Sebagai salah satu negara yang terkenal "mahal", United Kingdom tidak pernah lekat dari kata "sepi". Selalu saja ada hal menarik tentangnya, sehingga setiap tahunnya jutaan turis penasaran untuk melangkahkan kaki ke sana, bahkan tak bosan untuk kembali ke sana.

Kamu gila bola? Ada banyak stadium yang euforianya bikin kamu nggak segan untuk teriak sampai suara habis. Sejak kecil tertarik dengan dunia pangeran-putri impian di buku dongeng? Kamu bisa mampir melihat kediaman Ratu dan keluarganya. Suka terlihat pintar? Ada tempat-tempat bersejarah yang mampu bikin otak kamu semakin berisi. Atau.. kamu terkena British invation? Ada banyak British musicians yang jejaknya masih tersisa sampai hari ini. Intinya, hampir semua yang kamu angankan dan impikan bisa ditemukan di UK.

Katanya mahal, kalau gitu seandainya bisa pergi ke sana cuma stay di bandara aja dong? Kan jalan ke sana – sini harus bayar, ujung – ujungnya duit (?)

Eh, jangan pesimis gitu dong. Percaya nggak kalau kamu bisa keliling UK ke tempat-tempat gratis? Tetap bisa hemat sehingga uangnya bisa dialokasikan buat keperluan yang lain, beli oleh-oleh buat narik perhatian gebetan misalnya *ehehe. Kamu juga tetap bisa foto kekinian juga deh, dijamin. Percaya nggak percaya, langsung saja kita cek tempat-tempat ciamik di bawah ini.

1. British Museums

British Museum

British Museum via https://londonist.com

Salah satu tempat gratisan yang paling mudah dicari di UK adalah museum. Ada banyak banget museum yang gratis di UK, khususnya London. Salah satu yang paling besar dan populer dalam sejarah peradaban manusia ialah British Museum. Terdapat kurang lebih delapan juta koleksi yang berasal dari seluruh dunia. Tentunya bagus buat didatangi, apalagi kalau kamu suka sejarah. Sejarah semua benua yang mau kamu tahu? Ada! Spesialnya lagi, kamu bisa melihat mumi. Waah.. seru atau takut tuh?

Hal menarik juga bisa kamu dapat di Science Museum. Perkembangan telekomunikasi, transportasi, matematika, bioteknologi semuanya dijelaskan di sini. Kamu juga bisa melihat balon udara, simulator penerbangan, dan segala hal terkait luar angkasa. Pokoknya, kalau kamu anaknya into science banget pasti bakal betah berlama-lama di sini.

Advertisement

Selain kedua museum tadi, National History Museum yang terletak di barat daya London cocok banget buat kamu yang cinta bumi beserta keanekaragaman flora dan fauna di dalamnya. Terbagi menjadi zona oranye, biru, hijau, dan merah, museum ini mengajak kita untuk mencari tahu proses terbentuknya bumi dan evolusi manusia.

Terdapat juga koleksi fosil makhluk purba dan aneka jenis hewan lainnya. Santai sejenak? Mampir aja ke area Wildlife Garden dan dengarkan suara burung sambil menciumi aroma alam terbuka.

2. God’s Own Junkyard

Actual Gods own junkyard

Actual Gods own junkyard via http://www.godsownjunkyard.co.uk

Melewati distrik Walthamstow di London Timur, kamu akan menemukan sebuah tempat dengan kilau warna-warni neon yang super eye-catching. God’s Own Junkyard terdiri dari aneka lampu neon yang didesain sendiri. Gudang labirin penuh warna ini lahir dari tangan seorang hipster muda kreatif bernama Marcus Bracey. Bracey merupakan generasi ketiga dari keluarga pembuat hiasan neon artistik. Bagai dilingkupi kunang-kunang beraneka warna, GOJY terdiri dari ribuan properti neon yang mengisi gelapnya sebuah ruang kecil.

Advertisement

Setiap ornamennya tergambar dalam cahaya yang terang, mencolok, dan menimbulkan kesan retro yang ceria. Dari lantai sampai dinding, semua dipenuhi dengan kilau lampu neon berbagai bentuk dan ukuran. Selain sebagai galeri seni, segala properti di GOJY biasa disewakan untuk film dan photoshoots, dan tentu saja terbuka bagi anak zaman sekarang yang niat mengisi feeds medsos-nya dengan foto yang penuh estetika.

3. Wiltshire Prehistoric Landscape

Prehistoric Artificial Hill

Prehistoric Artificial Hill via http://www.english-heritage.org.uk

Agak menjauh dari London, kamu bisa menemukan pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Di sekitar kota Malborough, Wiltshire Timur kamu akan terkesima dengan peradaban masa purba yang masih tersisa. Batu-batu yang didirikan melingkar pada zaman prasejarah telah berdiri di sini selama kurang lebih 4500 tahun.

Sebagai stone circle terbesar di Eropa, Avebury masuk ke dalam salah satu warisan budaya UNESCO bersama Stonehenge. Tempat gratis lainnya adalah West Kennett Long Barrow, salah satu pemakaman zaman Neolitikum terbesar di UK yang telah berdiri sejak sekitar 5400 tahun lalu.

Lebih hebat lagi, kamu dapat melihat "bukit mini" seluas ±20.000m2 dengan tinggi sekitar 39,3 meter. Silbury hill dibangun secara manual oleh manusia prasejarah kurang lebih 2500 tahun sebelum masehi. Meski secara ukuran dan buatan mirip piramida Mesir, tetapi tidak ditemukan tanda-tanda penguburan. Hingga kini, tujuan dan fungsi dibangunnya masih tersisa sebagai misteri.

4. Art Galleries

Tate Modern Museum: Amazing Sights

Tate Modern Museum: Amazing Sights via https://tripbuddy.info

Mirip seperti museum, banyak galeri seni di UK yang membebaskan biaya masuk. Buat kamu yang familiar dengan nama Van Gogh, Da Vinci, Michelangelo, dan Renoir harus pergi ke National Gallery nih. Ada lebih dari 2000 lukisan Eropa mulai dari abad pertengahan hingga zaman moderen. Asyiknya lagi kamu juga bisa dipandu secara gratis, dan terdapat audio informatif yang tersedia dalam berbagai bahasa.

Dekat dengan National Gallery dan Trafalgar Square, boleh juga mampir ke National Portrait Gallery. Di sini kamu bisa menemukan wajah-wajah yang membentuk Inggris menjadi seperti ini. Berbagai lukisan mulai dari raja, ratu, sastrawan, seniman, musisi, hingga aktor dan aktris terpampang di sini. Masih kurang puas? coba kunjungi galeri Tate Modern yang berbentuk unik, dengan koleksi lukisan Picasso, Pollock, dan Warhol.

5. Hawkshead & Claife; dan berbagai taman lainnya

Hawkshead, Cumbria, England

Hawkshead, Cumbria, England via https://www.tripsavvy.com

Siapa yang tak kenal Peter Rabbit? Kelinci imut dan lincah yang baru-baru ini muncul di layar lebar ternyata berasal dari daerah yang sangat indah loh.

Menjelajahi Hawkshead & Claife serasa menyusuri jejak kaki Beatrix Potter, Ibu pencipta tokoh Peter dan kawan-kawan. Pemandangan yang menyejukkan mata dapat ditemui melalui danau, bukit, dan pepohonan di pedesaan. Mampir ke daerah kelahiran pencipta buku anak-anak ini tentu saja tak lengkap tanpa mengunjungi galeri Beatrix Potter. Jadi, siapkan peralatan piknik kamu.

Malas jauh-jauh ke desa? Pemandangan yang eye-pleasing juga dapat kamu temukan di kota besar UK. Sebagai sebuah negara yang tergolong besar, UK penuh dengan area hijau. Ada banyak taman kota yang penuh harta, di mana kita dapat menemukan monumen, galeri, patung, kolam, dan aneka satwa liar. Sebagai bagian dari Royal Parks, letak taman-taman ini berdekatan. Semuanya bebas biaya masuk mulai dari Kensington Gardens, Hyde Park, Green Park, dan St. James’ Park yang terletak di jantung kota London.

Nah, sekarang percaya kan kalau kamu bisa masuk ke berbagai tempat menarik di UK tanpa mengeringkan kantong? Tunggu apa lagi, selamat berburu wisata gratis di Inggris!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya