Proposal bisnis atau proposal usaha merupakan sebuah dokumen berisikan informasi tentang penawaran bisnis dan penjelasan mengapa klien harus memilih kamu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Pekerjaan dapat berupa layanan jasa, penyediaan barang, dan sebagainya.

Tidak semua klien meminta vendor untuk membuat proposal bisnis. Namun, guna menarik perhatian dan meyakinkan calon klien, pendekatan dengan proposal bisnis akan sangat berpengaruh bagi keberhasilan mencapai kesepakatan bisnis sekalipun mereka tidak meminta kamu untuk membuat proposal bisnis.

Eksistensi sebuah proposal bisnis akan mempermudah langkah kamu memenangkan hati calon klien, dimana mereka memiliki gambaran terkait layanan serta kompetensi kamu dalam mengerjakan hal tersebut. Bagi kamu yang sudah berpengalaman berbisnis, bukan hal yang asing bagi kamu untuk membuat proposal bisnis. Akan tetapi, masih banyak pemula maupun profesional yang kesulitan dalam membuat proposal bisnis.

Jika kamu kesulitan membuat proposal bisnis, mencari di internet tentang cara membuat proposal bisnis dan masih saja gagal memenangkan minat para klien, berikut ini adalah tools canggih yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat proposal bisnis dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya memberikan contoh proposal bisnis dan template proposal, ada beragam fitur unik dimana kamu bisa memantau perkembangan dari proposal bisnis yang dikirimkan seperti apakah sudah dibaca, edit proposal secara online, otomasi pengiriman proposal, dan lain-lain.

1. Monika

Monika.id

Monika.id via https://www.monika.id

Software engineer Indonesia berani unjuk gigi mencari solusi dari kesulitan membuat proposal bisnis sebagian besar masyarakat. Monika merupakan layanan SaaS asal Indonesia yang bermarkas di kota Semarang.

Monika ditujukan bagi para freelancer, marketer profesional, dan agency untuk mempermudah melacak dan membuat proposal penawaran bisnis. Bahkan, Monika menyematkan fitur pembuatan invoice yang dapat langsung dikirimkan pada klien. Terdapat berbagai contoh proposal bisnis yang bisa diubah secara langsung, diduplikasi dan dikirimkan pada beberapa klien secara bersamaan.

Advertisement

Kecanggihan dari tools membuat proposal bisnis asal Indonesia, Monika, adalah kemampuan mengubah proposal bisnis secara online. Teknologi ini diciptakan menyadari kecenderungan akan kesalahan penulisan sekecil apapun, berdampak pada citra dan reputasi dari perusahaan.

Fitur lain dari Monika yang sangat bermanfaat adalah pemantauan progress dari dokumen proposal bisnis, apakah sudah dibuka dan dibaca. Bahkan, Monika menghitung dan menunjukan berapa lama proposal bisnis dibaca dalam satuan waktu detik.

Monika saat ini masih dalam tahap beta, dan bisa digunakan secara gratis. Menggunakannya juga sangat mudah, melalui browser desktop atau smartphone dan tidak perlu mengunduh aplikasi.

2. PandaDoc

Advertisement

PandaDoc adalah software manajemen dan otomasi dokumen dimana para pengguna dapat membuat proposal bisnis, memantau, dan menkamutangani segala dokumen secara digital dan online. Software proposal bisnis ini mempermudah kamu membuat dan mengubah proposal secara cepat memanfaatkan perambah cerdas yang tersedia serta mengintegrasikan berbagai perambah Customer Relationship Management (CRM) yang memungkinkan proposal dikirimkan secara otomatis.

Juga terdapat fitur notifikasi bila penerima proposal telah membuka dokumen, seberapa lama mereka membaca dokumen, dan apakah mereka menyepakati penawaran yang terlampir dalam dokumen proposal bisnis.

PandaDoc menganalisa dan menyajikan data terkait proposal bisnis yang menjual dan efektivitasnya. Membuat proposal bisnis jadi lebih mudah karena PandaDoc terintegrasi dengan Quote Roller, menyediakan bermacam template proposal bisnis yang dapat diedit sesuai kebutuhan kamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya