Teman-teman, bicara soal branding bukan hanya melulu soal produk atau perusahaan, karena branding juga bisa membuat diri kalian menjadi lebih all-out dari yang sebelumnya. Self Branding di sini maksudnya adalah bagaimana teman-teman "memasarkan" diri kamu sendiri.

Ibarat kamu adalah suatu smartphone merek Iphone yang semua orang tahu bahwa itu adalah smartphone mahal, canggih dan berkelas. Nah, sama saja dengan kamu, misal kamu adalah orang yang keren, friendly dan modis yang membuat value dirimu lebih tinggi dari teman kalian lainnya.

So, Self Branding sangat penting kamu bangun dari sekarang. Berikut ada 5 langkah mudah dalam membangun Personal Branding-mu. Ayo kita bahas satu-satu!

1. Go discover yourself! Kenali dirimu lebih dalam lagi dengan mencari tahu sampai mana kemampuanmu

who i am via http://instagram.com

Pertama, kamu harus menyadari kalau kamu itu punya keunikan. Kamu berbeda dengan individu lainnya.

Setelah kamu menyadari itu, tanyakan dirimu penilaian apa yang kamu harapkan ketika orang-orang mendengar namamu? Apakah ada objek khusus yang bisa orang ingat tentang dirimu.? Pikirkan juga tentang kekuatanmu, passion-mu, dan kelemahanmu. Kalian bisa mengenali diri kalian sendiri dengan baik melalui cara ini.

2. Sudah menemukan poin-poin dalam dirimu? Kini, saatnya ‘jual dirimu’ dengan menghasilkan karya-karya

create it via http://instagram.com

Advertisement

Kalian bisa buat branding kalian sendiri lewat media seperti blog, website, atau kartu nama. Bahkan sekarang kamu juga bisa membuat branding dengan mudah melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Media-media ini bisa kalian gunakan sebagai sarana promosi keahlian serta kegiatan-kegiatanmu secara gratis.

Kalau kalian punya segudang hal menarik untuk dibagikan, kenapa tidak? Orang dengan senang hati akan memberikan apresiasinya kepadamu!

3. Setelah bisa berbagi dengan banyak orang, jaringlah orang-orang itu dalam lingkaran pertemananmu!

the power of networking via http://instagram.com

Sering-seringlah bergaul dan berkenalan dengan orang-orang baru.

Networking is not about who you know, but it’s about who knows you.

Bangunlah persepsi positif dihadapan mereka karena semua persepsi yang mereka tangkap tentang dirimu cepat atau lambat akan menyebar. Misalnya nih, ternyata Si A anaknya supel banget; ramah, humoris, berpengetahuan luas; menyenangkan untuk diajak berdiskusi.

Dengan begitu, kesempatan karir masa depan kalian pun akan terbuka dengan lebar!

4. Jadilah anak muda yang selalu membawa insight positif buat orang lain. Gini caranya!

Apa yang kamu share ke media sosial itulah yang menggambarkan personal branding-mu. Maka dari itu lebih bijaklah lagi dalam mengirimkan sesuatu ke dunia maya, ya!

Orang bisa dengan mudah menilaimu dari posting-an-mu.

Karena kamu suka mengupload foto hasil lukisanmu, orang akan berpikir bahwa kamu orang yang tekun, artistik, tenang dan menyenangkan.

Demikian seterusnya untuk masing-masing konten yang kamu bagi lainnya.

5. Setelah berhasil mendapat good self branding, jangan lupa untuk selalu mengontrol diri sendiri

maintain via http://instagram.com

Personal branding bukanlah sesuatu yang hanya tamak dipermukaan, tapi juga harus diterapkan secara konsisten di kehidupan kamu. Pegang teguh branding kamu dengan konsisten dan jangan sampai perubahan kecil mengacaukannya. Inilah yang biasanya paling sulit. Bukankah mempertahankan memang jauh lebih sulit daripada mendapatkan?

Selamat mencoba dan "jual" dirimu ke pasar yang ada 🙂