#BeraniWujudkanMimpi-Simak Makna di Balik Penggalan Lirik Lagu Who You Are Karya Jessie J. Ini! Bisa Bikin Kamu Berani Wujudkan Mimpi!

Kekuatan sebuah lagu bukan hanya terletak pada aransemen musiknya saja tapi juga terletak pada makna dibalik setiap lirik lagunya. Menurutku, salah satu lagu karya Jessie J. yang berjudul “Who You Are” memiliki makna yang kuat. Lagu ini menyiratkan bahwa kita perlu mengenal diri kita sendiri, menjadi versi terbaik dari kita sendiri, tanpa harus hidup dalam bayang-bayang kehidupan orang lain yang tampak sempurna di mata kita.

Makna dibalik penggalan lirik lagu ini bisa dijadikan tips #BeraniWujudkanMimpi buat kamu yang masih ragu-ragu dan takut, loh. Yuk, simak penjelasannya!

Lirik lagu: 

“Dreaming is believing, it's okay not to be okay”
“Sometimes it's hard to follow your heart”

Advertisement

1. Yakinlah Bahwa Kamu Mampu Mewujudkan Mimpimu.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Berani bermimpi artinya kamu memiliki keyakinan terhadap sebuah peluang atau kesempatan, sekecil apapun itu. Keyakinan adalah sebuah seni bertahan hidup. Kamu bukan hanya perlu mempelajari tentang bagaimana cara bertahan hidup di hutan belantara, lautan, padang gurun, atau di daerah kutub, tapi kamu juga perlu belajar bagaimana caranya bertahan dalam kesesakan hati ketika orang-orang meragukan kemampuanmu.

Keyakinan juga adalah kunci untuk mewujudkan mimpi. Ratusan quotes inspirasi dan motivasi tidak akan pernah cukup untuk mengusir keraguan di dalam hatimu. Selain keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kamu perlu yakin akan kemampuan dirimu sendiri karena pada akhirnya hanya kamu sendiri yang bisa diandalkan saat tak ada lagi yang bisa memahami perasaanmu.

Advertisement

2. It’s Okay Not To Be Okay. Kamu Hanya Perlu Terus Maju Dengan Berani.

Photo by Spencer Davis from Pexels

Photo by Spencer Davis from Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu konsekuensi bermimpi adalah kamu harus siap menghadapi mimpi buruk. It means, untuk mewujudkan mimpi terbaikmu kadang kamu harus ikhlas mengalami berbagai kejadian di luar ekspektasimu yang rasanya tentu tidak menyenangkan, mengecewakan hati, dan membuatmu sedih.

Tanamkan dalam pikiranmu bahwa lautan tidak selamanya tenang, akan ada ombak dan gelombang besar yang datang berulang kali. Apakah hal itu berarti buruk? Tentu tidak. Ombak dan gelombang yang datang berulang kali akan menjadikan para pelaut semakin ahli dalam mengarungi lautan.

Belajarlah dari para pelaut yang hebat dengan menerima tantangan hidup sebagai guru dan pelatih terbaik. Kelak kamu akan menjadi pribadi yang tangguh dan kuat, pribadi yang #BeraniWujudkanMimpi.

Advertisement

3. Bila Terlalu Sulit Untuk Mengikuti Kata Hati, Gunakanlah Mindset yang Baik.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Perjalanan yang ditempuh untuk mewujudkan mimpi tidaklah mudah. Adalah hal yang wajar saat keadaan di sekitar tidak sejalan dengan keinginan hatimu, namun jangan cepat menyerah dengan keadaan yang sulit.

Ketahuilah bahwa bukan keadaan yang mengendalikan hidupmu, tapi kamu lah yang mengendalikan apa yang ingin kamu lakukan, apa yang bisa kamu kerjakan, dan bagaimana cara mengerjakannya. Di saat hatimu bimbang dan membuatmu bingung harus mengambil keputusan seperti apa maka abaikanlah perasaan itu sejenak, gunakanlah mindset yang baik dan bersabarlah. Tidak semua hal harus ada jawabannya di saat itu juga.

Lirik lagu:

“Tears don't mean you're losing”
“Everybody's bruising, Just be true to who you are”

4. Bukan Air Mata yang Menunjukkan Kamu Kalah, Tapi Ketakutan dan Keraguanmu yang Menunjukkan Kamu Kalah Sebelum Berjuang.

Photo by Anna Shvets from Pexels

Photo by Anna Shvets from Pexels via https://www.pexels.com

Gagal berulang kali tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika kegagalan mengalahkan tekad juangmu untuk mewujudkan mimpi. Menangis bukan berarti kamu kalah. Kadang, menangis merupakan tanda bahwa kamu hanya letih menghadapi semua tantangan hidup. Jika kamu merasa letih, beristirahatlah sejenak namun jangan berhenti berjuang untuk mewujudkan mimpimu.

Seringkali banyak orang tidak #BeraniWujudkanMimpi karena merasa bahwa mimpi mereka terlalu mahal. Secara finansial, kamu mungkin merasa serba terbatas dan tidak mampu. Mungkin saja kamu pernah berpikir seperti ini:

“Gaji saja pas-pas’an, bagaimana mungkin aku bisa wujudkan mimpiku untuk membangun rumah impian bagi kedua orang tuaku?”.

Buang jauh pemikiran bahwa mimpimu terlalu mahal sebab #BRIguna bisa membantumu mewujudkan semua mimpimu.

5. Setiap Orang Punya Versi Hidup Masing-Masing. Jadilah Versi Terbaik Dari Dirimu Sendiri.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu tidak perlu menjadi sama seperti orang lain untuk bisa berhasil. Banyak orang terlalu pandai menyembunyikan sisi buruknya. Seringkali mereka hanya menampilkan hal-hal yang baik saja di depan orang lain, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Mereka berusaha keras agar terlihat bahagia meskipun batin mereka terluka.

Semua hal tentang kebahagiaan dan kesuksesan seseorang tidak tergantung dari postingan foto atau pun status di media sosial. Adalah naif bila kamu hanya menilai seseorang dari apa yang ditampilkan di media sosial. Berhentilah membandingkan hidupmu dengan orang lain dan berfokuslah untuk kebahagiaan dirimu sendiri.

Nah, semoga kelima tips ini bisa #BRISemangatBaru bagi kamu untuk #BeraniWujudkanMimpi yah! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

・A Dreamer ・Bibliophile ・Photophile ・Thalassophile

CLOSE