Buku-buku Karya Penulis Sastra Indonesia yang Bisa Dibaca Secara Gratis dan Resmi di Aplikasi iPusnas

Buat kamu yang suka baca buku, selain baca buku fisik kamu juga bisa baca buku secara digital. Aplikasi baca buku secara digital ini sudah banyak macamnya dan bisa kamu unduh di playstore ataupun appstore. Sudah kenal dengan aplikasi iPusnas belum? Nah, iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Sebagai perpustakaan digital yang dilengkapi fitur-fitur media sosial, Kamu dapat menggunakan iPusnas untuk terhubung dan berinteraksi dengan sesama pengguna maupun komunitas lainnya. Kamu juga dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang dibaca, dan menyampaikan ulasan buku.

Kamu juga bisa membaca e-book secara daring online maupun offline. Berikut rekomendasi buku-buku karya penulis sastra terkenal di Indonesia yang bisa kamu dapatkan secara resmi dan gratis di aplikasi iPusnas loh!

Advertisement

1. Cantik Itu Luka – Eka Kurniawan

Cantik Itu Luka

Cantik Itu Luka via https://id.wikipedia.org

Novel ini sudah diterjemahkan ke lebih dari 34 bahasa dan pemenang World Readers' Award pada Tahun 2016. Novel yang P\pertama kali diterbitkan tahun 2002 ini merupakan Novel pertama karya Eka Kurniawan. Novel ini bercerita tentang seorang perempuan dipaksa menjadi pelacur di akhir masa kolonial.

Kehidupan itu terus dijalaninya hingga ia memiliki tiga anak gadis yang kesemuanya cantik. Ketika mengandung anaknya yang keempat, ia berharap anak itu akan lahir buruk rupa. Itulah yang terjadi, meskipun secara ironik ia memberikan nama Si Cantik.

Advertisement

Kamu bisa baca keseruan cerita Si Cantik ini di iPusnas loh!

2. Supernova Series – Dee Lestari

Supernova yang merupakan seri novel fiksi ilmiah populer karya Dewi Lestari ini bisa kamu temukan di iPusnas juga. Novel ini terdiri dari enam buku, masing-masing: Supernova 1: Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh (2001), Supernova 2: Akar (2002), Supernova 3: Petir (2004), Supernova 4: Partikel (2012), Supernova 5: Gelombang (2014), dan Supernova 6: Inteligensi Embun Pagi (2016).

Untuk pecinta novel fiksi ilmiah, seri Supernova ini bisa menjadi pilihan untuk koleksi bacaanmu.

3. Ayah – Andrea Hirata

Novel Ayah karya Andrea Hirata diterbitkan pada akhir Mei 2015 oleh Bentang Pustaka. Novel yang berkisah tentang tentang perjuangan serta perasaan sayang seorang ayah kepada anaknya ini mengambil latar daerah Belitung dan diangkat dari kisah nyata. Penasaran dengan ceritanya? Kamu bisa baca e-book-nya sekarang!

4. Melihat Api Bekerja – Aan Mansyur

Melihat Api Bekerja

Melihat Api Bekerja via https://www.goodreads.com

Bagi pecinta puisi, kamu bisa menemukan buku ini di iPusnas. Buku yang merupakan kumpulan puisi karya Aan Mansyur ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Selain Melihat Api Bekerja, kamu juga bisa baca karya Aan Mansyur lainnya di iPusnas seperti: Tidak Ada New York Hari Ini, Perjalanan Lain Menuju Bulan: Satu Kisah Tiga Babak atau Tiga Puluh Sajak, dan Cinta yang Marah.

5. Hujan Bulan Juni – Sapardi Djoko Damono

Hujan Bulan Juni

Hujan Bulan Juni via https://www.kompas.com

Siapa yang tidak kenal dengan eyang Sapardi, salah satu karyanya yang terkenal adalah Hujan Bulan Juni yang bisa kamu baca secara digital di iPusnas. Selain itu kamu juga bisa menikmati karya beliau yang lain seperti: Yang Fana Adalah Waktu, Melipat Jarak, Ayat-ayat Api, Kolam, Perahu Kertas, dan Malam wabah serta karya-karya eyang lainnya.

Nah itu dia rekomendasi buku karya penulis Indonesia yang bisa kamu baca secara gratis dan resmi, bukan abal-abal apalagi download pdf asal-asalan. Ayo, stop baca buku bajakan dan illegal!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Wanita biasa saja yang sedikit suka menulis. udah gitu aja.

CLOSE