Pada dasarnya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, tidak semua orang dapat menerima kekurangan diri secara apa adanya. Alih-alih berfokus pada pengembangan diri, tidak sedikit orang yang malah menyalahkan dirinya sendiri atas kekurangan yang dimilikinya.

Rasa bersalah kepada diri sendiri dapat menyebabkan rentetan efek negatif pada hidup yang sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan mencintai diri sendiri apa adanya. Mencintai diri sendiri merupakan bentuk apresiasi terbesar terhadap diri kamu. Bukan berarti egois, tapi ini alasan kuat betapa penting mencintai dirimu sendiri.

1. Karena pemeran utama dalam kehidupanmu, ya dirimu sendiri

Kamu adalah pemeran utama

Kamu adalah pemeran utama via https://unsplash.com

Apakah kamu ingat ada sebuah lagu lawas yang berkata

Advertisement

Hidup ini adalah panggung sandiwara

Ya, diilustrasikan bahwa hidupmu atau dunia ini berupa panggung sandiwara dengan kamu yang menjadi pemeran utama.

Layaknya pemeran utama yang mempunyai peran terbesar dalam sebuah panggung, jadikanlah kamu sebagai pemeran utama dalam hidupmu hingga mencapai puncak tertinggi.

2. Karena bahagia yang hakiki berawal dari mencintai diri dengan menjadi diri sendiri

Jadi diri sendiri lebih bahagia

Jadi diri sendiri lebih bahagia via https://unsplash.com

Advertisement

Siapa yang paling mengetahu dirimu?
Ya, tentu saja dirimu sendiri. Tidak sedikit orang yang takut untuk menjadi dirinya sendiri karena cemas akan dipandang aneh atau freak.

Namun, selama itu tidak merugikan orang lain dan membuatmu menjadi bahagia? Tidak ada salahnya bukan untuk menjadi diri sendiri dan mengabaikan pandangan orang lain. Toh, kamu sendiri yang akan menjalani hidupmu. 

3. Karena bagi sebagian orang dirimu ini berharga dan tak tergantikan

You mean the world to someone

You mean the world to someone via https://www.freepik.com

Kamu memang tidak sama dengan orang lain, dan hal itu yang menjadikan dirimu sangat bernilai dan tidak tergantikan bagi sebagian orang. Memang mustahil untuk membuat semua orang menyukai kamu, tapi ingatlah bahwa bagi sebagian orang kamu sangat berharga.

4. Diam-diam ada banyak orang di sekitarmu yang ingin menjadi dirimu yang sekarang ini

Besyukur

Besyukur via https://i2.wp.com

Tanpa kamu sadari, di luar sana banyak orang lain yang mengharapkan memiliki hidup seperti kamu, loh!

Coba pikirkan buat apa mengeluh jika kamu masih bisa makan enak, tidur di rumah yang layak atau berjalan-jalan. Ingatlah bahwa kamu mempunyai berkat luar biasa yang patut untuk selalu disyukuri.

5. Dan ingat selalu, bahwa sosok seperti kamu hanya ada satu di dunia ini

Kamu hanya satu di dunia

Kamu hanya satu di dunia via https://www.freepik.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak yang lebih hebat, mapan atau pintar dari kamu. Namun, mereka bukan kamu yang memiliki keunikan menurut dirimu sendiri. Jadi berbanggalah karena kamu adalah satu-satunya di dunia ini dengan berbagai kekurangan dan kelebihan yang hanya kamu sendiri yang punya.

Jadi? Apa masih mau mengeluh saat kamu ga punya tas mahal? Masih mau mengeluh saat kamu ga sepintar atau secantik yang lain? Yuk, di tahun 2019 ini mulai untuk memberikan cinta kebaikan kepada yang lain dimulai dengan mencintai diri sendiri dulu.

Love yourself and spread kindness!!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya