Di dunia ini banyak sekali spesies burung yang sudah kita kenal memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing.

Karena keunikan dan keindahan warna pada bulunya itulah, ada beberapa jenis burung di dunia ini yang dihargai dengan sangat mahal.

Bukan hanya itu saja, kicauaannya yang merdu serta sering memenangkan sebuah kontes perlombaan juga menjadi salah satu tolak ukur seekor burung bisa dihargai dengan harga yang sangat mahal.

Tak hanya harga dari burungnya yang bisa meningkat tajam ketika berhasil memenangkan kontes perlombaan, tapi hadiah yang akan diterima pemilik burung juga sangat menggiurkan.

Oleh sebab itu, tak heran jika banyak penghobi burung kicau saling berlomba-lomba untuk memelihara serta membuat burung kesayangannya semakin berkualitas dengan melakukan perawatan yang sangat memanjakan si burung.

1. Burung Kenari

Burung Kenari

Burung Kenari via https://www.google.com

Walaupun memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar, yaitu sekitar 8 sampai dengan 12 cm, tapi harga burung ini termasuk mahal.

Advertisement

Keindahan warnanya yang didominasi dengan warna kuning serta kualitas suara kicauannya yang merdu menjadi faktor utama mengapa harga burung ini menjadi mahal.

Burung kenari yang sudah dewasa dapat dihargai sekitar Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 900.000 per ekor. Harga tersebut masih bisa lebih mahal lagi apabila burung tersebut sudah sering memenangkan suatu perlombaan.

2. Burung Kacer

Burung Kacer

Burung Kacer via https://www.google.com

Pada tahun 2017 lalu, burung kacer adalah salah satu jenis burung yang paling banyak dicari oleh para kicau mania.

Advertisement

Keahliannya dalam menirukan perkataan manusia menjadi salah satu keunggulan dari burung yang memiliki warna bulu hitam dan putih ini.

Harga burung kacer yang sudah dewasa di pasaran bisa mencapai Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 1.000.000 per ekornya. Tentu saja harga tersebut akan jauh meningkat ketika ia sudah bisa memenangkan perlombaan. Bahkan bisa mencapai puluhan juta.

3. Burung Anis Merah

Burung Anis Merah

Burung Anis Merah via https://www.google.com

Anis merah adalah burung yang sangat unik ketika berkicau. Ia akan mengeluarkan gerakan seperti teler dengan goyangan ke kanan dan ke kiri.

Keindahan suara serta keunikan gerakannya saat berkicau ini juga yang banyak menghipnotis orang untuk memeliharanya di rumah.

Harga burung anis merah di pasaran sekitar Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 800.000 per ekor. Harga tersebut masih bisa lebih mahal lagi jika ia sudah bisa berperstasi dalam lomba.

4. Burung Cucak Rawa

Burung Cucak Rawa

Burung Cucak Rawa via https://www.google.com

Kalau Anda orang Jawa, mungkin tidak asing dengan nama burung ini. Sebab nama dari burung ini pernah di sebut dalam sebuah lagu dari bahasa Jawa.

Siapa sangka burung yang memiliki habitat di rawa, sungai dan tepian hutan ini memiliki harga yang lumayan mahal.

Karakter suaranya yang nyaring dan juga melengking membuat harga burung ini semakin melambung. Dipasaran, harga burung cucak rawa bisa mencapai Rp. 2.000.000 per ekor. Harga ini akan jauh lebih mahal ketika burung ini sudah berusia dewasa di atas satu tahun.

5. Burung Murai Batu

Burung Murai Batu

Burung Murai Batu via https://www.google.com

Burung murai batu adalah burung yang diberi gelar sebagai rajanya burung kicau di Indonesia. Harganya juga termasuk yang paling mahal, yaitu bisa mencapai Rp. 2.000.000.

Itu masih belum seberapa, sebab jika burung ini sudah menyandang gelar juara, harganya bisa mencapai ratusan juta.

Tidak percaya?

Buktinya, beberapa waktu lalu pernah di adakan kontes lomba burung kicau piala presiden di Istana Bogor. Saat itu Bapak Presiden Indonesia, Joko Widodo turut ikut serta mendaftarkan burung murai batu peliharaanya. Tapi sayang, burun milik bapak presiden belum mendapatkan juara.

Yang menjadi juara adalah burung murai batu yang bernama “Kitaro” milik warga Brebes bernama Muhammad Nur Alamsyah. Saat itu, Bapak Jokowi sempat ingin membeli burung “Kitaro” dengan harga yang sangat luar biasa yaitu sekitar Rp. 600.000.000 (enam ratus juta rupiah).

Luar biasa bukan?

Bagaimana? Mulai tertarik untuk memelihara salah satu burung kicau di atas? Jika iya, maka jangan lupa untuk memberikan perawatan yang maksimal agar burung tersebut bisa menjadi seperti apa yang Anda harapkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya