Biar Nggak Permalukan Diri, Ini Sopan Santun yang Perlu Kamu Lakukan Saat Pertama Kali Terbang

Hal kecil namun berdampak besar

Dengan ramainya promo tiket pesawat dan travell fair belakang ini menyebabkan peningkatan jumlah pelancong ke berbagai kota di Indonesia bahkan ke luar negeri sekalipun. Bahkan banyak dari mereka yang biasanya jalan-jalan dengan modal transportasi darat atau laut pun beralih menggunakan transportasi udara. Tapi, terlepas dari apakah kita tergolong baru atau sudah sering duduk di pesawat, pernah nggak kita memperhatikan tingkah laku kita saat di pesawat? Apakah kelakuan kita baik atau malah menyiksa orang lain? Untuk itu, simak etika dan sopan santun ketika di pesawat agar kamu tidak dianggap menganggu oleh orang lain:

Advertisement

1. Cek kapan harus check-in dan berada di departure gate

photo by chuttersnap

photo by chuttersnap via https://unsplash.com

Setiap maskapai penerbangan memiliki ketentuanya sendiri tentang batas akhir check-in dan panggilan terakhir untuk naik ke pesawat. Pastikan kamu tahu tentang ini semua dan datang tepat waktu ya! Malu banget lho kalau susah payah menerjang macet sampai di bandara, ternyata sudah ngga bisa naik ke pesawat atau pesawatnya delay karena menunggu kita yang masih lari-larian mencari pesawat. Tips tambahan, untuk memperlancar proses administrasinya, pastikan semua dokumen-dokumen perjalanan seperti KTP/passport/tiket sudah siap di tangan, ya!

2. Patuhi peraturan-peraturan dunia penerbangan

photo by Suhyeon Choi

photo by Suhyeon Choi via https://unsplash.com

Nurut aja deh sama semua peraturan-peraturan seperti berat maximal bagasi, kewajiban untuk mendengar dan memahami peraturan keselamatan, dilarang merokok di kabin dsb. Kalau diberitahu power bank jangan disimpan di bagasi, ya simpan di carry-on mu saja, atau kalau bisa jangan dibawa. Aktifkan ponsel dalam mode terbang/pesawat atau kamu non aktifkan saja. Take-off dan landing WAJIB mengenakan sabuk pengaman, jangan ngeyel. Kalau tiba2 kamu terbang atau terlempar dari kursi, gimana?

Advertisement

3. Posisi duduk di pesawat

photo by  Mpumelelo Macu

photo by Mpumelelo Macu via https://unsplash.com

Mulai dari kalau kamu duduk di aisle seat (dekat lorong), jangan selonjoran di gang, karena yang lewat situ bukan cuma bayanganmu. Meletakkan tangan di salah satu arm rest, biarkan arm rest lainnya untuk mereka yang duduk di tengah. Jangan galak-galak kalau teman seperjalanan yang duduk di dalam minta izin untuk lewat. Satu lagi dan nggak kalah pentingnya, duduklah di nomor kursi yang tertera di tiket/boarding pass-mu. Fungsinya adalah kalau pesawatnya kecelakaan, petugas bisa lebih mudah mengidentifikasi korban.

4. Duduk dengan tenang dan letakkan kakimu di bawah, bukan di sela-sela kursi depanmu

photo by Shamim Nakhaei

photo by Shamim Nakhaei via https://unsplash.com

Nggak enak banget kan kalau lagi duduk terus orang sebelahmu mulai menggoyang-goyangkan kaki, atau orang belakang nendang-nendang kursimu. Atau lebih ekstrem lagi, kalau tiba-tiba ada kaki yang muncul di samping mukamu. Kalau kamu saja ngga senang dengan itu semua, begitu juga orang lain.

5. Jangan menumpuk alat makan

photo by Rawpixel.com

photo by Rawpixel.com via https://www.pexels.com

Mungkin maksudmu baik, untuk meringankan beban pramugari. Tapi, kelakuan yang satu ini bikin repot. Karena nampan-nampan tersebut akan disusun di kereta dorong yang posisi setiap nampannya sudah di patok. Jadi, daripada di tumpuk, mending disusun sebagaimana saat kamu nerima ya.

Advertisement

6. Pramugari bertugas untuk membantumu bukan melayani, hormatilah mereka

photo by Richard Gatley

photo by Richard Gatley via https://unsplash.com

Yes, tugas mereka adalah membantumu selama di udara agar kamu bisa menikmati penerbangan, dan siap siaga di saat-saat darurat. Maka, kalau kita butuh bantuan, jangan malu-malu dan tetap dengan sopan bertanya saja. Kalau kamu mintanya baik-baik, mereka pasti dengan senang hati membantu, kok.

7. Jangan terburu-buru jika ingin mengambil barang di saat landing, tunggulah beberapa menit

photo by Eva Darron

photo by Eva Darron via https://unsplash.com

Sekilas terasa sudah mendarat, tapi masih bergerak. Nggak maukan kamu tiba-tiba berdiri, buka ruangan penyimpanan di atas kepala, tiba-tiba kepleset jatuh terus tertimpa barang-barang dari atas? Selain sakit, kamu juga harus menanggung malu. Jangan terburu-buru mengambil barang. Tunggu pesawat berhenti sempurna, dan lampu tanda kenakan sabuk pengaman dimatikan baru lepas sabuk dan berdiri. Toh, setelah berhenti pesawat masih butuh waktu sebelum membuka pintunya. Jadi, sabar menunggu beberapa menit, ya! 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Spilling irregular ideas through words

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE