Untuk Pejuang Sekolah Daring, Cara Menjaga Masa Sekolah Tidak Hilang

Sekolah di rumah, ga punya cerita kaya orang-orang :(

Kalau denger cerita Papa, Mama, Kakak, Tetangga, dan siapapun yang sekolahnya tidak daring, pasti sempet merasa sebel sendiri.

Gimana nggak? Pandemi Covid-19 yang terjadi dan tidak kunjung usai membuat sistem pembelajaran menjadi sangat terbatas. Sekolah dari rumah, gak ketemu temen, gak berkegiatan di sekolah, gak makan di kantin, dan ga cinlok hehehehe.

Lalu gimana kalau nanti sekolah dari rumah berlangsung lebih dari 3 (tiga) tahun? Jangankan kenal temen satu sekolah, kenal temen satu kelas pun belum tentu, eh bahkan tahu lokasi kantin aja nggak.

Sebenarnya ada beberapa cara “melindungi” momen sekolah kamu supaya tetap memiliki kenangan masa muda, simak ya!

Advertisement

1. Membuat Grup Chat

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Buat sebanyak-banyaknya grup chat yang terpisah dengan berbagai tema.

Misalnya grup chat kelas, ada yang dengan guru, ada pula yang dengan guru. Pasti deh, pembahasan dalam grupnya nanti berbeda.

Advertisement

Lalu, grup alumni sekolah sebelumnya yang sekarang satu sekolah. Siapa tau tersebar di beberapa kelas dan akhirnya kita kenal murid di kelas lain melalui teman-teman kita.

Bikin grup sahabat/bestie/kelompok, tidak bisa dipungkiri lagi, masa sekolah pasti ada kelompok-kelompok kecil seperti “geng”. Nah kelompok inilah yang biasanya banyak agenda di luar sekolah.

Masih banyak jenis-jenis grup chat yang bisa dibuat untuk memperluas jaringan pertemanan kamu, misalnya yang satu komplek, yang suka hobi yang sama, atau kalau perlu ada grup besar mencakup satu angkatan.

2. Dokumentasi Foto di Sekolah

Photo by Max Fischer from Pexels

Photo by Max Fischer from Pexels via https://www.pexels.com

Foto adalah salah satu bentuk dokumentasi masa lalu kita. Walaupun sekolah dilaksanakan dengan sistem daring, tapi pasti ada waktu-waktu tertentu yang mengharuskan kita ke sekolah kan?

Misalnya pengambilan laporan belajar, mengambil soal ujian, atau ada yang pertemuan mingguan. Manfaatkan waktu tersebut untuk mendokumentasikan kegiatan itu. Kalau perlu foto diberbagai sudut sekolah mulai dari depan sekolah, depan kelas, dalem kelas, kantin, dll.

Untuk yang di sekolahnya tidak ada agenda ke sekolah, setidaknya coba sesekali buat janji dengan teman yang lain untuk foto di depan sekolah. Hihi

3. Berkunjung Ke Rumah Wali Kelas

Photo by Max Fischer from Pexels

Photo by Max Fischer from Pexels via https://www.pexels.com

Wali kelas atau guru penanggung jawab di kelas biasanya berganti setiap tahun, jangan sampai kita hanya tahu wali kelas kita hanya sebatas nama saja.

Sesekali coba buat agenda pertemuan untuk berkunjung ke rumahnya bersama teman sekelas yang lain.

Selain bisa ketemu wali kelas, kita juga bisa mempererat pertemanan antara teman yang lain.

Tapi tetap perhatikan protokol kesehatan ya!

4. Pertemuan Virtual

Video Conference

Video Conference via http://www.tek.id

Buat agenda pertemuan virtual dengan teman-teman kita. Kita bisa agendakan untuk melakukan video conference dengan teman sekelas atau bahkan anggota grup chat sekolahan yang lain.

Random aja, gak perlu tema, tujuannya ya membuat kenangan masa sekolah. Open camera lebih asik! Kita bisa screenshot layarnya nanti lalu dijadikan bahan postingan sosial media.

Asik kan!

5. Foto Bersama

Yang terakhir adalah membuat kenangan yang lebih formal, yaitu foto bersama di studio menggunakan seragam sekolah.

Di beberapa sekolah ada yang teman sekelasnya selalu berganti setiap tahun, sehingga walaupun jarang bertemu kita masih tetap punya dokumentasi wajah-wajah dari teman sekelas kita.

Kalau perlu ajak wali kelas juga, supaya lebih seru.

Nah, di antara cara-cara tersebut kita masih bisa menikmati masa muda dengan cara kita sendiri tanpa harus kesal dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Siapa tahu, cinlok juga bisa terjadi dengan cara-cara itu. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Define Your Own Success, Create Your Own Future.

CLOSE