Berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman lainnya, persiapan wisuda ternyata butuh waktu yang lumayan.

Waduh… bagi yang rumahnya dengan universitasnya masih satu kota sih alhamdulillah sekali.
Wah apa kabar anak rantau yang rumahnya beda kota?
Bicara tentang wisuda, pasti teman-teman cewe pengen semuanya dipersiapkan matang tanpa kendala kan?

Di bawah ini aku merangkum apa-apa aja sih hal yang perlu dipersiapkan, agar H-1 acara wisuda ga ada lagi yang namanya pusing

1. Memastikan siapa saja yang akan ikut ke wisuda

Biasanya kalau wisuda itu, undangan tamu hanya diperuntukkan untuk dua undangan per wisudawan. Kebanyakan sih pada membawa orang tua ; ayah dan ibu. Tetapi juga ada yang yang membawa suami dan anaknya saja. Bebas sebenarnya, yang penting bawa dua orang aja ke tempat wisuda.

Advertisement

Namun jangan panik, kalau mau bawa lebih dari dua orang tetap bisa tetapi mesti menunggu di luar gedung. Ya itung-itung sambil jalan-jalan lihat universitaslah yang lagi nunggu di luar.

2. Mempersiapkan tempat tinggal dan transportasi hari H

Hotel & Transportasi

Hotel & Transportasi via https://www.kisspng.com

Bagi yang rumahnya masih satu kota, kalian tinggal memperhitungkan kira-kira jam berapa make up dan jam berapa mesti berangkat ke gedung wisuda supaya ga terjebak macet. Namun bagi yang dari luar kota, jangan lupa langsung booking tempat penginapan sesaat setelah mengetahui tanggal wisuda.

Karenakan biasanya banyak tempat penginapan sudah dipesan oleh wisudawan yang lain. Kalau bisa cari tempat yang dekat sama gedung wisuda supaya bisa meminimalisir kemungkinan terkena macetnya ya!

3. Mempersiapkan Head to Toe

Advertisement

Baju kebaya segera diputuskan, kalian mau langsung beli atau bikin ngejahit sendiri. Bagi yang menggunakan hijab, mulai dipikirkan hijabnya mau dibentuk bagaimana di hari H supaya MUA nya tidak bingung mesti digimanain, begitu pula bagi teman-teman yang tidak berhijab, pikirkan rambutnya mau digimanakan.

Jadi kalian sendiri sudah punya gambaran kira-kira kalian akan bagus gimana. Karena banyak yang rada ribet, minta ini itu dan ujungnya ya kembali ke hijab sederhana atau konde sederhana. Ini dikarenakan si wisudawati ini tidak mempersiapkan diri dan hanya menyerahkan semuanya ke MUA. Kan akhirnya sedikit buang-buang waktu dan takutnya kalian datang terlambat.

Selanjutnya terkait sendal formal yang digunakan, gunakan yang paling nyaman kalian pakai. Biasanya sewaktu prosesi penyerahan ijazah, kalian diharuskan maju berjalan ke panggung. Wah ini nih, jangan sampai gara-gara sendal yang tidak nyaman, kalian terjatuh. Ini bukan hal yang langka sih, banyak teman-teman yang terjatuh gara-gara heels nya patah atau terinjak rok-nya. Kalian jangan sampai yaaa!

4. Memilih MUA

Selanjutnya tentang MUA, kalau bisa cari referensi dari media sosial MUA yang ada di kota itu. Lalu lihat portofolio mereka. Kalian juga bisa minta referensi teman-teman yang sudah wisuda sebelumnya. Jangan lupa booking segera ya, takut full MUA yang kalian tuju hehe

5. Memutuskan barang apa saja yang mesti dibawa dalam tas

Handbag

Handbag via http://alibaba.com

Persiapkan barang-barang apa saja yang dimasukkan di dalam tas itu pada malam sebelum wisuda. Ini menjauhkan kalian dari kepanikan hari H. Biar kalian siap aja, jadi tinggal berangkat buat ke MUA lalu langsung ke gedung wisuda. Berikut sekiranya yang wajib kalian bawa untuk para wisudawati :

  1. Handphone, wah ini wajib sih buat nelpon keluarga kalian dimana soalnya pasti rame banget gedung wisuda dan lumayan bisa digunakan untuk mendokumentasikan kenang-kenangan wisuda.
  2. Makanan atau Minuman, kalau bisa yang kecil aja sih entah dalam bentuk permen atau biskuit-biskuit kecil. Untuk minuman, ya yang kecil juga entah dalm bentuk botol atau kotakan. Pastikan kalian bawa sedotan, takut kena lipstik hehe
  3. Make up, kali aja kalian mau touch up hehe jangan lupa juga bawa cermin kecil dan tissue
  4. Jepitan, ini jaga-jaga kali aja butuh buat topi toga kalian. Soalnya topi toga ini sedikit ribet, karena mesti dijepit banyak. Pastikan ga goyang aja sih, supaya ga jatuh

Sekian rangkuman yang aku buat. Semoga bermanfaat buat kalian ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya