#CatatanAkhirTahun – Bantu Capai Goals Tahun Ini dengan OKR, Apa Itu?

OKR untuk goals yang lebih objektif!

Normalnya tahun baru selalu dibarengi dengan resolusi baru untuk menyongsong hari-hari baru yang diharapkan lebih baik dari sebelumnya. Apakah kamu termasuk yang sudah menyiapkan deretan resolusi tahun baru? Ada yang ingin hidup lebih sehat, lebih banyak uang, lebih disiplin, ingin beli barang impian, rumah dan sederet keinginan lainnya. Tapi, ternyata survey menunjukkan hanya 7% populasi yang berhasil mencapai resolusi tahun barunya. Apakah kamu termasuk ke dalam 93% populasi yang gagal ini? Kalau iya, mungkin kamu bisa coba metode OKR untuk bantu capai goals kamu.

Mengutip dari What Matters, OKR atau objective and key results adalah sebuah metode untuk menyusun tujuan (objective) yang ambisius dan challenging dengan hasil (key results) yang terukur. Gampangnya, objective adalah tujuan yang ingin kamu capai, sedangkan key results adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk mencapainya.

Metode ini sangat umum digunakan oleh perusahaan startup dan terbukti membawa kesukesan untuk perusahan raksasa seperti Google, Twitter, Amazon dan lainnya. Gak cuma bisa dipakai untuk mencapai tujuan bisnis, OKR juga bisa diaplikasikan untuk membantu mencapai tujuan personal kamu, lho!

Gimana caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Advertisement

1. Mulai dari menentukan tujuan (objectives) yang ingin kamu capai

Photo by Skitterphoto from Pexels

Photo by Skitterphoto from Pexels via https://www.pexels.com

Langkah pertama kamu dapat menentukan tujuan atau objective yang ingin kamu capai di tahun ini.Tujuan ini bersifat kualitatif dan juga ambisius. Contohnya, membaca lebih banyak buku, belajar bahasa atau skill baru, mengumpulkan dana darurat atau mendapatkan pekerjaan tetap. Kamu boleh menetapkan tujuan ini untuk periode 1 tahun, 3 bulan ataupun 6 bulan.

Pastikan tujuan yang kamu tetapkan adalah hal-hal yang benar-benar ingin kamu capai dan sesuai dengan kebutuhanmu. Ambisius boleh saja, tapi jangan lupa untuk mengenal apa yang sebenarnya kamu butuhkan dan tahu alasan mengapa kamu menginginkannya, ya!

Advertisement

2. Susun key results untuk mencapai tujuan besar tersebut

Photo by Anthony Shkraba from Pexels

Photo by Anthony Shkraba from Pexels via https://www.pexels.com

Berbeda dengan objective yang berupa hal-hal kualitatif, key results terdiri dari hal-hal yang bersifat kuantitatif, dapat diukur, spesifik dan tentunya memungkinkan untuk dilakukan. Untuk setiap objective, kamu hanya butuh menyusun 3-4 key results saja.

Sebagai contoh kamu memiliki objective untuk memiliki mobil di tahun ini, maka key results-nya dapat berupa:

  1. Menyisihkan 10-40% dari pendapatan bulanan untuk ditabung.
  2. Mengurangi minum kopi kekinian menjadi 2-3 kali per minggu.
  3. Mencari side hustle untuk menambah pendapatan bulanan.

Advertisement

3. Cek kembali keberhasilan kamu secara rutin

Photo by Pixabay from Pexels

Photo by Pixabay from Pexels via https://www.pexels.com

Setelah menentukan objective dan key results yang ingin dicapai, jangan lupa untuk mengecek kembali keberhasilan setiap key results. Bila perlu, kamu bisa membuat catatan untuk memastikan progress setiap waktu yang telah kamu tetapkan sebelumnya. Dengan melihat progress yang sudah dilewati biasanya akan menambah semangat kamu.

Dalam metode OKR, tujuan kamu dapat dikatakan berhasil apabila dapat mencapai 70% dari key results tersebut. Oleh karena itu, key results haruslah sesuatu yang dapat terukur agar kamu dapat mengukur keberhasilan dari tujuan tersebut di akhir periode. 

4. Beri reward jika tujuanmu berhasil tercapai

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Photo by RODNAE Productions from Pexels via https://www.pexels.com

Agar lebih termotivasi dan menambah semangat, kamu bisa juga lho menetapkan reward setiap kali kamu berhasil menyelesaikan key results atau objective tersebut! Apresiasi diri sendiri atas kesabaran dan konsistensi yang telah dilewati selama ini bisa mendorongmu mencapai tujuan-tujuan besar selanjutnya. Lihat, kamu bisa kan?

5. Cari partner untuk saling menyemangati

Photo by fauxels from Pexels

Photo by fauxels from Pexels via https://www.pexels.com

Jika merasa bosan menjalani rutinitas baru untuk mencapai goal-mu sendiri, kamu bisa juga lho mencari partner untuk saling menyemangati dan menjadi pengingat satu sama lain. Kamu bisa ajak teman, saudara ataupun pasanganmu yang sekiranya memiliki keinginan yang sama untuk mencapai suatu goals. Tujuan yang ingin dicapai tidak perlu sama, asalkan keduanya memang ingin berkomitmen untuk mewujudkan tujuan masing-masing. 

Sudah siap untuk mulai mewujudkan resolusi tahun barumu dengan OKR? Semoga di akhir tahun kita bisa mencentang satu per satu goals kita, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Still seeking and looking for meaning.

CLOSE