Di Indonesia, sudah banyak orang yang mengaku bisa bahasa Inggris, tapi banyak dari mereka masih belum bisa berbicara seperti native speaker (orang yang bahasa pertamanya bahasa Inggris). Untuk gambaran, coba bandingkan bahasa Inggris native speaker dari orang asing yang kamu temui dengan pelafalan kebanyakan temanmu.

Pasti bahasa Inggris native speaker terdengar lebih flawless dan profesional.

Mau tahu apa saja yang membuat pengucapan dan grammar native speaker terdengar beda? Kali ini Hipwee akan memberikan lima hacks agar bahasa Inggrismu terlihat lebih lancar. Tanpa harus menghapalkan banyak vocab atau susah-susah belajar grammar.

1. Ganti kata kerja biasa dengan Phrasal Verb. Dijamin kalimatmu lebih natural

Phrasal verbs via http://ibatefl.com

Dalam penggunaan kata kerja, kita sering menggunakan kata kerja yang terdiri atas satu kata seperti write, brag, atau search. Sekarang, kita coba ganti kata kerja seperti itu dengan phrasal verb atau kata kerja yang terdiri lebih dari satu kata seperti write down, show off, atau find out. Misalnya waktu kamu menyuruh seseorang untuk mencari artikel, daripada kamu bilang “Search it on geeglee,” kamu lebih baik bilang “Find it out on geegle.” (Tahu sendiri kan itu search engine apa, hehe).

2. Pakai slang untuk mengganti kata-kata tertentu. Kata-katamu bakal terdengar lebih asyik.

Advertisement

Selain phrasal verbs dan idiom, slang juga sering dipakai dalam percakapan. Slang sendiri mirip idiom dan cenderung dipakai di situasi informal. Misalnya, ada native speaker yang mengatakan “I’m beat” saat dia lelah. Coba bandingkan dengan “I’m tired,” pasti contoh pertama terasa lebih asyik. Tapi ingat, dalam situasi formal, lebih baik hindari penggunaan slang.

3. Pakai Idiom di Kalimatmu. Idiom membuat kalimatmu lebih berwarna.

Sama seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga punya idiom. Native speaker sering sekali memakai idiom dalam percakapan sehari-hari dan media massa. Nah, sekarang coba kamu pakai lebih banyak idiom dalam kalimat-kalimatmu, misalnya kalau kamu baru mendengar kabar gembira, coba pakai idiom “Music to my ears” untuk menunjukkan kalau kamu senang daripada “I’m happy” yang sudah terlalu biasa didengar.

4. Tiru pengucapan yang kamu dengar di video, lagu, dan film. Ini cara belajar paling natural

Berawal dari suka nonton film dan main video game, beberapa orang kadang jadi suka memperhatikan percakapan-percakapan yang mereka dengar. Nah, kalau kamu termasuk salah satu dari mereka, daripada terus-terusan diingat dan dipendam, lebih baik coba kamu tiru kalimat-kalimat yang kamu dengar. Misalnya, di film Terminator, si robot dengan catchphrase terkenalnya: “I’ll be back.”

Advertisement

Kamu bisa meniru caranya berbicara waktu kamu mau pergi sebentar pas lagi nongkrong bareng temen. Contoh lain, buat kamu yang suka bola, pasti nggak asing sama suara komentator Jon Champion sama Jim Beglin. Coba kamu tiru komentar mereka waktu main video game bareng temen buat seru-seruan.

5. Jangan malu bilang, “Excuse me do you have a moment?” ke orang asing. Ngobrol dengan mereka membuatmu makin lancar bicara

Ngobrol dengan turis asing via https://iamryshel.files.wordpress.com

Kalau belajar ngomong bahasa Inggris tapi nggak ngomong sama turis asing pasti kurang mantap rasanya. Kalau kamu benar-benar ingin menerapkan apa yang sudah kamu pelajari, coba temui turis asing yang ada di tempat wisata dan ajak mereka ngomong. Sebelum itu, tanya "Excuse me, do you have a moment?" ke mereka. Ingat, nggak semua turis asing mau diajak ngobrol dan mereka tidak seterbuka orang Indonesia dengan orang asing. Begitu kamu dapat izin dari mereka, kamu boleh ngobrol dengan mereka, tapi bukan tentang hal-hal pribadi atau sensitif seperti gaji, keluarga, atau ras.

Gimana, jadi tambah semangat untuk ngomong seperti native speaker? Tunggu apa lagi, segera lakukan tips-tipsnya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya