Inggris atau Britania Raya identik dengan Menara Big Ben dan telephone box berwarna merah yang tersebar di seluruh Kota London. Tapi, apa pernah terlintas di benak dan pikiran kalian, kalau ada tempat lain yang nggak kalah menarik dari Istana Buckingham dan Museum Sherlock Holmes?

1. Shoreditch

Shoreditch, salah satu distrik di East End of London ini memang terkenal dengan street art dan hipster style-nya. Ibarat satu paket wisata, Shoreditch tak hanya menawarkan street art yang unik dan instagram-able, tapi juga 3F (food, fashion, fun) dengan beragam pilihan.

Misalnya, kalau kamu penasaran dengan tempat-tempat artsy di Britania Raya, kamu bisa berkunjung ke The Whitechapel Gallery, yang kerap mengadakan pameran kontemporer kelas dunia. Street art juga bisa dijumpai di sepanjang jalan di Shoreditch, mulai dari freehand, stencil, sampai kritik sosial yang menggelitik.

Advertisement

Untuk fashion, sempatkan berkunjung ke BOXPARK, mall pertama di dunia yang berbentuk kontainer, tempat bertemunya para stylist dan fashion blogger Britania Raya. For your information, satu-satunya tempat studi fashion di Britania Raya hanya ada di London College of Fashion, Shoreditch, lho.

Setelah puas berkeliling, kamu bisa mampir ke Urban Food Festival pada hari Sabtu atau ke Sông Quê Café, restoran Vietnam yang terkenal di seantero Shoreditch. Bisa juga singgah ke McQueen, untuk pengalaman mencicipi kuliner mewah tak terlupakan.

2. Peckham

Beralih ke South-East London, mari singgah ke Peckham, salah satu distrik yang memiliki keberagaman etnis terbanyak di Britania Raya. Tak seperti Shoreditch, Peckham lebih cocok sebagai tempat untuk melepas penat. Mulai dari restoran, bioskop, kafe, hingga galeri seni, semua bisa didatangi dalam waktu satu hari.

Advertisement

Buat kamu yang suka nonton film dengan suasana berbeda, jangan lewatkan pemutaran film di Rooftop Film Club, tepatnya di Bussey Building, 133 Rye Lane, SE15 4ST. Dengan harga mulai dari £15, kamu bisa menonton film favorit di rooftop, ditambah dengan latar belakang sunset, kalau kamu beruntung.

Masih kurang? Ajak teman-temanmu ke Peckham Springs. Biasanya, Peckham Springs dipenuhi oleh pasangan yang sedang berkencan. Tapi jangan khawatir, selain bar, Peckham Springs juga menyediakan galeri seni dan tempat berkumpul yang luas. Makin rame, makin seru!

3. Brixton

Brixton Market

Brixton Market via https://www.tripsavvy.com

Di London Selatan, kamu bisa berkunjung ke Brixton. Ada banyak pub, bar, klub, dan kafe di Brixton. Tapi jangan salah, restoran dan street food di Brixton juga tak kalah banyak. Misalnya restoran Cina Mama Lan atau El Rancho de Lalo, restoran khas Kolombia yang menyajikan kuliner serba daging.

Brixton juga memiliki sisi pedesaan. Dikelilingi lahan pertanian yang luas, kamu bisa jalan-jalan sambil menikmati pemandangan asri di Brixton Hill. Di sana, kamu bisa mengikuti tur sejarah perkembangan pertanian Brixton dan melihat kincir angin Brixton Hill, yang sudah ada sejak tahun 1816.

4. Soho

Soho, distrik yang terkenal prestisius, baik dari segi sejarah maupun hiburan. Di sini, dulunya adalah tempat prostitusi, tapi kemudian dibangun menjadi distrik kelas atas yang serba moderen. Terletak di West End of London, Soho juga dikenal sebagai pusat media dan perfilman di Britania Raya.

Di Soho, kamu cukup berkeliling ke tempat-tempat dan jalan-jalan terkenal di Soho. Kenapa cuma keliling? Karena di situlah daya tarik Soho. Sempatkan untuk berfoto di Piccadilly Circus, dijamin feeds Instagram kamu jadi lebih aesthetic.

Lelah menyusuri Piccadilly Circus, kamu bisa window shopping di Berwick Street, Carnaby Street, atau Kingly Court. Ada banyak butik ternama di sana. Tapi ingat, kalau mau belanja, siap-siap merogoh kocek lebih dalam ya!

5. Borough Market

The Legendary Borough Market. Pasar ini sudah ada sejak abad ke-13 dan menjadi salah satu pasar tertua di Britania Raya. Bukan hal yang baru, kalau Borough Market menjadi pasar yang serba ada dan selalu menyediakan bahan makanan kualitas terbaik. Yang menarik dari Borough Market adalah, kita serasa berkunjung ke museum sekaligus pasar, yang menjual berbagai jenis sayuran, daging, buah-buahan, dan keju.

Terletak di London Bridge Station, Southwark, Borough Market juga bisa menjadi destinasi alternatif untuk makan siang pada hari Senin dan Selasa.

6. Brick Lane Market

Brick Lane Market

Brick Lane Market via https://www.tripsavvy.com

Berbeda dengan Borough Market yang tradisional dan memiliki nilai historis, Brick Lane Market cenderung lebih moderen dan menyediakan barang dagangan yang lebih beragam.

Ada cerita menarik yang membuat Brick Lane Market lebih 'hidup'. Konon, Brick Lane adalah salah satu tujuan utama imigran dari berbagai negara sejak berabad yang lalu, mulai dari Bangladesh, Perancis, sampai Yahudi. Itulah yang membuat Brick Lane Market terkenal sebagai destinasi kuliner kari terbaik di Britania Raya. Sekaligus, sebagai pasar yang menjual barang-barang unik seperti keramik antik, kain sari, baju-baju vintage, dan perabot bekas.

Tertarik mampir ke Brick Lane Market?

7. Abergavenny Food Festival

Surganya makan!

Surganya makan! via https://theculturetrip.com

Abergavenny Food Festival ini memang nggak ada duanya. Dimulai sejak tahun 1999, hingga saat ini Abergavenny Food Festival sudah menyajikan ratusan jenis makanan dan minuman dari berbagai negara, dengan pengunjung sekitar 30.000 orang setiap tahunnya. Kebayang dong sebanyak apa makanan dan minuman yang ada?

Buat kamu yang demen makan, atau hobi masak, Abergavenny Food Festival bisa menjadi destinasi menarik. Karena di sana terdapat berbagai demo masak, kelas memasak, street food, dan live music untuk menemani pengunjung bersantap ria.

Sekedar info, food festival ini bersifat tahunan dan akan diadakan pada tanggal 15-16 September 2018 mendatang di Wales, Britania Raya.

8. Hampstead Heath Park

Duh syahdu bener

Duh syahdu bener via https://budgettraveller.org

Hampstead Heath Park, atau lebih tepatnya Parliament Hill bisa jadi destinasi yang menarik kalau kamu ingin bersantai dan melihat pemandangan London dari ketinggian 100 meter. Saat cuaca cerah, kamu juga bisa melihat Istana Westminster dari sini.

Tak hanya itu, di Hampstead Heath Park juga tersedia kolam untuk berenang dan athletics track, cocok untuk kalian yang suka berolahraga sekaligus melepas penat.

Nah, itu dia 8 rekomendasi tempat yang menarik untuk dikunjungi kalau kamu berencana liburan ke Britania Raya. Tentunya, masih banyak tempat wisata dan desa-desa di Britania Raya yang juga tak kalah menarik. Maka dari itu, #AyoKeUK supaya kamu makin tahu surga-surga tersembunyi yang ada di Britania Raya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya