Bermain handphone memang mengasyikkan. Kita bisa menghabiskan berjam-jam waktu di depan layarhandphone. Berbagai macam keperluan juga bisa kita atasi dengan bantuan handphone dari mulai sekedar menyapa teman lewat whatsapp, bermain game online,  hingga mengerjakan tugas kantor dengan berbagai aplikasi yang tidak sederhana.

Bermain handphone memang asyik, namun bermain handphone juga berbahaya jika berlebihan. Berikut adalah 6 Bahaya Bermain Handphone sambil beraktifitas.

1. Terpeleset, Tersandung dan Terjatuh

Terpeleset, Tersandung, Terjatuh

Terpeleset, Tersandung, Terjatuh via https://katigaku.top

Menggunakan handphone sambil berjalan membuat kita lebih rentan terhadap risiko terpeleset, tersandung dan terjatuh. Dengan bermain handphone, kita tidak bisa melihat kondisi jalan di depan kita yang bisa saja licin, tidak rata ataupun ada sambungan.

Advertisement

Menurut penelitian, bermain handphone ketika berjalan menyebabkan kita berjalan semakin melebar dari arah yang kita tuju dan juga berjalan lebih pelan.  Selain itu, bermain handphone sambil berjalan juga bisa mengganggu kestabilan kita karena kordinasi yang kurang antara mata, otak dan kaki.

2. Kecelakaan Kendaraan

Bermain HP ketika Mengemudi

Bermain HP ketika Mengemudi via https://www.google.com

Berkendara sambil menggunakan handphone meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya. Menurut National Safety Council Amerika Serikat, handphone terlibat dalam sekitar 27% dari seluruh kecelakaan mobil. Sebanyak 21% diantaranya merupakan kecelakaan karena berbicara di handphone, sedangkan 6% sisanya disebabkan oleh mengetik di handphone. Kecelakaan-kecelakaan ini terjadi bahkan ketika kita menggunakan alat hands-free handphone.

Divisi Humas Polri juga mendukung pendapat tersebut dengan menyatakan bahwa menelepon atau sms pada saat mengemudi merupakan penyebab terbesar terjadinya kecelakaan di jalan raya. Divisi Humas Polri mengaminkan bahwa menggunakan handphone ketika berkendara mengakibatkan 1 dari 4 kecelakaan di jalan raya yang terjadi.

Advertisement

Angka kecelakaan yang tinggi disebabkan oleh pikiran otak kita yang terdistraksi antara jalanan dengan tindakan yang kita lakukan di handphone. Kita juga tidak bisa membaca situasi di sekitar kita ketika berkendara dengan jelas sehingga mengakibatkan terlambatnya respon terhadap perubahan situasi yang ada.

3. Kebakaran ketika charge handphone

Ilustrasi Charge Hp

Ilustrasi Charge Hp via https://pixabay.com

Ketika kita menggunakan baterai handphone atau me-chargenya, maka handphone kita akan bertambah panas dan jika kita melakukan keduanya bersamaan, menggunakan handphone sambil me-chargenya, maka panas yang muncul akan bertambah banyak. Hal ini tentu tambah berbahaya lagi jika kita menggunakan HP, mengisi dayanya, di dekat bahan yang mudah terbakar seperti Kasur tempat tidur. 

Risiko tersebut akan bertambah besar lagi jika terdapat kerusakan pada hp, charger ataupun kabelnya. Oleh karenanya, sebaiknya kita mengisi daya hp di permukaan yang rata, jauh dari bahan yang mudah terbakar, serta tidak menggunakan hp ketika sedan diisi dayanya.

4. Gangguan di Pesawat

Ilustrasi Bermain HP di Pesawat

Ilustrasi Bermain HP di Pesawat via https://pixabay.com

Bermain handphone di pesawat bisa menimbulkan gangguan bagi pesawat dan kru pesawat. Pada tahun 1990, Boeing mengidentifikasi beberapa kasus di mana kru pesawat melaporkan adanya terputusnya autopilot. Pada tahun 2009, Federal Aviation Administration melaporkan adanya kasus di mana adanya gangguan terhadap pilot ketika sebuah hp berbunyi saat lepas landas.

Untuk menghindari risiko tersebut, oleh karenanya kita diminta untuk mematikan hp kita atau mengaturnya dalam kondisi mode pesawat. Jikalau memang sangat mendesak sekali untuk menggunakan hp, beberapa maskapai pesawat telah menawarkan jasa telpon dan internet dari dalam pesawat yang tentunya lebih aman.

5. Sinar Biru dari HP

Ilustrasi Sinar Biru dari HP

Ilustrasi Sinar Biru dari HP via https://pixabay.com

Handphone kita merupakan alat elektronik yang memancarkan sinar biru (blue light). Sinar biru merupakan sinar yang mengakibatkan peningkatan pada waktu respons kita, perhatian, dan mood. Sinar tersebut berguna di waktu siang namun mengganggu di waktu malam karena tubuh ingin beristirahat bukan ingin beraktifitas. Akibatnya, kita merasakan lelah dan mengantuk jika terlalu banyak bermain hp sebelum tidur.

Selain mengganggu tidur, sinar biru ternyata juga dapat meningkatkan risiko kebutaan. Sebuah riset dari Universitas Toledo menyimpulkan bahwa sinar biru berpotensi untuk membuat degenerasi dari macular. Hal tersebut merupakan penyebab utama dari hilangnya penglihatan di Amerika Serikat.

Kita dapat mengatur hp kita dalam mode malam (night mode) untuk mengurangi efek buruk dari sinar biru. Kita juga dapat menggunakan alat atau aplikasi untuk mengurangi sinari biru yang terpancar dari hp.

6. Gangguan Otot

Ilustrasi sakit di leher

Ilustrasi sakit di leher via https://pixabay.com

Penggunaan handphone yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan otot. Ketika kita menggunakan handphone, maka posisi leher kita cenderung merunduk dengan lengan terangkat dalam waktu tertentu. Sebuah studi yang diterbitkan oleh National Institutes of Health Amerika Serikat menunjukkan bahwa terdapat risiko ergonomik yang tinggi dalam penggunaan HP di bagian leher, tulang belakang dan kaki.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya