Tak bisa dipungkiri sekarang ini eranya Teknologi, bukan hanya Smartphone, mayoritas orang sekarang tentu butuh sebuah Laptop atau paling tidak Personal Computer (PC). Namun tentu Laptop menjadi pilihan terbaik timbang PC karena lebih praktis dan bisa dibawa ke mana saja untuk bekerja, kuliah dan lain sebagainya. Bahkan sekarang mayoritas anak sekolah dari SMP, SMK atau mungkin anak SD saja sudah banyak yang memiliki Laptop sendiri. Terlebih sekarang serba online, banyak sekolah sekolah yang sudah mulai menerapkan adanya sistem pembelajaran secara online seperti Test dan lainnya.

Nah bagi kamu yang berniat membeli laptop baru, simak beberapa tips dalam memilih laptop yang terbaik dengan budget pas pasan dari Hipwee seperti dibawah ini.

Ingat! Harga sebuah laptop sekarang itu cukup mahal. So, jangan sampai kamu salah pilih ya, karena memilih laptop memang benar-benar harus dipertimbangkan dengan matang, bukan hanya masalah harga, tapi juga kualitas laptop itu sendiri.

1. Biar Laptop tak Lemot, Kamu Wajib Perhatikan Kualitas Processor

amd vs intel?

amd vs intel? via http://ponseler.com

Kebanyakan orang saat memilih laptop baru, banyak yang tidak memperhatikan processor Laptop, padahal ini merupakan suatu yang sangat penting karena processorlah yang menentukan kinerja sebuah laptop. Kualitas Processor yang baik tentu akan membuat kinerja laptop menjadi optimal sehingga tidak ada yang namanya lag atau lemot saat dijalankan.

Advertisement

Untuk merk processor terbaik sendiri kini ada 2 yakni Intel dan AMD, Hampir semua merk Laptop sekarang pasti memakai kedua processor tersebut. Nah sekarang pertanyaannya, Bagus mana antara Intel dan AMD? Untuk bagus mananya sendiri tentu masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Contoh saja Kelebihan Intel, processor ini memiliki kelebihan dimana sangat powerfull untuk kebutuhan multimedia, Bagi kamu yang nantinya akan memakai laptop untuk kebutuhan multimedia, Intel merupakan pilihan terbaik. Untuk AMD, Banyak orang mengatakan kalau processor ini sangat bagus untuk kebutuhan gaming, cocok bagi kamu para gamers yang sering menginstall banyak game di Laptop.

Namun ingat, selain itu, masih banyak perbedaan antara kedua processor tersebut.

2. Selain Processor, Kualitas Grafis juga Perlu di Perhitungkan.

bagus mana NVIDIA atau Radeon?

bagus mana NVIDIA atau Radeon? via http://hipwee.com

Advertisement

Kartu Grafis atau GPU juga perlu diperhitungkan saat akan membeli Laptop baru, Grafis akan menentukan tampilan foto dan video ataupun grafis game di Laptop kamu. Sama seperti processor, ada 2 jenis merek yang saling bersaing. Merk GPU yang sangat populer saat ini yakni Radeon dan NVIDIA Ge Force.

Untuk kualitasnya sendiri, NVIDIA tentu yang terdepan, laptop dengan GPU Nvidia akan lebih bagus dalam pengolahan foto, video dan game. Namun bukan berarti Radeon itu jelek, tentu masing-masing punya kelebihan tersendiri, namun secara keseluruhan, NVIDIA tentu jadi yang terbaik.

3. Pastikan Kapasitas RAM Minimal 4 GB

laptop dengan kinerja powerfull

laptop dengan kinerja powerfull via http://detik.com

Kalau dulu, Laptop dengan RAM 2 GB saja sudah cukup bangetuntuk menjalankan berbagai macam aplikasi. Tapi sekarang? Jangankan 2 GB, RAM 4 GB saja bisa di bilang pas-pasan. Hal ini tidak aneh karena saat ini perkembangan teknologi memang kian pesat, semua aplikasi sudah canggih dengan kualitas grafis yang baik, contoh saja di smartphone, sekarang paling tidak smartphone yang bagus itu minimal RAM nya 2 GB, jadi untuk laptop alangkah baiknya mempunyai RAM 4 GB. Hal ini penting sekali apabila kamu sering menginstall banyak aplikasi di laptop.

4. Meski Tak Terlalu Penting, Ukuran Layar Juga Harus Diertimbangkan

ukuran layar laptop

ukuran layar laptop via http://google.com

Terlepas dari kinerjanya, ukuran layar sebuah laptop juga harus dipertimbangkan, mayoritas Laptop saat ini memiliki ukuran layar sebesar 14 inchi. Namun kalau kamu yang ingin lebih, bisa pilih yang lebih besar. Atau bagi kamu yang lebih suka dengan laptop ukuran mini, laptop dengan layar 12 inchi bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu.

5. Terakhir, Perhatikan Masa Garansi Resmi Laptop!

masa garansi resmi

masa garansi resmi via https://www.hipwee.com

Tips terakhir dalam memilih laptop yang terbaik untukmu adalah memperhatikan lama masa garansi resmi laptop yang akan kamu beli. Ingat! Semua brand laptop yang bagus pasti punya masa garansi tersendiri, kalau kamu tipikal orang yang cari aman, pilihlah laptop dengan masa garansi resmi paling tidak 2 Tahun.

Namun ini jarang ada juga, rata-rata masa garansi itu sekitar 1 tahunan. Hal ini penting untuk berjaga-jaga apabila suatu saat laptop mengalami sedikit kerusakan, kamu bisa pakai masa garansi tersebut.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya