6 Cara Berdamai dengan Rasa Takutmu Sendiri. Mau Sampai Kapan sih Lari dari Hal Ini?

Cara berdamai dengan rasa takut

Bagaimana kita mau maju ketika kita terlalu takut untuk melakukan sesuatu? Ketika kita terlalu takut untuk melakukan kesalahan? Memang akan ada kesalahan yang tak dapat ditolerir. Dan kita pun tak bisa mengulang waktu, serta menyenangkan semua orang. Tetapi kalau takut terus, kita akan diam tak bergerak. Kita tidak bergerak kemana-mana.

Padahal mengatasi rasa takut salah itu mudah saja. Yang sulit adalah apakah kemauan kita cukup untuk melakukannya. Apakah kita telah menemukan alasan untuk mengatasi rasa takut salah. Ada enam hal yang bisa kamu pikirkan, ketika rasa takut salah menghalangimu.

Advertisement

1. Takut salah membuatmu terhenti berkembang

Ketika kita takut salah untuk melakukan sesuatu dalam pekerjaan, tugas, ataupun hal lainnya, hal itu akan menjadikanmu terhenti untuk berkembang. Rasa takut salah akan membuatmu terkunci di pintu yang sama. Bukan berarti kamu harus melawan, tapi kamu perlu mencoba.

2. Yang kamu takutkan bisa jadi tak seburuk itu

Sesuatu yang kamu takutkan bisa jadi tak seburuk apa yang kamu bayangkan. Ada dua kemungkinan, bisa jadi lebih buruk dan lebih baik. Kamu belum tahu yang mana, jadi sebaiknya lakukan saja. Bukan berarti tanpa pertimbangan, tetapi tetap diiringi dengan keberanian dan keikhlasan.

Advertisement

3. Anggapan orang lain adalah hak mereka

Workplace

Workplace via https://pixabay.com

Tak perlu terlalu mengurusi anggapan orang lain. Mungkin kamu akan risih dengan membiarkan anggapan mereka, tapi biarkan saja. Kamu tak perlu menghiraukan anggapan mereka. Kamu lebih tahu bahwa anggapan mereka salah. Kalau anggapan mereka benar, maka kamu perlu untuk mengakui kesalahan dan mengubahnya.

4. Dimarahi menjadikanmu lebih kuat

Ketika kamu dimarahi karena kesalahanmu, hal ini akan melatih mentalmu. Kamu akan berkembang secara mental. Kedepannya kamu akan lebih memperhatikan hal-hal dengan sudut pandang yang lebih baik.

5. Keputusanmu tak selalu benar

Kamu harus menyadari bahwa keputusanmu tak akan selalu benar. Jadi fine-fine saja jika kamu terus maju. Sebab kalau pun keputusanmu salah, waktu tidak bisa diulang. Kamu bisa belajar dari kesalahan. Tapi ingat, belajar membutuhkan kesiapan dan kesempatan. Jangan sia-siakan dan malah menunggu kesempatan kedua.

Advertisement

6. Temukan alasan melawan rasa takut itu

Landscape

Landscape via https://pixabay.com

Kamu harus menemukan alasan yang bisa mengatasi rasa takut salah itu. Sebab alasan ini yang akan memicumu untuk bergerak. Alasan yang kuat akan menghapus rasa takut itu. Karena itu, alasan ini menjadi penting untuk kamu temukan.

Rasa takut salah adalah hal yang wajar. Yang perlu kamu sadari ialah bahwa rasa takut salah bisa memperlambat, dan bahkan menghalangi langkahmu. Jadi cepat atasi, dan siap berjalan kembali. Sebab kamu bisa tertinggal jika lambat ataupun tak bergerak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembaca yang tekun

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE