Liburan ala backpacker emang udah nge-trend beberapa belakangan tahun ini. Banyak dari kamu pasti sangat menikmati liburan ala backpacker. Kamu yang berjiwa petualangan pasti bakal memilih liburan  ala backpacker. Selain murah, adrenalin kamu buat mengunjungi obyek-obyek wisata yang ekstrem atau eksotis emang bakal jadi agenda utama sih.

Nah, buat kamu yang belum pernah liburan dengan cara ini bisa lho mencobanya. Nggak mesti keluar banyak uang saat kamu memilih liburan dengan gaya backpacker ini.

Nggak ada itu yang namanya menginap di hotel yang lengkap fasilitas, pesawat dengan kelas bisnis atau mau makan malam di restoran mahal. Kalau bisa liburan ala backpacker kamu bawa tenda sendiri nih buat tidur dengan ditemani indahnya alam liar daerah yang dituju.

Benar nggak liburan ala backpacker bakal memicu adrenalin kamu pengin berpetualangan? Nah, buat kamu yang belum pernah liburan ala backpacker mesti perhatikan beberapa hal ini nih. Jangan sampai kamu saltum atau merepotkan diri sendiri karena salah baran bawaan atau sebagainya. Mau tahu apa aja sih yang perlu diketahui oleh kamu backpacker pemula seperti yang ditulis MoneySmart.net ini?

1. Membawa koper hanya akan menyusahkanmu dan menghilangkan esensi dari backpacker itu sendiri. Udah, bawa ransel aja!

Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash via https://unsplash.com

Nah, buat kamu yang pengin liburan seperti ini alangkah baiknya jangan bawa koper buat baju kamu. Membawa koper bakal merepotkan kamu banget sih saat liburan ala backpacker.

Advertisement

Nggak lucu lho kamu liburan di daerah pegunungan yang mau nggak mau mesti naik gunung atau bukit tapi bawa koper. Bakal kerepotan sih dijamin kalau kamu mau liburan dengan gaya anak gunung ini.

Koper emang paling pas buat kamu yang mau liburan dengan fasilitas yang lengkap. Misalkan, tidur di hotel berbintang yang lengkap fasilitas dan sebagainya.

2. Daripada nanti kesusahan, bawalah P3K dan obat-obatan andalan untuk jaga-jaga di jalan atau musim tertentu

Ini perlu banget sih buat kamu yang pengin liburan gaya seperti ini. Bawa P3K salah satu barang yang mesti dibawa ke mana-mana apalagi kamu mau liburan dengan gaya anak gunung.

Advertisement

Kalau bisa kamu bawa obat alergi, minyak gosok buat anti nyamuk dan teman-teman lainnya. Namanya juga liburan ala backpacker, kamu pasti bakal menelusuri hutan atau bukit-bukit yang banyak serangga.

3. Pilih tas ransel yang punya kapasitas cukup. Nggak perlu mahal, yang penting kuat dan awet

Nah, tas ini perlu banget buat kamu yang pengin liburan ala backpacker dengan menggunakan tas ini. Bentuknya yang kokoh dan muat segala macem emang paling pas buat liburan dengan penuh petualangan.

Mudah kok buat membeli tas ini nggak mahal. Kamu siapkan uang kisaran Rp 700 ribuan, kamu udah bisa mendapatkan tas carrier ini di e-commerce atau toko-toko yang menjual alat gunung.

4. Nggak banget deh buatmu yang ngaku backpacker sejati tapi perginya masih pakai baju-baju ribet, misalnya gaun. Kenakan kaus dan celana sudah paling nyaman, kok!

Jangan pakai gaun

Jangan pakai gaun via https://unsplash.com

Buat kamu apalagi perempuan yang pengin liburan dengan gaya ini jangan pernah pakai gaun atau dress ya. Bakal repot sih kamu kalau liburan seperti ini tapi pakai dress. Sebisa mungkin pakai pakaian yang emang membuat kamu bergerak leluasa ya. Jangan menyulitkan diri sendiri apalagi sampai merepotkan orang lain.

Kaos polos dengan celana pendek gunung atau panjang juga bisa jadi pilihan kamu saat liburan ala anak gunung ini. Buat beli celana gunung ini, kamu hanya perlu merogoh kantong dengan menyediakan uang kisaran Rp 300 ribuan lho.

5. Jangan lupakan alas kaki yang nantinya akan menemani petualanganmu. Hmmm, nggak asal pakai sandal, ya…

Sepatu gunung emang perlu banget nih buat kamu yang pengin liburan ala anak gunung. Sepatu gunung yang kokoh pasti bakal melindungi kaki kamu dari cidera lho. Apalagi kalau daerah yang kamu kunjungi terjam dan curam banget. Sebisa mungkinm hindarkan menggunakan sepatu casual apalagi heels nih buat cewek-cewek.

Gimana tertarik buat liburan gaya ini? Mulai dari sekarang kamu bisa lho merencanakan kapan dan berapa banyak biaya buat penginapan ala backpacker. Biasaya kalau kamu memilih liburan gaya ini jangan pernah menginap di hotel mewah pilih dengan gaya bangsal. Kalau bisa malah tidur di tengah hutan dengan membawa tenda sendiri.

Buat pengeluaran yang kamu mesti keluarkan liburan anak gunung ini, misalkan pengin ke India atau Thailand coba deh lihat-lihat harga tiket pesawat dan penginapan yang ada promonya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya