Bidang pertanian ialah salah satu pembangkit meningkatnya perekonomian Indonesia. Zona ini meliputi sebagian aspek yang sangat luas. Mulai pertanian, kehutanan, peternakan sampai dengan perikanan. Berbicara pertanian, tidak dapat luput dari yang namanya teknologi-teknologi yang selalu maju. Seumpama teknologi pada mesin penggiling padi, teknologi pada budidaya ikan sampai bentuk pengolahan.

1. Jenis Pengolahan Perikanan

Umpan ikan mas

Umpan ikan mas via https://bisapinter.com

Jenis hasil pengolahan tersebut diataranya produk pakan, umpan ikan nila, umpan ikan mas dan lain-lain. Dalam sektor pertanian, kebanyakan para petani di daerah kita masih ada menggunakan jenis yang konvensional. Tetapi terdapat juga sebagian kecil yang telah mengimplementasikan beberapa teknologi moderen.

2. Tanaman Hidroponik

Tanaman Hidroponik

Tanaman Hidroponik via https://id.wikipedia.org

Advertisement

Contohnya seperti model menanam hidroponik, ialah dengan menggunakan sektor lahan yang tidak begitu besar. Buktinya, penelitian-penelitian dalam bidang ini sudah terlalu banyak sekali. Misalnya tentang penelitian hama, penyakit sampai-sampai membuat sebuah mutu yang terbaik. Hal ini direalisasikan oleh sebagian besar kampus pertanian terkenal seperti IPB.

Kemudian juga pada sektor perikanan, tidak jauh berbeda dengan pertanian. Sangat banyak masyarakat, terlebih para para pemuda yang belum saatnya minat dalam berfikir sebuah sektor usaha dalam perikanan. Ternyata kesempatan yang besar ada pada usaha perikanan.

3. Jenis Bisnis Perikanan

Budidaya Lele

Budidaya Lele via https://id.wikipedia.org

Banyak sekali contoh dari ternak ikan air tawar utamanya yang dapat digarap. Misalnya tentang budidaya lele, gurame, ikan nila dan lain-lain. Selanjutnya bagaimana formulanya biar masyarakat yang tergiur untuk dapat terjun budidaya di dunia perikanan? Lalu dari mana ilmunya?

Advertisement

Pada zaman sekarang sudah tidak perlu ribet lagi, pergi ke perpustakaan, mencari referensi beberapa buku lalu menulisnya. Hal tersebut, telah beragam dalam internet yang menyampaikan tulisan tentang perikanan, pertanian, tips, informasi, kesehatan dan yang lainya yang bisa membantu.

Perlu diketahui, sebenarnya masih banyak sekali pengembangan sektor pertanian dan perikanan di Indonesia ini. Lalu, hal tersebut dapat dikonversikan menjadi sebuah peluang bisnis yang dapat memajukan perekonomian Indonesia. Peluang besar Indonesia bisa mengembangkan perekonomiannya. Situasi ini karena di bantu dengan keragaman yang besar dipunyai Negara Indonesia.

Salah satu tujuan menumbuhkan mutu ekonomi diantaranya adalah ekspor produk mentah.

4. Peningkatan Ekonomi

Ekonomi Yang Pesat

Ekonomi Yang Pesat via https://id.wikipedia.org

Dengan anda dapat menjual salah satu komoditi misalnya. Peranan industri lokal dapat terdorong maju dengan sendirinya. Ada lagi, faktor penentu yang lain yaitu infrastuktur misalnya jalan dan pembangunan yang optimal mesti di benahi. Agar perekonomian semakin meningkat.

Menurut rate yang dikeluarkan oleh Moody’s, Standard & Poor’s dan Fitch Rating, Indonesia punya kesempatan besar dalam peningkatan ekonomi ke depannya. Perputaran modal serta investasi luar yang besar serta terus menerus masuk ke Indonesia. Beberapa contoh terdapat ciri penigkatan ekonomi.

5. Implementasi

Implementasi

Implementasi via https://pixabay.com

Sebagai bangsa muda yang cekatan, senantiasa kita dapat berfikir kepada hal itu. Bukan hanya sebuah teori saja, tetapi memerlukan adanya tindakan yang pas serta cepat. Kembali lagi berbicara perihal ekonomi dan pertanian Indonesia. Terdapat banyak sekali usaha yang dapat dilakukan dari pertanian dan perikanan.

Beragam ide-ide sudah ada. Tapi, implementasinya masih belum dimanfaatkan. Oleh sebab itu harus diinplementasikan dengan optimal. Sudah banyak berita yang bisa di cari zaman sekarang ini melalui internet untuk mencari inovasi atau ide.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya