Canggih! Lakukan 5 Hal Ini, Kamu Akan Sehat dan Bahagia Dengan Tubuh Gemukmu

Bagi kamu yang sudah berusaha melakukan berbagai cara dan mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal namun hingga saat ini belum berhasil, jangan putus asa!

Apakah kalian ada yang merasa tidak percaya diri karena mengalami masalah dengan berat badan yang berlebih, kegemukan “overweight”?

Jika ada saya akan berbagi tips untuk kamu, bukan tips agar jadi kurus loh ya. Namun tips supaya kamu sehat, bahagia, dan menikmati hidup dengan tubuh gemukmu.

Sebelumnya saya sampaikan bahwa saya bukanlah seorang ahli gizi maupun ahli kesehatan, namun yang saya bagikan di sini berdasarkan pengalaman pribadi, apa yang saya jalani dan saya rasakan.

Harus kita akui, saat ini semua orang berpacu untuk mencapai standar yang diciptakan oleh sosial. Terutama dalam mencapai bentuk tubuh ideal atau yang kita kenal dengan sebutan body goals.

Bagi kamu yang sudah berusaha melakukan berbagai cara dan mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal namun hingga saat ini belum berhasil, jangan putus asa! Sudah saatnya mengubah pola pikir (mindset) yang sudah melekat di otak kita selama ini. Mulailah menjadikan sehat sebagai prioritas dan tujuan utama.

Yang harus kamu ketahui kegemukan atau overweight dengan obesitas itu hal berbeda. Menurut para dokter, obesitas adalah kondisi di mana lemak tubuh berada dalam jumlah yang berlebihan. Kondisi ini disebut sebagai penyakit kronis yang bisa diatasi.

Berikut lima hal yang wajib kita terapkan dalam kehidupan untuk menjadi seorang dengan berat badan berlebih namun tetap sehat dan bahagia,. Simak ya!

 

1. Diet

Makanan dengan gizi seimbang

Makanan dengan gizi seimbang via https://www.pexels.com

Advertisement

Masyarakat telah keliru mengartikan kata diet. Beranggapan bahwa tujuan diet adalah kurus, lalu melakukan berbagai cara, dengan mengurangi porsi makan, bahkan ada yang tidak makan apapun sama sekali.

Padahal diet sebenarnya adalah mengatur pola makan, mengontrol asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita.

Banyak yang berhasil kurus dengan berdiet, namun banyak juga yang kesehatannya terganggu karena salah menerapkan metode diet. Biasanya seseorang akan mengadopsi metode diet yang sukses diterapkan oleh public figure, walaupun diet yang dilakukannya sangat ekstrim.

Advertisement

Perlu diketahui, metode diet yang sukses diterapkan oleh seseorang belum tentu cocok untuk diterapkan ke semua orang. Hasilnya akan berbeda, tergantung keadaan metabolisme, daya tahan tubuh, serta jumlah nutrisi yang dibutuhkan masing-masing individu.

Jadi sebaiknya kita kembali ke konsep awal diet, yaitu mengontrol atau mengatur jumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Selain itu, diet bukan hanya dilakukan oleh orang yang ingin mengurangi berat badan saja. Dalam program menambah berat badan, ahli gizi juga mengintruksikan agar melakukan diet.

Advertisement

Bagi yang bertubuh gemuk, sebaiknya menerapkan defisit kalori atau mengurangi jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai kehilangan akal sehat ya, guys. Karena ingin kurus sampai tidak makan apapun. Bukannya kurus, tubuh akan melemah, kerja otak terganggu, dan lambung akan bermasalah.

Mulailah untuk mengatur pola makan. Jangan sampai melewatkan sarapan dengan menu sehat dan gizi seimbang. Karena yang kita konsumsi saat sarapan akan menjadi sumber energi untuk menunjang aktivitas sepanjang hari.

Penelitian mengenai sarapan banyak mengungkapkan bahwa seseorang yang telah sarapan pagi memiliki mood yang lebih baik dibandingkan dengan yang melewatkannya. Dan dengan sarapan, hasrat untuk ngemil akan berkurang, serta membuat kita tidak kalap saat makan siang.

Selanjutnya cobalah mengganti karbohidrat sederhana menjadi karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana bisa memicu naiknya kadar gula darah sedangkan karbohidrat kompleks memberikan simpanan energi lebih lama, karena mengandung serat lebih tinggi.

Sumber karbohidrat kompleks di antaranya kentang, beras merah, pasta gandum, roti gandum, oatmeal, quinoa, dan buah-buahan. Lalu usahakan untuk makan malam di bawah jam tujuh. Tentunya mengkonsumsi menu dengan  gizi seimbang.

Ingat, sehat adalah tujuan utama dalam melakukan diet. Kurus adalah bonus, diet bukan menyiksa diri. Lakukanlah diet yang dapat diterapkan dalam waktu jangka panjang. Selain sehat kita akan rileks dan bahagia menjalaninya. 

Coba renungkan, untuk apa memiliki tubuh kurus dengan seketika, tapi tubuh kita memelihara maag kronis ataupun gangguan kesehatan lain nantinya?

2. Aktif Bergerak dan Olahraga

Gemuk bukanlah alasan untuk enggan berolahraga

Gemuk bukanlah alasan untuk enggan berolahraga via https://www.pexels.com

Lakukan kegiatan yang bermanfaat dan membuat bahagia. Tentunya kegiatan yang membutuhkan energi. Seperti membersihkan rumah, bersepeda ataupun berlari-lari kecil di taman, senam dengan diiringi alunan musik yang bersemangat, dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan agar tubuh aktif memecah kalori menjadi energi.

Sehingga tidak terjadi penumpukan kalori di dalam tubuh secara berkelanjutan. Racun-racun dalam tubuh akan ikut keluar melalui pori-pori bersama keringat, sehingga tubuh akan tetap sehat dan bugar.

Sebaiknya kita menyisihkan waktu untuk berolahraga 60 menit setiap harinya. Jika terlalu sibuk untuk berolahraga, tidak masalah. Yang terpenting kita tidak berhenti bergerak.

Olahraga dapat menurunkan hormon depresan pada tubuh. Berolahragalah dengan rutin dan teratur, maka tubuh akan terbiasa dengan hal tersebut. Selain akan membuat nyaman ketika melakukannya, mood dan emosi akan lebih mudah terkontrol sehingga strespun menurun.

3. Selalu Bepikir Positif

Pikirkan sesuatu yang positif

Pikirkan sesuatu yang positif via https://www.pexels.com

Jadilah pribadi yang selalu positif. Optimis bahwa tidak ada yang tidak mungkin selagi kita terus bergerak dan berusaha. Semua tergantung dari apa yang kita pikirkan, karena kekuatan pikiran sangat menentukan.

Berpikir positif akan menghasilkan energi yang positif. Energi positif meningkatkan kekuatan untuk memaafkan. Sebagai manusia tentu kita ingin hidup dengan nyaman, tenang tanpa permasalahan dengan orang lain.

Cobalah untuk melepas semua rasa benci maupun dendam yang masih mengendap di hati. Ketika kita terus merawat rasa benci maupun dendam dalam diri, berarti kita tengah meracuni diri sendiri. 

Saat kita berusaha memaafkan seseorang, saat itu pula energi negatif dalam tubuh ikut keluar. Artinya kita mengeluarkan racun dalam tubuh dan pikiran sehingga tubuh kembali sehat, tenang, dan bahagia.

Tidak ada ruginya pula jika kita selalu berprasangka baik kepada orang lain. Karena dengan berprasangka baik jiwa kita tidak akan merasa terancam. Tentunya akan lebih tenang bukan?

4. Hindari Orang-Orang yang Memiliki Pola Pikir Negatif

Hindari dan jauhi orang-orang negatif Baik di kehidupan sehari-hari maupun dalam pertemanan di social media

Hindari dan jauhi orang-orang negatif Baik di kehidupan sehari-hari maupun dalam pertemanan di social media via https://www.pexels.com

Berpandangan positif merupakan bagian penting dari hidup sehat. Tentunya menjadikan kita tidak perlu untuk mendekati orang-orang yang kepalanya dipenuhi dengan pikiran negatif, yang akan meracuni pikiran kita dengan segala pemikiran nan dapat menyebabkan stres dan berdampak buruk untuk kesehatan kita.

5. Selalu Bersyukur dan Sayangi Diri Sendiri

Kamu harus bersyukur dan menyayangi dirimu sendiri

Kamu harus bersyukur dan menyayangi dirimu sendiri via https://www.pexels.com

Cobalah belajar menghargai serta menerima apa yang ada pada diri kita. Percayalah, semua yang telah Tuhan berikan kepada kita adalah sebaik-baiknya rupa. 

Menyayangi diri sendiri adalah wujud dari rasa syukur kita kepada-Nya. Jika kita telah menyayangi diri kita, tentunya kita akan selalu berusaha untuk membuat diri kita bahagia. Seseorang yang bersyukur dan berbahagia dengan apa yang ia miliki akan mengeluarkan aura positif dan memancarkan inner beauty.

Lima hal di atas tentu akan terasa manfaatnya ketika dilakukan dengan konsisten, tulus, dan ikhlas.

Jadi nggak ada lagi alasan untuk tidak percaya diri dengan kegemukan. Karena sehat dan bahagia adalah prioritasnya. 

Tidak ada lagi kata-kata,gemuk kok sehat, mana ada gemuk yang sehat!

Faktanya kita bisa menjadi seorang gemuk yang sehat dan bahagia tentunya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE