Tahun ini, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia menurut saya lebih khidmat dari pada sebelum-sebelumnya. Khidmatnya di mana?

1. #MerdekaTapi Cuek

Kita tahu Kemerdekaan Republik Indonesia dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan harinya adalah hari Jumat, Nah, tahun 2018 pun hari Kemerdekaan kita jatuh pada hari Jumat juga. Seolah-olah mengulang kembali peristiwa 73 tahun yang lalu. Mengambil hikmah dari 73 tahun kita merdeka, apa yang sudah kita kerjakan dan apa yang akan kita kerjakan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa kita.

2. #MerdekaTapi Tidak Peduli

Jika berkaca pada diri sendiri, di usia saya yang hampir menginjak ke setengah abad ini banyak sekali yang sudah saya kerjakan tapi saya masih terus mencari hal apa atau sesuatu apa yang pernah saya kerjakan kemudian berguna untuk masyarakat banyak, saya berpikir keras untuk menemukan jawabannya.

Advertisement

Kalau mengingat yang sudah-sudah, yang saya ingat justru keburukan-keburukan saya, ketidak benaran-ketidak benaran saya, pelanggaran-pelanggaran saya, sifat cuek dan tidak ada empati saya, sifat sosial yang tipis dan masih banyak lainnya, semuanya terbayang jelas dan seolah tiada kepedulian sama sekali dari diri saya.

3. #MerdekaTapi Nggak Mau bareng

menyendiri

menyendiri via https://www.google.com

Terhadap kebersihan lingkungan, tidak jarang saya ogah-ogahan untuk bekerja bakti, terhadap peraturan-peraturan lalu lintas tidak jarang juga saya kucing-kucingan dengan polisi, terhadap kepentingan-kepentingan yang ada hubungannya dengan diri saya sebisa mungkin di politisi, yang dicari hanya materi dan tidak bisa sedikitpun peduli.

Ada bencana alam, cuek menghinggapi, ada kotak masjid lewat, dalam hati bilang nanti-nanti. Di mana kepedulian ini? #MerdekaTapi Mengapa jiwa seolah mati? #MerdekaTapi tidak bisa merasakan kesulitan orang sama sekali dan tidak bisa sedikitpun peduli.

4. #MerdekaTapi Melanggar

melanggar lantas

melanggar lantas via https://www.google.com

Advertisement

Di hari Jumat ini, di hari kemerdekaan ini, saya ingin bangkit, saya lebih peduli dan terus peduli, saya ingin mengukuhkan dalam hati dan diri saya bahwa ke depan kitalah yang akan memegang kendali terhadap bangsa ini, kitalah yang menentukan arah bangsa ini dan kitalah yang mengisi kemerdekaan ini.

Apakah kita ingin bangsa Indonesia yang kita cintai ini akan lenyap, akan hancur dan hilang dari peradaban? Mari bersama-sama dengan setulus hati kita jawab TIDAK! Kita harus BANGKIT!!! Kita harus JAYA!!!.

5. #MerdekaTapi Nggak Mau Kerja Bakti

Kerja bakti

Kerja bakti via https://www.google.com

Mari bergerak untuk lebih peduli, peduli dengan diri kita sendiri, peduli dengan keluarga kita, peduli dengan tetangga kita, peduli dengan masyarakat kita, sehingga masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera, tenang, tentram dan bahagia akan bisa tercapai di negeri Indonesia.

#MerdekaTapi

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya