Semasa kuliah saya bergelut di organisasi mahasiswa ekstra kampus. Nafas idealisme yang mengebu-ebu sebagai anak gerakan membuat hari-hari kami bergelut dengan ragam advokasi polemik sosial kemasyarakatan. Bacaan yang didalami dan diskusi yang diikuti semuanya bernuansa politik. Arah dan pergerakan kami kala itu demi memperjuangkan kemaslahatan umum.

Lazimnya aktivis luar kampus disibukkan dengan pelbagai  advokasi masalah sosial yang sedang terjadi. Agenda perjuangan yang diusung dijalankan dengan kedepankan idealisme sebagai harta termahal yang dimiliki kaum mudah. Dengan berbagai tuntutan organ gerakan, aktivis luar kampus layak diacungi jempol militansinya dalam berjuang dan terlibat dengan kamu tertindas. 

Namun kali ini, saya tidak bermaksud menyoroti pergerakkan organisasi ekstra kampus. Saya hanya bernostalgia dengan dunia gerakan. Dengan melihat sisi lain aktivis ekstra kampus khususnya seputar dunia percintaan. 

Mengemban predikat sebagai aktivis luar kampus bukan berarti mengabaikan romantisme masa muda. Ideologi perjuangan yang dipupuk tidak berarti menafik indahnya masa muda. Karena itu, enam hal berikut yang akan kamu temukan saat pacarmu adalah  aktivis luar kampus.

1. Tidak ketinggalan dengan isu-isu sosial kemasyarakatan yang sedang berkembang

Informasi terbaru selalu ia dapati dengan cepat

Informasi terbaru selalu ia dapati dengan cepat via https://www.pexels.com

Aktivis luar kampus menyibukkan dirinya dengan ragam isu yang sedang terjadi di tengah masyarakat. Bagi mereka isu sosial politik adalah menu spesial yang perlu digarap dalam dapur gerakan. Isu yang didapati akan dibedah dalam internal organisasi dengan pisau analisis yang tajam tentunya.

Advertisement

Kamu beruntung saat dambaan hatimu adalah seorang aktivis luar kampus. Ruang temu pun berlangsung tidak seperti pasangan kekasih pada umumnya. Topik pembahasaan saat bertemu tidak sebatas topik receh dan remeh. Dijamin saat pacarmu aktivis, engkau bakalan tidak ketinggalan dengan isu lokal dan nasional yang sedang terjadi.

Ruang kosong di kepala diisi dengan berbagai topik yang kelak akan ia ceritakan padamu. Toh, tak jadi masalah jika engkau mendengarnya sebaik mungkin, biar tidak ketinggalan dengan isu-isu lokal dan nasional yang sedang terjadi. Anggap saja ia sebagai gudang informasi, istimewa bukan?

2. Ia akan meminta pendapatmu saat lagi ada isu yang sedang aktual

Sesekali ia meminta untuk berpendapat terkait persoalan yang dihadapi

Sesekali ia meminta untuk berpendapat terkait persoalan yang dihadapi via https://www.pexels.com

Aktivis luar kampus diliputi dengan banyak kegelisahan. Kegelisahan aktivis luar kampus bersumber dari persoalan sosial kemasyarakatan yang sedang terjadi. Isu terbaru bagi mereka perlu disikapi dengan daya analisis yang tinggi. Artinya, setiap isu perlu dibedah lebih jauh, dan setiap kebijakan yang dikeluarkan perlu ditimbang terlebih dahulu dampak baik dan buruknya.

Advertisement

Pacarmu yang aktivis sesekali akan meminta pendapatmu saat kalian lagi bertemu melepas rindu. Jangan abaikan saat ia meminta pendapatmu terkait isu yang sedang terjadi. Sebaiknya kamu tetap up date informasi terbaru, biar dapat menyiapkan argumentasi terbaik untuk diajukan pada kekasihmu.

3. Jarang peduli tetapi sekali bertemu ia terlihat romantis

Ia memang jarang membagi kabar denganmu, tapi sesungguhnya ia sayang denganmu

Ia memang jarang membagi kabar denganmu, tapi sesungguhnya ia sayang denganmu via https://www.pexels.com

Dengan dalih kesibukkan ekstra kampus yang kerap kali menyita banyak waktu dan energi, ia pun jarang membagi kabar setiap harinya. Kamu mungkin akan menilainya dengan tipe kekasih yang cuek dan tidak peduli. Apabila engkau tidak kerasan jangan sampai  mengambil keputusan yang cepat untuk segera meninggalkannya. Tapi, bertahanlah!

Di balik sikapnya yang jarang peduli, sesungguhnya ia juga menyimpan rasa rindu yang tak terbendung. Sayangnya rasa rindu yang ia miliki berbentur dengan agenda perjuangan yang mungkin ia lagi turun ke  jalan atau lagi berada di tengah masyarakat demi menyuarakan suara-suara yang tak tersuarakan. Alhasil saat ada kesempatan untuk bertemu, ia akan memperlakukanmu dengan istimewa nan romantis.

4. Peka dengan isu sosial

Ia peka dengan berbagai kegiatan sosial

Ia peka dengan berbagai kegiatan sosial via https://www.pexels.com

Memiliki pacar yang berlatar belakang aktivis begitu peka dengan isu sosial yang sedang terjadi. Begitu ada peristiwa yang baru terjadi, biasanya ia akan membicarakan dengan teman-teman gerakan untuk menyikapi dan mengambil langkah sigap.

Tentu kamu menjadi orang yang begitu beruntung telah memilikinya. Barangkali dari sikap yang ia tonjolkan dapat kamu simpulkan bahwa ia salah satu orang yang pantas diperjuangkan, sebab ia terbukti memiliki kepekaan sosial yang mumpuni. Jika ia peka dengan isu sosial, apalagi denganmu yang mungkin suatu waktu membutuhkan bantuannya. Sungguh ia orang yang bertanggung jawab nantinya.

5. Kritis dan memiliki persepsi berbeda terhadap suatu isu

Ia memiliki persepsi yang berbeda saat melihat sesuatu isu

Ia memiliki persepsi yang berbeda saat melihat sesuatu isu via https://www.pexels.com

Dengan segudang pengalaman berbaur dalam lingkup akademis membuat ia terbentur dengan kultur kritis yang cukup kuat. Pengalaman advokasi berbagai persoalan dengan kaca mata yang kritis menuntun ia memiliki cara pandang yang tajam terhadap suatu isu.

Ketika engkau berkomunikasi dengannya diharapkan agar lebih hati-hati. Pasalnya, ia akan memperhatikan setiap tutur kata yang kamu sampaikan. Saat ada yang salah maka ia akan mengkritikmu secara gamblang, tanpa ada sesuatu yang disembunyikannya.

6. Mendorongmu untuk terlibat kegiatan positif

Ia akan menuntunmu untuk terlibat dalam kegiatan positif

Ia akan menuntunmu untuk terlibat dalam kegiatan positif via https://www.pexels.com

Pacarmu yang aktivis memiliki jaringan yang cukup luas. Ia kerap kali mendapatkan informasi terkini tentang kegiatan positif yang dapat dijadikan sebagai wahana pengembangan diri. Bisa saja ia juga turut mengajak dan mendorongmu untuk terlibat di dalamnya sebagai simpatisan. Misalnya, saat ia mengajakmu untuk mengikuti kegiatan: seminar, donor darah, diskusi, dan kegiatan reboisasi.

Engkau baiknya untuk terlibat di dalamnya. Biarkan saja kesempatan itu berjalan sebagai ajang untuk memupuk hubungan kalian agar kian kokoh. Kelak engkau akan bersyukur memiliki ia yang telah berdiri kokoh di sampingmuuntuk terlibat dalam kegiatan positif. Hubungan kalian pun dijamin makin awet.

Memiliki pacar aktivis luar kampus memang punya tantangan tersendiri. Padatnya kegiatan yang ia ikuti membuat ia jarang habiskan hari bersamamu. Akan tetapi, percayalah bahwa di balik sebuah perjuangan panjang akan ada hal indah yang kamu tuai. Kamu berhak bersyukur memiliki ia yang berada bersamamu, hingga pada masanya kalian akan bahagia selamanya. Percayalah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya