Kerap kali buat keluarga yang belum benar-benar mengerti tentang pengaturan suhu AC, mengatur suhu sedingin mungkin ialah hal yang sering dilakukan. Wah, kalau terus-terusan begitu, bukan hanya bikin boros pengeluaran bulanan, tapi juga bisa membahayakan kesehatan. Penyakit hipotermia dan flu ialah yang paling sering timbul akibat kesalahan tadi.

Maka penting sekali nih buat keluarga muda, yang di rumahnya tengah memasang AC sebagai pengatur suhu ruangan. Yakni, untuk mengatur suhu AC dengan tepat supaya tidak terjadi gangguan kesehatan serta pengeluaran bulanan tidak membengkak. Kedua hal ini tentu sangat penting untuk menunjang masa depan keluarga, terutama buat anak-anak, bukan?

Nah, terus gimana caranya supaya suhu AC bisa bersahabat dengan kesehatan dan kantong pengeluaran? Tenang, Hipwee telah menyiapkan sederet tipsnya berikut ini. Simak yuk!

1. Pertama-tama, atur suhu AC di angka 25,5 derajat celcius

The First Step

The First Step via https://wahanasuperstore.com

Penting sekali untuk mengatur suhu AC dengan rataan yang benar. Dalam kasus rumah tropis di Indonesia, suhu AC paling direkomendasikan ialah 25,5 derajat celcius. Memang, awalnya tidak terasa dingin dan justru membuat badan makin gerah. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh suhu di luar ruangan. Lama kelamaan, jika sudah terbiasa maka tubuh akan merespon baik.

2. Sesuaikan suhu dengan kondisi tubuh kamu

acuan pasti

acuan pasti via https://web.facebook.com

Advertisement

Nah, apabila suhu AC di angka 25,5 derajat celcius kurang cocok dengan tubuh kamu, maka sekarang kamu bisa mengaturnya kembali. Yakni dengan menaikkan atau menurunkan suhu AC dengan bertahap. Apabila 25,5 derajat masih terlalu panas, maka bisa diturunkan dua sampai tiga angka. Begitu juga sebaliknya, sesuaikan dengan kondisi tubuh kamu, ya.

3. Matikan AC saat kamu berpergian dan tidak ada orang di rumah

hemat listrik!

hemat listrik! via https://www.instagram.com

Hal paling penting selanjutnya adalah dengan mematikan AC saat berpergian dan tidak ada orang di rumah. Kenapa penting? Karena pertama, kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan sehingga tidak terlalu membengka. Kedua, suhu di ruangan akan kembali normal seperti sedia kala dengan sirkulasi udara dari alam bebas.

4. Naikkan suhu AC ketika kamu ingin beristirahat di malam hari

Hampir semua orang akan merasa nyaman untuk tidur pulas apabila kondisi tubuhnya terasa hangat. Kehangatan memang menjadi kebutuhan primer saat orang ingin tidur di malam hari. Karena itulah, sangat penting untuk kamu menaikkan suhu AC 2-3 angka lebih tinggi dibanding malam hari supaya kondisi tubuh kembali hangat dan tidak kedinginan.

5. Pilihlah AC yang berkualitas bagus

Advertisement

Tips terakhir untuk mendapatkan suhu ruangan yang terbaik untuk tubuh kamu adalah dengan memilih AC yang memang benar-benar berkualitas bagus. AC yang bagus akan memberikan suhu ruangan dengan kondisi yang sangat nyaman. Sekaligus, bisa menghemat listrik dan pengeluaran pun bisa ditekan tanpa harus berusaha ekstra keras.

Nah, itu dia tadi sederet tips tentang gimana sih caranya mengatur suhu AC biar tubuh kita tetap sehat dan pengeluaran pun demikian. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu serta menambah wawasan kamu juga, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya