Indonesia merupakan negara yang penuh akan keberragaman baik itu budaya, tempat wisata sampai kuliner! Rasanya sudah tak terhitung berapa banyak kuliner khas Indonesia yang ada saat ini. Berbicara kuliner Indonesia, rendang atau masakan Padang tentu menjadi salah satu yang paling banyak diketahui orang. Ya, masakan asli Sumatera Barat ini hampir tersedia di berbagai pelosok negeri, jadi nggak heran kalau masakan padang begitu melekat di masyarakat Indonesia sendiri. Dan semua orang pun tahu kalau rendang ini masuk dalam salah satu masakan yang paling disukai dan paling enak di dunia.

Popularitas rendang sebagai makanan Indonesia tidak perlu diragukan lagi, di Negara lain, rendang juga sangat disukai karena memang sangat lezat dan khas akan rasanya. Namun tahukah kamu? Kalau ternyata ada banyak sekali masakan atau makanan khas Indonesia yang juga tak kalah mendunia selain rendang atau masakan Padang? Bahkan kuliner di bawah ini diperjual belikan di negara lain? Langsung saja kalau kamu penasaran, berikut adalah beberapa masakan asli Indonesia yang mendunia.

1. Sop Buntut yang Mendunia di Negeri Matador, Spanyol!

Sering berwisata kuliner? Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini kan? Ya, sop buntut merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer, makanan yang terbuat dari potongan ekor sapi dan juga kaya akan rempah rempah serta kaldu sapi ini begitu disukai dan ternyata juga sangat populer di Negeri Matador, Spanyol, Tepatnya di Ibu Kota yakni Madrid.

2. Gudeg, Makanan Khas Yogyakarta yang Begidu Mendunia.

Jogja merupakan salah satu kota yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia terutama untuk liburan. Tidak heran kalau hampir semua orang Indonesia pasti kenal betul dengan masakan khasnya yakni gudeg! Saking populernya, gudeg sampai sampai juga mendunia dan bahkan ada lho yang membuka kedai gudeg di Kota Melbourne di kawasan Clayton Road, Australia.

3. Gado-Gado, Makanan Super Lengkap Khas Indonesia Juga Disukai Warga Italia.

Advertisement

Di Napoli, Italia, gado-gado juga cukup disukai, makanan khas Indonesia yang terbuat dari berbagai campuran sayuran dan bahan makanan lain seperti tempe, tahu, telur dan lain sebagainya ini berhasil membuat lidah orang Italia terpikat dengan nikmatnya gado-gado. Makanan ini sendiri biasanya hampir ada di setiap pelosok negeri di Pinggiran Jalan, selain enak, harganya juga terbilang murah.

4. Bukan Cuma Identik di Lidah Anak Kos, Indomie Goreng Juga Mendunia!

Indomie Goreng

Indomie Goreng via http://www.indomie.com

Mie baik itu mie goreng ataupun rebus merupakan makanan yang seringkali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia terutama anak kost-kostan karena pembuatannya yang simpel dan tentu saja harganya yang murah. Namun siapa sangka? Ternyata Indomie goreng sangatlah populer di beberapa negara belahan dunia seperti Afrika yang bahkan dijadikan sebagai makanan yang laku keras di jual sampai di Amerika Serikat di mana Indomie juga dijadikan hadiah kado Natal.

5. Tempe, Makanan Sejuta Umat yang Sering Dipandang Sebelah Mata, Justru Populer di Inggris!

Siapa sih yang tidak tahu dengan Tempe? Makanan khas Indonesia ini seringkali dipandang sebelah mata, namun tak bisa dipungkiri bahwa tempe adalah makanan yang sangat populer di Indonesia karena bisa dinikmati semua orang di Indonesia dari berbagai kalangan, tahukah kamu? Belum lama ini tersebar viral berita di mana di Inggris, ada penjual tempe asli Indonesia yang ternyata begitu disukai oleh warga Negara Inggris!

Advertisement

Tempe sendiri memang sangat enak karena bisa diolah dengan berbagai olahan dan campuran makanan. So, masih suka gengsi kalau mau makan tempe? Orang Inggris saja suka dan mengakui lho, kelezatan tempa sebagai makanan asli Indonesia!

Itulah beberapa informasi mengenai makanan Indonesia yang mendunia selain rendang atau masakan Padang, tentu saja jumlahnya tidak seberapa, masih banyak makanan lain yang juga tidak kalah dari ke 5 makanan di atas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya