Bukan Melulu Keluarga, tapi 6 Hal Ini Juga Membuatmu Serasa seperti di Rumah

rumah tidak melulu keluarga

Rumah dan keluarga sepertinya menjadi sesuatu yang vital dalam kehidupan manusia. Bagi sebagian orang, ia adalah tempat pulang paling menenangkan. Masakan mama, humor receh papa, kejahilan abang, serta hal-hal ngangenin lainnya akan selalu menjadi pengingat untuk tidak lupa pulang. Tapi bagi sebagian yang lain, keluarga bisa pula menjelma sesuatu yang menyebalkan dengan segala drama dan problematikanya. 

Namun demikian, mari kita kesampingkan privilege ’flawless family’ ataupun keluarga cemara yang belum tentu dimiliki semua orang. Sebab selain tempat di mana keluarga kita menetap, rumah adalah dimana kamu dapat menjadi diri sendiri secara merdeka seperti berikut ini!

Advertisement

1. Teman dekat adalah rumah terdekat

Teman dekat adalah rumah paling dekat

Teman dekat adalah rumah paling dekat via https://images.pexels.com

Sebagian besar dari kita bisa dibilang hampir tidak memiliki hubungan darah apapun dengan teman dekat yang kita punya, entah itu pacar ataupun sahabat *ehem colek juga dong yang friendzone-an*. Tapi  pasti kerasa banget dong bagaimana bahagianya ketika nemu orang yang bisa klik sama kita?

Kamu bisa bebas jadi diri sendiri tanpa takut tidak diterima, bisa berbagi perspektif tentang banyak hal, ngatain sampai puas, mabar asyik, curhat drama, dan melakukan berbagai keseruan lainnya secara merdeka. Fyi nih, menurut peneliti dari Universitas Toronto, orang yang memiliki setidaknya satu teman dekat dengan bonding yang kuat cenderung lebih bahagia dan nggak gampang stress loh!

Advertisement

2. Aktivitas yang melegakan a.k.a katarsis

Temukan passion kamu dan jadilah kamu!

Temukan passion kamu dan jadilah kamu! via https://images.pexels.com

Pernahkah kamu merasa capek dengan kehidupan, muak dengan orang-orang, lalu kembali bahagia dan lega setelah melakukan sesuatu? Memancing misalnya, atau menggambar, atau menyikat kamar mandi, atau jogging, atau main pubg? Jika iya, hal-hal seperti itu bisa kamu jadikan ‘rumah’ ketika kamu suntuk tau!

Misalnya kamu suka banget makan mie nih, boleh lah sekali-kali ‘mampir ke rumah’ dan menghabiskan satu hari hanya dengan ber-lazy ria ngedengerin musik indie sambil menyeruput Ind*mie kuah rasa soto sapi! Lumayan buat recharge energi menghadapi kerasnya hidup dan society, asek~

3. Suatu tempat yang berkesan

Advertisement
Photo de Victor Freitas provenant de Pexels

Photo de Victor Freitas provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Kalau kamu suka menjelajah tempat-tempat baru, biasanya ada satu atau lebih tempat yang berkesan dan memunculkan atmosfer tersendiri ketika mengunjunginya. Boleh jadi sebetulnya ia adalah rumah kesekian kamu.

Kalau kamu lagi nggak dalam good mood, coba deh datang ke sana. Mungkin dengan mengunjunginya kamu dapat menemukan ketenangan ketika sedang jauh dari rumah atau memang betul-betul tidak ada tempat berpulang.

4. Berpulang pada-Nya

Sebetulnya selalu ada tempat untukmu berpulang

Sebetulnya selalu ada tempat untukmu berpulang via https://images.pexels.com

Ketika dunia tidak ada yang dapat menerima kita, pada akhirnya hanya Tuhan yang akan membuatmu merasa pulang dengan nyaman. Kedekatan dengan Tuhan memang selalu menenangkan. Sebab Dia, sejauh apapun kamu berlari dan melupa, sehancur apapun kamu di mata dunia, akan selalu menunggumu berbagi cerita.

5. Jangan lupa pulang, ya!

Photo de VisionPic .net provenant de Pexels

Photo de VisionPic .net provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Bicara soal pulang memang menyenangkan, tapi bisa pula berujung menyakitkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua orang mendapat durian runtuh berupa keluarga yang dapat menerima kamu apa adanya dan ‘bisa dijadikan tempat untuk pulang.

Tidakpapa, jika memang berpulang ke keluarga tidak menjadikan dirimu sebagai kamu yang seutuhnya. Terlepas dari bagaimana kondisi keluarga kamu, selalu akan ada tempat untukmu berpulang. Anyway, kamu bisa pulang ke mana pun yang kamu mau kok. Jangan lupa pulang, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

hi, glad to see u!

Editor

une femme libre

CLOSE