Banyak sekali pelajar Indonesia yang masih susah dalam menguasai dan menghafal banyak vocabulary dalam bahasa Inggris. Padahal vocabulary adalah hal utama yang paling penting dalam memulai belajar bahasa Inggris bukan? Bagaimana kita bisa membuat sebuah kalimat tapi kita tidak tahu kata-kata apa yang akan kita tulis? Maka dari itu dengan adanya artikel ini, kalian akan mendapatkan tips-tips menghafal vocabulary dengan asik dan tidak membosankan tentunya. Jangan lupa tanamkan niat ya kawan!

Hal pertama dan yang paling penting sebelum menghafal adalah memperluas vocabulary. Memperluas gimana sih? Maksudnya, memperbanyak dan mencoba untuk menemukan kata-kata baru. Buat kalian yang masih bingung buat nyari kata-kata baru, kalian bisa melakukannya dengan tips-tips di bawah ini.

1. Membaca Buku Bahasa Inggris

Tips ini adalah salah satu yang paling dasar. Kalian bisa mencari buku berbahasa inggris atau e-book di web page. Setelah membaca, catat vocabulary baru yang kalian temukan di note, lalu translate ke bahasa Indonesia.

2. Mendengarkan Lagu Western

Listening to music

Listening to music via https://www.istockphoto.com

Advertisement

Siapa sih yang gasuka dengerin lagu? Pasti kebanyakan dari kalian suka banget dengerin lagu. Saat kalian mendengar lagu western, pasti kalian sering mendengar kata-kata yang masih asing bukan? Nah! Catat new vocabulary yang telah kalian dapat pada lagu tersebut dan jangan lupa translate.

Secara tidak langsung kalian juga belajar listening loh! Tulis saja apapun yang kalian dengar dari lagu tersebut dan jangan takut salah ya. Setelah itu baru kalian search lirik aslinya deh. Jadi, lebih banyak benernya atau salahnya tuh?

3. Nonton Film Western

Watching on laptop

Watching on laptop via https://www.makeuseof.com

Ini yang paling manjur! Buat yang hobi nonton, cocok banget nih! Selain dikaji dengan videography yang menarik dan juga jalan cerita dengan genre yang kalian suka, kalian pasti betah deh belajar bahasa inggris dengan cara ini. Caranya, cari film western dengan genre kesukaan kalian dan yang pasti tanpa subtitle bahasa Indonesia.

Advertisement

Tapi bagi kalian yang masih belum terbiasa menangkap apa yang aktor atau aktris bicarakan, jangan khawatir! Sudah banyak web yang menyediakan film western dengan subtitle bahasa inggris pula. Jangan lupa untuk mencatat dan mentranslate new vocabularies yang kalian dapat dari film tersebut.

Kalian juga bisa belajar speaking dari film. Caranya, ulangi saja dialog aktor atau aktris sesuai aksen nya. Mantap banget kan? Sebelum masuk ke dalam inti artikel ini, ada yang perlu kalian ketahui nih sebelum menghafal.

Ada dua tipe seseorang dalam mengingat sesuatu hal yang baru. Pertama, seseorang yang lebih mudah mengingat dengan melihat dan kedua, seseorang yang lebih mudah mengingat dengan mendengar. Jadi, kalian ada di tipe yang mana nih? Terus cara ngehafalinnya gimana? Perhatikan tips selanjutnya di bawah ini yaa!

4. Sticky Notes

Kalian pasti sudah mendapat banyak vocabulary dari tips di atas bukan? Tulis kembali pada sticky notes beserta artinya. Lalu tempel sticky notes di tempat yang dapat kalian jangkau setiap hari, di kamar kalian misalnya. Kalian dapat membaca kata-kata yang telah kalian tempel, dan otomatis kalian akan hafal di luar kepala minimal 10 kata atau mungkin lebih.

Selain itu, kamar kalian jadi lebih berwarna dan indah. Jika sudah hafal dengan kata-kata yang kalian tempel, segera ganti dengan vocabulary baru ya guys!

5. Record

Recording on phone

Recording on phone via https://mashable.com

Tips ini bagi kalian yang terbiasa menghafal dengan cara mendengarkan ya. Caranya gampang banget kok! Cukup rekam suara kalian di HP, misalnya "Record artinya merekam, opportunity artinya kesempatan" dan seterusnya. Tinggal kalian dengerin berulang kali deh sampai hafal, minimal 10 kata dalam satu hari ya, kalau ingin cepat jago!

Nah! gampang banget kan? Jadi gak ada alasan buat gabisa belajar bahasa Inggris. Kalau kalian punya tips-tips yang lebih menarik dan asik, jangan lupa untuk share ke temen-temen kalian di kolom komentar ya. Yuk mulai praktik! Berjuta-juta vocabulary menanti kalian loh. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya