Bukan Sekadar Dekorasi, Ini 5 Manfaat Karpet untuk Ruangan!

Ragam Kegunaan Karpet di Hunian

Sebagai dekorasi, karpet bisa dibilang salah satu perabotan yang praktis dan bisa bikin ruangan tampil menarik dalam sekejap, loh. Ruangan masih terlihat kosong dan membosankan meskipun udah ada furnitur di dalamnya, kamu bisa pasang karpet dan tampilan ruangan jadi langsung kelihatan lebih berkarakter.

Apalagi dengan berbagai bentuk, jenis bahan, warna, dan motif karpet yang tersedia saat ini, enggak sulit buat menyesuaikan karpet sama keseluruhan desain interior ruangan. 

Bentuk karpet persegi panjang dengan warna earthy dan polos untuk tampilan yang klasik, karpet bulu bundar yang manis dan feminin, atau karpet berbentuk bunga atau binatang untuk karpet di kamar tidur anak yang menggemaskan.

Tapi kira-kira, selain dekorasi karpet punya fungsi apa lagi, ya? Beberapa orang bilang memasang karpet di ruangan malah merepotkan karena butuh usaha ekstra buat dibersihkan.

Bulu-bulu karpet juga bisa menjadi tempat berkumpulnya debu yang mungkin menyebabkan alergi dan gangguan saluran pernapasan. Namun, semua ini bisa diatasi kalau kalian rutin membersihkan karpet dengan menyedot debu dan mencucinya setiap beberapa bulan sekali.

Ternyata, selain jadi dekorasi yang mampu mempercantik ruangan, karpet juga punya fungsi-fungsi lain yang berguna buat pemilik hunian, loh.

Buat kamu yang masih ragu mau pasang karpet atau enggak, Dekoruma kasih tahu lima manfaat karpet untuk ruangan selain sebagai dekorasi yang bisa memperkuat keinginan kamu untuk memasang karpet di kamar tidur atau ruangan lain di rumah.

Advertisement

1. Melindungi Lantai dari Goresan Furnitur Ketika Bergeser Atau Berpindah-pindah. Furnitur dan Lantai Jadi Enggak Gampang Baret dan Rusak

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Manfaat pertama yang berguna buat kondisi dan keawetan furnitur dan lantai adalah bagaimana karpet bisa membantu melindungi lantai dari goresan. Kadang, secara enggak sadar furnitur sering bergeser dan menggesek lantai. Terutama furnitur yang kita duduki atau tiduri.

Biar bagian kaki furnitur enggak menggores lantai atau terkikis, memasang karpet di bawah furnitur bisa jadi cara buat mencegahnya. Furnitur yang beralas karpet juga bisa lebih stabil karena punya tumpuan yang lebih tebal dan anti slip.

Advertisement

Cocok buat furnitur-furnitur yang sering bergeser atau berpindah-pindah seperti sofa, kursi meja makan, kursi panjang, kursi kerja, atau bahkan tempat tidur.

2. Terasa Nyaman di Kaki Ketika Melewati dan Empuk di Badan Saat Duduk Atau Rebahan di Karpet. Bikin Badan Jadi Terasa Hangat Juga

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Manfaat selanjutnya adalah suasana yang lebih nyaman dan hangat dengan adanya karpet di ruangan. Mulai dari rasa empuk dan hangat ketika kaki melangkah melewati karpet. Sampai karpet yang jadi tempat yang nyaman buat duduk, rebahan, bahkan tidur siang.

Advertisement

Anak-anak juga bisa bermain dengan menyenangkan dan nyaman di atas karpet tanpa perlu khawatir badan anak terasa dingin karena duduk di lantai. Lengkapi dengan bantal sofa atau bean bag supaya area yang dialasi karpet bisa jadi tempat santai yang rileks.

Di ruangan lain, karpet juga bisa dipasang di ruang kerja supaya kaki kamu terasa nyaman dan hangat ketika bekerja di meja kerja. Begitu juga di kamar tidur supaya kamu bisa rebahan di lantai buat leyeh-leyeh.

3. Meredam Kebisingan Suara dari Luar. Bikin Istirahat Lebih Berkualitas dan Suasana Santai Lebih Rileks dan Nyaman

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kalian yang pernah menginap di hotel berbintang mungkin familiar dan pernah lihat lantai kamar hotel yang sebagian besarnya dilapisi karpet. Selain karena bikin kamar hotel jadi lebih nyaman dan hangat, ini karena karpet juga bisa meredam suara bising dari dalam maupun luar ruangan.

Karpet yang tebal dan terbuat dari material kain atau bulu mampu untuk meredam suara yang masuk dan keluar dari sebuah ruangan. Makanya, ketika menginap di hotel atau berada di dalam ruangan yang lantainya dilapisi karpet, ruangan terasa hening dari luar meskipun menyetel lagu atau televisi dengan keras.

Ini juga kenapa tempat-tempat seperti auditorium, bioskop, dan ballroom pakai karpet untuk melapisi lantainya. Prinsip ini yang bisa kamu terapkan di ruangan, terutama ruangan seperti ruang kerja atau kamar tidur yang mana kamu perlu ketenangan.

4. Mengurangi Risiko Terjatuh dan Cedera. Lantai Jadi Enggak Licin dan Lebih Empuk Just In Case Anak atau Lansia di Rumah Terjatuh

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Enggak hanya bikin ruangan jadi lebih hangat dan nyaman, karpet juga bisa mengatasi lantai ruangan yang licin. Penggunaan keramik, marmer, atau bahkan parket dan vinyl untuk lantai terkadang bikin lantai jadi licin dan mudah selip. 

Agar anak-anak yang suka berlarian dan mudah tersandung atau anggota keluarga yang lanjut usia terlindungi, pasang karpet di ruangan-ruangan yang lantainya licin. 

Kalaupun sampai terpeleset, risiko cederanya juga lebih kecil dan tidak separah bila jatuh ke lantai yang keras. Karpet yang tebal dan empuk akan mengurangi dampak benturan terhadap kulit dan badan.

5. Ukuran Ruangan Jadi Kelihatan Lebih Proporsional. Yang Terlalu Luas Jadi Pas dan Yang Terlalu Kecil Jadi Terasa Lebih Luas

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Sebagai dekorasi, karpet sebenarnya punya fungsi yang lebih dari sekadar pemanis atau pemercantik ruangan. Memilih jenis karpet yang tepat bisa membuat tampilan ruangan jadi lebih proporsional dan membumi. 

Buat mengatasi ruangan yang terkesan kecil, kalian bisa menaruh karpet dengan motif garis-garis buat efek ruangan yang lebih panjang. Sementara, buat ruangan yang terlalu besar dan kosong, pasang karpet yang senada dengan tema dan palet warna ruangan.

Proporsi karpet sendiri jangan sampai menutupi lebih dari 50 persen luas ruangan dan disesuaikan sama ukuran furnitur di dalamnya. Penempatan furnitur di sekitar karpet juga berpengaruh dengan hasilnya.

Dari banyaknya furnitur yang ada di sebuah ruangan, karpet akan mengikat tampilan keseluruhan ruangan dan membuatnya jadi lebih hangat, nyaman, dan berkarakter. 

Mulai dari furnitur-furnitur yang tepat berada di dekat karpet seperti sofa, kursi lengan, coffee table, sampai rak TV, rak dinding dan ambalan semuanya akan tampil selaras berkat tambahan karpet.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE