Stop Berharap pada 5 Hal Ini Sekarang Juga, Kalau Tak Mau Hidupmu Berteman dengan Kecewa

berharap bikin kecewa

Setiap manusia pasti memiliki ekspektasi atau harapan. Lalu ketika pada realitanya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, sering timbul adalah rasa kecewa dan sakit hati. Pernah nggak sih kamu mengalaminya? Atau jangan-jangan malah sering nih~

Mungkin kita sering bertanya-tanya. Kenapa sih orang yang dipercayai selalu bikin kecewa dan sakit hati? Padahal udah berharap banget dia bisa ngertiin dan lain sebagainya?

Akhirnya kita sibuk menyalahkan orang lain dan jadi bikin kita terpuruk. Eittss..tapi tunggu dulu, jangan-jangan bukan salah mereka kita jadi merasa kecewa, tapi kita sendiri nih yang terlalu berekspektasi sama mereka. Lalu bagaimana supaya kita bisa meminimalisir rasa kecewa yang mungkin datang?

Advertisement

1. Jangan harap setiap waktu kosong mereka akan dihabiskan denganmu

Photo by Magazine Job Like

Photo by Magazine Job Like via https://magazine.job-like.com

Sadarilah bahwa setiap orang itu memiliki prioritas masing-masing. Mulai sekarang belajarlah bahagia tanpa orang lain dan cobalah untuk menikmati waktu kosong untuk bersenang-senang dengan diri sendiri tanpa mengharapkan kehadiran orang lain. Atau jika memang kamu ingin menghabiskan waktu bersama sahabat, pasangan, atau saudaramu. Tanyakan terlebih dahulu kepada mereka apakah mereka memiliki waktu untukmu atau tidak. Jangan berharap mereka yang mencarimi terlebih dahulu. 

2. Jangan berharap orang lain akan selalu sependapat denganmu

Photo by Line Today

Photo by Line Today via https://today.line.me

Setiap manusia itu diciptakan berbeda. Oleh karena itu, isi kepala, cara berpikir, dan cara seorang memandang sesuatu berbeda-beda. Masing-masing dari kita memiliki alasan untuk percaya dan meyakini sesuatu. 

Advertisement

Jadi, jangan lagi berharap seseorang untuk sependapat dengan kita walaupun kita sudah merasa sangat dekat atau percaya dengannya. Ingat hal ini ya biar kita tidak mudah tersinggung dan kecewa lagi jika ada orang yang berbeda pendapat dengan kita. 

3. Jangan harap orang lain tahu apa yang kamu rasakan tanpa kamu mengungkapkannya

Photo by Astaga.com

Photo by Astaga.com via https://www.astaga.com

Selalu ingat bahwa lawan biacaramu adalah manusia biasa, mereka tidak memiliki kemampuan untuk membaca pikiran dan isi hatimu. itulah kenapa kamu harus mulai terbiasa untuk mengungkapkan apa yang sedang kamu rasakan yang mungkin membuatmu tidak nyaman. Tidak lagi berharap orang lain akan peka jika kamu belum mengungkapkan apa yang kamu inginkan. 

4. Jangan berharap orang lain menghargaimu sama dengan kamu menghargai mereka

Photo by Kadeksismul

Photo by Kadeksismul via https://kadeksismul.blogspot.com

Setiap manusia pasti selalu ingin dihargai. Tapi yang kurang tepat dan sering keliru adalah kamu menuntut orang lain untuk menghargaimu sama seperti kamu mengahragai mereka. Padahal, di dunia ini perasaanmu atau perlakuanmu tidak selalu berlaku sama sebaliknya. Kenyataan inilah yang harus selalu kamu ingat. 

Advertisement

5. Jangan berharap semua orang akan menerima dan menyukaimu

Photo by Kanya.id

Photo by Kanya.id via https://www.kanya.id

Merasa diterima dan merasa disukai atau dicintai itu merupakan suatu hal yang menyenangkan dan melegakan serta membuatmu merasa lebih berharga. Tapi kamu juga mesti menyadari bahwa kamu tidak bisa selalu diterima dan disukai oleh semua orang. Suka atau tidak suka orang lain itu di luar kontrolmu. Yang terpenting adalah kita melakukan apapun yang terbaik dan tulus, entah untuk diri kita maupun orang lain. Jika kita selalu ingin membuat semua orang menerima dan menyukaimu maka kamu akan tertekan seumur hidupmu. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembelajar ulung yang sedang berpetualang mencari makna kehidupan.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE