Setelah melewati perayaan Natal dan Tahun Baru. Teman-teman kalian yang kristiani dalam hitungan bulan sudah dihadapkan dengan persiapan Paskah. Paskah dalam ajaran kristiani adalah masa pertobatan, serupa dengan konsep dari Idul Fitri. Sebelum masuk Paskah ada masa prapaskah. Masa prapaskah adalah masa di mana setiap umat kristiani mengalami masa puasa dan pantang selama 40 hari.

Berbeda dengan perayaan Natal, penanggalan perayaan paskah tidak selalu sama setiap tahunnya. Penanggalan perayaan Paskah memakai perhitungan astronomi siklus bulan dan matahari. Umumnya perayaan paskah jatuh pada tanggal 22 Maret dan 25 April. Dengan kata lain perayaan paskah jatuh pada musim semi atau akhir musim semi.

1. Pintu Gerbang Memasuki Masa Prapaskah Adalah Rabu Abu

Pernah liat dahi temenmu ada abu yang nempel. Jika kamu pernah melihatnya artinya temanmu sedang memasuki masa prapaskah. Dalam Katolik Roma, sebelum memasuki Paskah dimulai dengan perayaan Rabu Abu. Rabu Abu bisa di bilang sebagai pintu gerbang untuk masuk masa berpuasa. Abu yang digunakan berasal dari daun palma yang sudah dikeringkan sejak paskah tahun sebelumnya. Perayaan rabu abu digunakan untuk mengingatkan bahwa manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah pula.

Namun hal yang berbeda dari Katolik Timur. Dalam katolik timur masa prapaskah dimulai sejak hari minggu sebelum Rabu Abu. Walau mulai duluan tetapi tujuan mereka sama yaitu memasuki masa pertobatan.

2. Berpuasa dan Berpantang Selama 40 Hari

Advertisement

Konsep puasa di sini sebenarnya nggak jauh berbeda dengan puasa pada umumnya. Puasa berarti makan kenyang sehari satu kali. Puasa teman kalian yang kristiani adalah hanya makan kenyang sekali selama sehari. Untuk ngemil dan minum masih diijinkan. Waktu puasa pun bisa disesuaikan tergantung kesanggupan setiap individu. Bisa milih makan kenyang pas pagi, siang atau malam hari. Orang yang diwajibkan puasa adalah orang dengan rentang usia 18 sampai 60 tahun.

Sedangkan berpantang intinya adalah menahan sesuatu yang sifatnya duniawi. Gampangannya adalah kamu menghindari sesuatu selama hari tertentu. Masa berpantang dimulai dari rabu abu dan setiap hari jumat selama masa prapaskah. Umumnya orang berpantang makan daging, ikan, telur dan garam.

Namun pada kenyataannya orang diberi kebebasan berpantang apapun yang mereka mau. Misalkan bisa berpantang nasi, pantang sosial media bahkan masa berpantang bisa kamu pakai untuk media meninggalkan kebiasaan buruk.

3. Tiap Jumat Mengikuti Jalan Salib

Advertisement

Jalan Salib adalah pengambaran kisah sengsara Yesus Kristus menjelang ajal secara naratif. Selama jalan salib akan dijelaskan runtutan peristiwa mulai dari Yesus dijebak murid-Nya sendiri hingga harus memanggul salib dan meninggal di kayu salib. Jalan Salib bertujuan untuk mengingatkan bahwa ada seseorang yang mengorbankan diri untuk menyelamatkan manusia dari dosa. Selain itu, juga dijadikan pengingat bahwa manusia nggak ada apa-apanya jika tanpa campur tangan Tuhan.

4. Latihan Koor dan Tablo Untuk Ibadah Paskah Serta Jumat Agung

Sudah menjadi rutinitas setiap menjelang perayaan paskah. Pengurus gereja memberikan penawaran bagi siapa saja untuk mengikuti pelayanan ibadah Paskah. Bermacam-macam alasan mengapa banyak yang berminat. Mulai dari murni pelayanan hingga modus mendekati seseorang.

Pelayanan yang diberikan beragam mulai dari paduan suara sampai dengan tablo. Jika suka nyanyi dan pasti masuk paduan suara. Tetapi bagi yang suka menjadi sorotan pasti milih tablo. Berdasarkan pengalaman pribadi, jika pengen jadi anak populer maka tablo yang dipilih. Tokoh favorit adalah prajurit karena nggak banyak dialog dan kerjaannya mecutin orang.

5. Mendekati Paskah, Selesai Kuliah Langsung Tancap Gas ke Gereja Sampai Malam Hari

Ketika mendekati perayaan paskah, akan ada masanya selesai kuliah langsung lari ke gereja hingga larut malam. Pada waktu tersebut pengurus dan aktivis gereja sudah disibukan dengan mendekorasi altar, latihan, gladi bersih atau mempersiapkan hal-hal teknis.

Kalau yang cewek kebanyakan ngurus dekorasi dan konsumsi sedangkan cowok dominan hal-hal teknis seperti lampu, tenda dan kursi. Pada persiapan paskah membutuhkan perhatian yang lebih banyak daripada natal. Hal ini beralasan karena perayaan paskah dilakukan selama 4 hari sedangkan perayaan natal hanya sehari.

6. Pengakuan Dosa Menjelang Perayaan Paskah Tiba

Sebelum masuk perayaan paskah. Pihak gereja membuka kesempatan untuk pengakuan dosa. Pengakuan dosa ditujukan agar saat beribadah dalam keadaan bersih tanpa dosa. Waktu yang dipilih biasanya satu-dua hari menjelang tri hari suci.

Pengakuan dosa dilakukan dengan masuk ruangan yang disediakan lalu menuturkan dosa yang dilakukan didepan pastur. Lalu pastur akan mengampuni dan menyuruh berdoa berdasarkan jumlah dosa yang ditanggung. Namun karena kesibukan dan rutinitas, pengakuan dosa bisa dilakukan dirumah umat atau tempat-tempat doa lainnya.

7. Pergi Ibadah Di Gereja Sampai 4 Kali Dalam Seminggu

4 Kali

4 Kali via http://rilis.id

Pernahkah bertanya pada teman kalian kenapa pergi ke gereja lebih dari sekali padahal hari libur cuma sehari yaitu hari jumat. Jawabannya adalah karena hari tersebut adalah tri hari suci.

Tri hari suci adalah hari di mana perjalanan Yesus Kristus membuat perjamuan terakhir hingga wafat di kayu salib. Selama 3 hari yaitu kamis putih, jumat agung dan sabtu malam paskah. Pada kamis putih adalah kejadian di mana Yesus Kristus melakukan perjamuan terakhir dan Ia mendapatkan firasat bahwa ada salah satu murid-Nya yang berkhianat dan Ia jatuh dalam hukuman salib.

Jumat Agung adalah kejadian di mana Yesus Kristus dijatuhi hukuman mati dengan cara disalib. Sebelum penyaliban, Ia disiksa terlebih dahulu dan harus memanggulkan salib-Nya sendiri hingga menuju bukit Golgota. Hingga pada hari sabtu diceritakan bahwa Yesus Kristus telah bangkit dari makam. Hal ini juga menandakan masa kebangkitan setelah 40 hari melakukan puasa dan pantang.

8. Selesai Ibadah Nggak Langsung Pulang. Nongkrong Dulu Sambil Makan-Makan

Ketika selesai ibadah kebanyakan nggak langsung pulang. Selain masih ada teman yang belum pulang, alasan lain juga karena mengharapkan konsumsi yang melimpah.

Panita paskah sudah menggularkan uang buat petugas yang ada sejak ibadah berlangsung. Karena ibadahnya berlangsung lama dan lebih dari sekali. Ketika selesai ibadah terakhir, panitia sudah menyiapkan makanan untuk dibagikan. Tak jarang saking banyaknya makanan. Petugas yang masih muda dipaksa untuk menghabiskan makanan dan dibagi sama temen-temennya.

Selain makan, waktu tersebut juga dipakai untuk bersantai dan ngobrol ringan melepas penat. Baik sekedar obrolan absurd sampai dengan obrolan yang sifanya serius. Disamping itu juga ada yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk PDKT dengan orang incarannya.

9. Hari Minggu Pagi, Bantuin Perayaan Paskah Untuk Anak-Anak.

Hari minggu memang buat instirahat tapi tidak untuk beberapa orang. Setelah ibadah paskah selama tiga hari. Hari minggu dipakai untuk perayaan paskah bagi anak-anak. Karena keterbatasan orang maka banyak aktivis gereja yang masih muda turun tangan membantu dalam perayaan paskah anak. Seperti halnya dengan menjadi pendamping, memberikan hadiah atau membantu menghias telur paskah.

Selain hal tersebut, beberapa di antaranya juga menjadi pembawa acara dan mengisi hiburan bagi anak-anak. Hal ini dilakukan agar anak-anak dapat memahami apa itu paskah dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya