Bikin Melongo, Intip 5 Ide Tangga Rumah Paling Kreatif dan Unik!

Inspirasi Model Tangga Rumah Anti-Mainstream

Pernah perhatiin, enggak, tangga di rumah kalian bentuk dan desainnya kayak gimana? Rata-rata, sih, cuma satu garis lurus aja, ya. Terutama buat rumah yang ukurannya enggak terlalu besar, desain tangga juga dibuat minimalis dan praktis. Biasanya lurus aja atau mungkin berbentuk huruf L kalau masih muat.

Beberapa bentuk tangga yang umum lainnya ada double L, U-shaped, curved, atau spiral. Desainnya pun kebanyakan biasa aja, disesuaikan sama desain interior rumah. Apalagi di rumah yang udah jadi dari pengembang properti, tangganya bakal pakai desain dan spesifikasi standar.

Cuma kalau kamu bangun rumah sendiri dari nol dan pakai desain yang eklektik, ngambil inspirasi dari berbagai desain interior, tangga yang dikreasikan bisa jadi daya tarik di ruang keluarga atau ruang tengah, loh! Ukurannya yang besar dan bentuknya yang berundak bisa dimanfaatkan jadi dekorasi yang unik dan menarik.

Mulai dari warna, bentuk, material, dan sisi artistik tangga, kalian bisa kreasikan sesuai keinginan. Karakter kalian sebagai pemilik rumah pun bisa terpancar dari desain tangga yang dibuat enggak biasa dan anti-mainstream.

Dengan kreativitas dan tanpa batasan apapun, kamu bisa bikin tangga rumah yang paling kreatif dan unik. Dekoruma udah ngumpulin lima inspirasi tangga rumah yang bisa bikin melongo dan mungkin cocok sama gaya kamu dan gaya interior rumah yang akan jadi tempat tangga ini.

Advertisement

1. Shocking Pink! Tangga Besi Warna Pink Muda dan Terang yang Bikin Mata Langsung Tertuju ke Arah Tangga

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Secara desain sebenarnya tangga ini bisa dibilang sederhana dan praktis.Ukurannya enggak terlalu lebar dan pakai material besi bolong-bolong seperti yang sering dipakai di kursi panjang ruang tunggu. Tentunya yang bikin ini unik adalah penggunaan warna bubblegum pink pada undakan tangga.

Di antara warna-warna yang netral pada furnitur, seperti sofa dan lampu dinding, tangga pink ini stand out dan kelihatan gemes banget! Kasih nuansa feminin di ruangan yang cenderung maskulin. Tangga juga dibuat tanpa pegangan atau railing untuk tampilan minimalis. Di bawah tangga, ditaruh tanaman hias dalam pot untuk mempercantik ruangan.

Advertisement

2. Semakin Menyempit Padahal Enggak. Permainan Ilusi Optik Agar Fasad Tangga Kelihatan Menarik Dari Ruang Keluarga

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Desain tangga ini lurus aja kayak tanngga konvensional, tapi fasad tangganya lah yang sangat menarik dan unik. Menggunakan kayu sebagai material utamanya, desain tangga menggunakan ilusi optik dengan pemasangan dan desain undakan yang dirancang secara strategis.

Jadinya, tangga kelihatan makin menyempit waktu udah sampai di atas. Padahal, ukuran panjang dan lebar undakan sama aja. Penggunaan warna dan tekstur kayu yang beragam juga bikin efek ilusinya makin kuat dan tentunya bikin ruang keluarga jadi semakin menawan dan menarik. 

3. Ultra Minimalis dan Kontemporer. Tangga Putar Serba Putih yang Mulus, Serasa Lagi di Museum Atau Galeri Seni

Advertisement
Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Tangga putar atau spiral biasanya lebih banyak digunakan di area belakang atau servis rumah. Biasanya juga cuma tangga putar besi yang menghubungkan teras atau area jemuran di atas dengan area mesin cuci. Mungkin enggak ada aspek estetik atau artistiknya sama sekali.

Namun jangan salah, tangga putar juga bisa dibikin jadi tangga utama yang unik dan cantik, lho! Contohnya kayak tangga ini, tangga spiral yang dibikin serba putih, mulai dari undakannya hingga railing. Bentuknya yang melingkar dan dinamis serta warna monokromnya kasih tampilan kontemporer seperti di museum atau galeri seni, ya.

4. Tangga Floating Berangka Besi Khas Industrial yang Multifungsi. Manfaatkan Ruang Bawah Tangga Jadi Rak Penyimpanan

Sumber: Homedit

Sumber: Homedit via https://www.homedit.com

Simpel dan multifungsi adalah dua kata yang menggambarkan desain tangga ini. Undakan dan railing tangga menggunakan besi hitam yang khas desain interior Industrial. Maskulin, tangguh, dan enggak neko-neko. Tapi, yang bikin menarik adalah penempatan railing yang dipasang sedemikian rupa supaya menghasilkan rak penyimpanan pada bagian bawah tangga.

Pemasangan batang-batang besi ini juga tidak beraturan, tapi masuk akal dan fungsional. Jadinya, pemilik rumah bisa memfungsikannya sebagai rak buku dan rak pajangan aksesoris rumah yang semakin mempercantik area tangga sekaligus ruangan yang menjadi tempat tangga berada.

5. Tangga di Rumah Jadi Lebih Asri dan Alami. Railing Tangga Dipasangi Tanaman Hias Sebagai Dekorasi Cantik

Sumber: Homedit

Sumber: Homedit via https://www.homedit.com

Walaupun contoh di atas bukan di rumah tinggal, tapi desainnya bisa jadi inspirasi buat diterapkan di hunian pribadi. Di dalam rumah, tanaman hias biasanya ditaruh di atas nakas, coffee table, rak, atau kabinet penyimpanan. Tapi, pernah kepikiran, nggak, buat ditaruh di railing tangga kayak gini?

Tangga putar di gedung perkantoran ini membuat taman di dalam ruangan dengan memasang berbagai tanaman hias pada railing tangga. Benar-benar dari atas sampai bawah dipenuhi tanaman kayak gini. Ditambah pemakaian material kayu pada struktur tangga, hasilnya memberikan tampilan yang minimalis dan asri. 

Bangun tangga custom kayak gini tentunya butuh rancangan dari ahlinya yang bisa bikin tangga-tangga unik dan anti-mainstream. Enggak cuma desain tangganya aja, tapi juga gimana mencocokkan sama keseluruhan desain interior rumah, baik itu desain interior rumah 2 kamar tidur, 3 kamar tidur, atau tipe rumah lainnya yang terdiri dari dua lantai atau lebih.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE