbanyak informasi tentang kampus tersebut dan syarat apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi pendaftar termasuk semua biaya kuliahnya. Bila yang disyaratkan adalah sertifikat TOEFL dan sertifikat TPA Bappenas dengan jumlah skor tertentu, maka kamu perlu banyak belajar dan latihan berulang kali hingga kamu berhasil meraih skor yang ditentukan.

Advertisement

Bila semua persyaratan administrasi telah lengkap, maka kamu perlu mempersiapkan dana khusus untuk biaya pendidikanmu yah. Kamu bisa mempersiapkannya dengan mencari beasiswa atau mengajukan kredit #BRIguna kategori umum maupun khusus pendidikan. #BRIguna hadir untuk memberikan solusi terbaik bagi masalah finansialmu.

Peta dan kompas petunjuk arahnya sudah siap? Lanjut panduan berikutnya yah.

2. Perjalanan ‘Tuk Wujudkan Mimpi Begitu Menantang. Siapkan Bahan Bakar Minyakmu!

Advertisement
Photo by Maksim Goncharenok from Pexels

Photo by Maksim Goncharenok from Pexels via https://www.pexels.com

Ibarat sebuah kapal besar yang sedang berlayar menuju ke pelabuhan tujuan nih, pasti butuh bahan bakar dalam jumlah yang banyak khan? Nah, kamu pun butuh tenaga yang kuat. Otak yang digunakan untuk berpikir terus menerus akan turut menguras tenagamu. Jadi, jangan sampai overthinking yah!

Oh iya, bila bertemu ombak dan gelombang besar juga jangan putar balik yah! Seringkali banyak orang berhenti di tengah jalan karena mental mereka tidak siap untuk menghadapi berbagai macam tantangan. Mental yang rapuh ibarat sebuah batu karang besar yang harus kamu hindari agar tidak merusak kapal dan seluruh mesinmu.

3. Jangan Takut Menghadapi Ombak dan Gelombang Besar! Takutlah Dengan Sang Empunya Lautan Serta Isinya.

Photo by Mimi Moromisato from Pexels

Photo by Mimi Moromisato from Pexels via https://www.pexels.com

Bagaimana jika mentalmu tak kunjung siap? Mungkin kamu perlu mengevaluasi kembali keimananmu terhadap Tuhan. Bila selama ini hidupmu begitu jauh dari Tuhan, kamu sungguh perlu merasa takut. Memang benar berdoa tanpa berusaha adalah sia-sia, tapi lebih sia-sia usaha tanpa disertai doa. Sebab manusia hanya bisa merencanakan segala sesuatu namun keputusan ada di dalam tangan Tuhan.

Jika kamu mencari dan mendekatkan diri dengan Tuhan sang empunya lautan serta isinya, ombak dan gelombang besar tak akan bisa menghalangi perjalananmu. Ya, tantangan apapun yang datang tentu bisa kamu atasi dengan iman bahwa Tuhan akan memudahkan perjalananmu mewujudkan mimpi.

Lalu, bagaimana langkah selanjutnya?

4. Ingatlah Bahwa Kamu Tidak Bisa Berlayar Sendirian. Kamu Butuh Awak Kapal yang Andal.

Photo by RF._.studio from Pexels

Photo by RF._.studio from Pexels via https://www.pexels.com

Menurut sumber Wikipedia, awak kapal terdiri dari empat kategori utama yaitu departemen dek, departemen mesin, departemen stewart (juru masak dan pelayan), serta departemen lainnya. Nah, awak kapal tersebut ibarat support system yang selalu mendukung dan menolongmu untuk mewujudkan mimpi. Bukan hanya dari kalangan keluarga maupun kerabat, tapi support system juga bisa berasal dari pihak eksternal dimana kamu harus bisa bernegosiasi dengan baik.

Let’s say, demi mewujudkan pernikahan impian yang kamu idamkan selama ini tentu kamu memerlukan wedding organizer terbaik yang akan menyusun rencana dan mengatur seluruh acara pernikahan tersebut. Upaya mewujudkan mimpi ini bukan hanya menguras tenaga, pikiran, dan waktu namun juga menguras isi tabungan, yah?

Lantas, apakah kamu akan menyerah begitu saja? Atau kah kamu sebenarnya masih bingung soal kecukupan dananya? Kamu perlu tahu bahwa untuk setiap masalah tentu ada solusinya. Seperti #BRIguna yang dapat menjadi solusi atas masalahmu dan membantumu ‘tuk wujudkan mimpi-mimpimu.

5. Siapkan Mesinmu dan Berlayarlah Dengan Laju ke Depan!

Photo by fauxels from Pexels

Photo by fauxels from Pexels via https://www.pexels.com

Semakin baik kondisi mesinmu, semakin cepat pula kapalmu melaju ke depan. Mesinmu adalah motivasi dan semangatmu. Jangan putus semangatmu! Membangun komunikasi dengan orang-orang yang bersikap positif akan menggerakkan motivasi dan semangat di dalam dirimu. Sama seperti #BRIguna yang bisa #BRISemangatBaru bagimu untuk #BeraniWujudkanMimpi.

Jadi, sudah tahu apa yang harus kamu lakukan mulai sekarang? Sampai jumpa di pelabuhan tujuan yah!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

・A Dreamer ・Bibliophile ・Photophile ・Thalassophile

CLOSE