Siapa sih yang tidak kenal belajar? Apalagi harus menghadapi tes atau ujian besok harinya. Bagi kalangan pelajar atau mahasiswa terkadang belajar itu adalah hal yang sangat membosankan, bahkan tidak jarang juga ada yang sering menunda-nunda untuk belajar yang ujungnya berakhir tidak belajar sama sekali. Rasa malas yang besar untuk belajar sangat sering menghantui para pelajar ataupun para mahasiswa, apalagi di saat-saat menjelang tes atau ujian.

Tapi kalau diteliti lagi dan dicermati, ada berbagai cara untuk mengatasi malas yang berlebih untuk belajar menjelang tes atau ujian, lho! Berikut ini caranya…

1. Saat sedang fokus, haram hukumnya bersanding dengan gadget untuk chatting dan nge-game!

Jauhi Ini!!

Jauhi Ini!! via https://id.pinterest.com

Salah satu musuh besar dalam waktu belajar adalah gadget mu, karena gadget adalah salah satu benda paling ampuh untuk mengalihkan kamu dari fokus belajar. Segala sesuatu yang terhubung dengan sosial media atau internet adalah hal paling ampuh untuk membunuh perhatianmu dalam belajar. Tidak ada cara lain selain membatasi diri kamu sementara dari gadgetmu.

Advertisement

Tempatkan gadgetmu di tempat lain atau menjauhkannya darimu dan kalau perlu jika kamu memiliki akses wifi di ruangan belajarmu, ada baiknya untuk mematikannya sementara untuk meningkatkan fokus belajarmu.

2. Carilah tempat belajar yang menurutmu nyaman, bukan cuma di cafe mahal yang ujung-ujungnya cuma selfie doang!

Pilihlah senyaman mungkin

Pilihlah senyaman mungkin via https://lesmatematikaakong.wordpress.com

Dengan mendapatkan tempat yang nyaman juga dapat meningkatkan kenyamanan kamu dalam belajar. Jika kamu tidak merasa nyaman belajar di meja belajar kamu bisa mencari tempat yang menurut kamu nyaman seperti di sofa ataupun kursi santai. Memilih pakaian yang nyaman dan tidak kaku juga mendukung semangat kamu belajar dengan merasa lebih nyaman dan santai saat belajar.

Jangan pernah memilih tempat belajar yang memiliki banyak gangguan atau pengalih perhatian seperti di depan televisi ataupun teras depan rumah dekat jalan raya yang ramai.

3. Bila perlu, dengarkan musik untuk menunjang konsestrasimu

Musikmu seleramu

Musikmu seleramu via https://id.pinterest.com

Advertisement

Bagi yang suka belajar sambil mendengarkan musik ada baiknya harus memperhatikan ini, karena tidak semua musik yang kamu dengarkan sambil belajar akan meningkatkan fokus belajarmu. Memang banyak pelajar atau mahasiswa yang lebih suka suasan tenang belajar, tapi ada juga yang suka mendengarkan musik sambil belajar yang dikatakannya dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan mood.

Bagi para pendengar musik saat belajar ada baiknya mendengarkan musik instrumen tanpa vokal suara untuk menghindari pikiranmu teralihkan oleh musik. Jika memang masih suka dengan musik vokal suara ada baiknya untuk merendahkan volume suara untuk membantu dalam belajar.

4. Kalau memang sudah capek, jangan paksakan untuk terus belajar. Ingat, kamu manusia bukan robot!

Ringankan tubuhmu sementara

Ringankan tubuhmu sementara via https://id.pinterest.com

Jika kamu sudah belajar dengan fokusnya hampir berjam-jam lamanya, kamu berhak mendapatkan istirahat beberapa menit untuk mengistirahatkan pikiran kamu. Banyak hal yang dapat kamu lakukan selama kamu istirahat, kamu bisa bergerak atau berjalan-jalan santai mengelilingi rumah untuk menjernihkan pikiranmu dan juga mencerna semua pelajaran yang kamu pelajari tadi.

5. Tidurlah cukup setiap harinya. Karena menurut penelitian, tidur teratur bisa membuat kondisi otakmu kian membaik

Pentingnya tidur

Pentingnya tidur via https://id.pinterest.com

Belajar semalam suntuk sampai begadang hingga pagi demi mencerna semua pelajaran adalah hal yang salah. Buat jadwal belajarmu sedemikian rupa agar kamu bisa mendapatkan jadwal tidur yang cukup sebelum menjelang tes atau ujian. Beberapa penilitian mengatakan, tidur yang cukup memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan daya ingat.

Terlihat mudah dan gampang untuk dilakukan, bukan? Tapi pada dasarnya ini semua kembali pada diri kita dan kedisiplinan kita juga. Terlebih lagi setiap orang juga memiliki caranya masing-masing dalam membuat dirinya fokus dalam belajar. Jika kamu berhasil membuat dirimu nyaman dan santai saat belajar, maka selamat kamu telah sukses dalam memfokuskan dirimu untuk belajar daripada hal lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya