Sebagai anak kuliahan yang merantau keluar kota atau bahkan keluar pulau tentunya akan sangat jarang sekali bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Semua itu dilakukan demi mewujudkan cita-cita yang telah lama ingin diraihnya. Sehingga diperlukan adanya sebuah pengorbanan dan perjuangan yang tiada hentinya. Di tanah perantauan seorang anak kuliahan akan berusaha mengatur keuangannya agar dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Bahkan tak jarang ada yang kerja sampingan agar perut tetap terisi dan kuliah tetap berjalan lancar. Sehingga tak jarang perjuangan di tengah rutinitas tersebut menimbulkan suatu kejenuhan, homesick dan membutuhkan beberapa saat untuk liburan. Oleh karena itulah ketika waktu liburan semester telah tiba maka alangkah baiknya kalau waktu liburan tersebut tidak dibiarkan pergi begitu saja. Berikut ini adalah beberapa cara memanfaatkan liburan agar liburan mampu membawa dampak positif bagi kehidupan kita:

1. Berkumpul dengan keluarga

Setelah berpisah cukup lama dengan keluarga maka alangkah baiknya kalau kita berkumpul dengan keluarga di kampung halaman untuk saling mengobati kerinduan di hati. Kita juga bisa bercerita tentang berbagai lika-liku kehidupan yang kita lalui di tanah perantauan. Tentunya hal itu akan menjadi hal yang menarik dan menambah wawasan keluarga kita sehingga mereka mengetahui kondisi di tanah perantauan tanpa harus mengujungi tempat tinggal kita di tanah perantauan.

2. Menekuni hobi

Menekuni hobi

Menekuni hobi via http://loop.co.id

Mungkin selama menjalani perkuliahan kita jarang sekali memiliki waktu untuk menekuni hobi kita karena kita terlalu disibukan oleh berbagai tugas-tugas kampus. Oleh karena itulah saat liburan kita memiliki banyak waktu untuk menekuni hobi kita. Apabila kita menekuni hobi tersebut dengan sungguh-sungguh maka tak menutup kemungkinan hobi kita tersebut akan menjadi pundi-pundi keuangan bagi kita.

3. Mengikuti perlombaan

Mengikuti lomba

Mengikuti lomba via http://infosayembara.com

Advertisement

Ketika sedang liburan kita memiliki banyak waktu luang yang dapat kita manfaatkan untuk mengikuti berbagai perlombaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Dan dari perlombaan tersebut kita akan memiliki peluang untuk menjadi juara, mendapat kenalan baru dan bisa saja mendapat jodoh dari teman yang dulunya pernah menjadi pesain saat mengikuti suatu perlombaan.

4. Menulis Buku

Bagi kamu yang hobi menulis maka liburan adalah waktu yang sangat tepat untuk menulis buku karena saat liburan terdapat banyak sekali waktu luang yang bisa kita gunakan untuk menulis buku. Berbagai hal dapat dijadikan sebagai bahan tulisan di buku kita, mulai dari suka duka hidup di tanah perantauan,kisah cinta kita, maupun imajinasi kita.

Advertisement

Dan apabila buku tersebut menjadi best seller dan mampu menginspirasi banyak orang maka tak menutup kemungkinan maka kita akan mendapatkan royalty yang sangat besar dari hasil penjualan buku kita.

5. Mengikuti magang kerja

Magang Kerja

Magang Kerja via https://www.youtube.com

Di beberapa fakultas tertentu ada yang mengadakan kegiatan magang selama liburan semester. Dan hal ini adalah suatu kesempatan yang sangat bagus untuk mengetahui kesesuaian antara ilmu yang kita dapatkan di dalam kelas dengan yang ada di dunia nyata. Mengikuti magang selama liburan akan menambah wawasan, pengalaman, relasi dan juga memperluas pandangan kita tentang dunia kerja di masa depan. Sehingga dengan adanya bekal tersebut maka kita akan lebih siap untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus kuliah.

6. Berlibur ke tempat wisata

Liburan

Liburan via http://drwox.com

Setelah satu semester bergelut dengan berbagai tugas-tugas kuliah dan berbagai rutinitas lainnya di tanah perantauan yang menyebabkan berbagai kejenuhan dalam diri kita. Maka alangkah baiknya kalau ketika liburang semester kita mengunjungi tempat wisata di sekitar tempat tinggal kita untuk menikmati alam, mengobati kejenuhan serta membuat kita bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan keindahan alam ini.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan selama liburan semester agar liburan kita menyenangkan dan memberikan perubahan positif bagi kehidupan kita di masa depan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya