Sejak lahir, kehidupan manusia selalu berdasarkan waktu. Setiap waktu akan dibuat berharga, bermakna, atau pun berenergi. Setiap momen yang terjadi dalam hidup manusia adalah buah dari waktu. Setiap kejadian dan kenangan adalah pelajaran yang diberikan waktu terhadap hidup manusia.

Waktu menunjukkan dan membentuk kehidupan manusia pada akhirnya. Baik akhir bahagia maupun akhir sedih, waktu akan menunjukkannya. Waktu akan menunjukkan siapa dirimu di masa depan dan akan jadi apa kamu di masa depan sesuai dengan kualitas tindakanmu hari ini.

Jadi, berhentilah buang-buang waktu dan mulailah melakukan tindakan yang menentukan sejak detik pertama hidupmu hari ini. Perhitungkan semua hal mulai dari hari ini. 5 kutipan ini akan menuntunmu untuk melakukan tindakan menentukan dalam hidupmu.

1. Waktu yang hilang tidak akan ditemukan lagi

Waktu hilang via http://google.com

Waktu dalam hidup memiliki satu peraturan mutlak, yaitu bahwa setiap waktu yang bergulir tidak akan pernah kembali. Setiap kejadian yang sudah kamu lewatkan tidak akan pernah muncul kedua kali dengan cara yang sama. Setiap waktu yang sudah terlewatkan, walau hanya 1 detik, adalah masa lalu yang membantu kamu membentuk dirimu.

Advertisement

Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan dengan matang setiap waktu yang akan kamu lalui dalam hidup. Kamu perlu merencanakan dengan baik sehingga tidak ada waktu yang terlewat dengan sia-sia. Buatlah semua hari yang kamu miliki memiliki arti dan cerita kesuksesanmu sendiri.

Buatlah setiap hari yang kamu lalui akan jadi kisah yang menarik yang akan diceritakan dan diingat orang. Karena setiap waktu yang kamu lalui dengan sia-sia hanya akan menyisakan penyesalan yang mendalam. Jadi, sebelum kamu hidup dalam penyesalan, perjuangkan waktumu dengan bijak dan baik!

2. Waktu berdiam cukup lama bagi orang-orang yang menggunakannya

Waktu Berguna via http://google.com

Bukan usia yang menetukan waktu, tapi sikap kamu terhadap waktu. Jika kamu bijak dalam mengisi waktu kamu dengan hal-hal yang berguna, kamu tentu memiliki waktu yang cukup panjang untuk bertahan daripada mereka yang tidak pernah berjuang. Kamu yang menentukan apakah waktu yang kamu miliki dalam hidup merupakan hal yang berguna atau tidak.

Advertisement

Jika saat ini kamu hanya berleha-leha dan membuang waktu terhadap hal yang tidak berguna, sama saja bahwa kamu sudah memperpendek waktumu. Perlahan-lahan, kamu berjalan menuju sebuah akhir hidup dalam penyesalan dan angan-angan belaka.

Jika kamu sudah memaksa dirimu untuk mengisi setiap detik hidupmu dengan perjuangan, sama saja kamu sedang mempersiapkan hidupmu dengan baik. Waktu yang dipersiapkan itulah yang membentuk hidupmu di masa depan.

3. Masa depan dimulai hari ini, bukan besok

Masa Depan via http://google.com

Waktu menentukan masa depanmu dan masa depanmu tergantung sikapmu akan waktu yang kamu miliki hari ini. Kamu mungkin bisa menunggu untuk beberapa saat sebelum bergerak, tapi waktu tidak akan menunggu. Waktu itu ibarat jadwal penerbangan. Ketika kamu terlambat, pesawat itu tidak akan pernah menunggumu karena banyak orang yang lebih layak mendapatkan buah dari waktu.

Masa depan bisa dibentuk, tapi tidak bisa ditunggu. Masa depan dan impianmu tidak akan terwujud esok hari jika kamu tidak melakukan dan membuat pondasi kuat hari ini. Berhentilah buang-buang waktumu yang berharga hari ini. Lakukan sesuatu yang mendekatkan dirimu dengan masa depan yang cerah karena menunggu hanya mendekatkan dirimu pada penyesalan yang tidak berujung.

4. Waktu pergi dari kita, tapi meninggalkan jejak

Waktu meninggalkan jejak via http://google.com

Waktu itu benda yang ringan dan mudah pergi. Ketika kamu tidak menggengamnya dengan erat, seketika tanpa kamu sadari, waktu telah pergi meninggalkanmu. Waktu meninggalkanmu karena kamu tidak menggunakan waktu dengan cara yang terbaik yang kamu bisa. Waktu meninggalkanmu karena kamu tidak memberikan kisah terbaik apapun padanya.

Satu hal yang harus kamu pahami bahwa meski pun telah pergi, waktu meninggalkan jejak dalam hidupmu. Kamulah yang menentukan jejak seperti apa yang akan hadir dalam hidupmu, jejak baik ataupun jejak menyedihkan.

Usahamu hari ini untuk menggoreskan kisah terbaik bagi waktu yang kamu miliki akan menghasilkan jejak baik. Sebaliknya, sikap acuh tak acuhmu akan memberikan jejak terburuk dalam hidupmu.

5. Jika kamu mencintai Hidup, jangan buang waktu, karena waktu yang membentuk hidup

Cinta waktu via http://google.com

Nah, ini paling penting! Kalau kamu mencintai hidup kamu, berhentilah membuang-buang waktu karena waktu itukah yang membentuk hidup kamu. Jadi, kalau kamu ingin masa depan yang bagus dalam hidupmu, mulailah melakukan sesuatu. Lebih baik bersakit-sakit hari ini dan senang esok hari, daripada senang hari ini tapi menderita di esok hari.

Kamu harus mulai dengan tindakan dan perhitungan terbaik bagi hidupmu. Jangan biarkan apapun yang kamu miliki saat ini berujung pada penyesalan mendalam di kemudian hari. Ingat, gunakan waktumu saat ini karena ketika waktu telah bergulir dan terlewat, tak ada yang bisa kamu lakukan. Jadi, berhenti menunda-nunda dan buang-buang waktu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya