#CatatanAkhirTahun – Banyak Hal yang Harus Diperbaiki dan Ditingkatkan!

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu saja ada beberapa rencana yang tidak sempat terlaksana, meskipun kamu sudah menuliskannya. Entah karena ada perubahan di tengah jalan, maupun ada kendala yang menghalanginya.

Nah, mumpung masih di awal tahun, inilah saat yang tepat untuk memperbaiki dan meningkatkan apa saja yang terlewat atau tidak sempat kamu lakukan di tahun lalu.

ADVERTISEMENT

1. Ibadah

Praying, photo by Monstera

Praying, photo by Monstera via https://www.pexels.com

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, kamu diwajibkan untuk beribadah. Ini merupakan hal pertama dan utama yang perlu banget kamu perbaiki, bila perlu ditingkatkan. Bagaimanapun, sebagai manusia kamu pasti banyak keinginan.

Salah satu cara agar Tuhan mengabulkannya adalah dengan mendekat kepada-Nya. Perbaiki ibadah wajib dan tingkatkan ibadah sunnah lainnya. Dengan begitu, harimu akan menjadi lebih baik dibandingkan hari-hari sebelumnya.

ADVERTISEMENT

2. Komunikasi dengan Pasangan dan Keluarga

family, photo by rodnae production

family, photo by rodnae production via https://www.pexels.com

Jika tahun lalu kamu punya masalah komunikasi dengan keluarga, mulai tahun ini cobalah diperbaiki. Jalin komunikasi yang harmonis bersama orangtua dan saudara. Bagi yang sudah menikah, komunikasi dengan pasangan itu penting. Bersikaplah terbuka dan apa adanya. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih bahagia dari sebelumnya.

ADVERTISEMENT

3. Meningkatkan Skill

Training/ photo by Anna Shvets

Training/ photo by Anna Shvets via https://www.pexels.com

Skill kamu di tahun ini harus ada peningkatan dibandingkan tahun lalu. Jangan biarkan kamu terjebak dalam rutinitas harian seperti belajar ataupun pekerjaan. Ambillah waktu sehari dalam sepekan atau 1-2 jam per hari untuk mengembangkan diri.
Kamu bisa baca buku, webinar, bahkan ikut kursus/pelatihan. Kembangkanlah skill yang sangat dibutuhkan oleh pekerjaan, ataupun hobi yang kamu sukai.

ADVERTISEMENT

4. Pengelolaan Keuangan

Counting Money/ Photo by Karolina Grabowska

Counting Money/ Photo by Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Salah satu masalah besar bagi kebanyakan keluarga adalah keuangan, khususnya dalam hal pengelolaan. Karenanya, banyak keluarga yang belum bisa mengatur antara pendapatan dan pengeluaran. Akhirnya, gaji yang didapat seketika habis dalam waktu kurang dari sebulan.

Itulah mengapa kemampuan kamu dalam mengelola keuangan menjadi keharusan. Salah satu yang harus kamu tingkatkan adalah kemampuan dalam memilih dan memilah antara kebutuhan dan keinginan. Kalau kamu bingung bagaimana cara mengelola keuangan, carilah referensi tulisan atau video dari pakar, seperti Safir Senduk, Prita Gozie ataupun yang lainnya.

ADVERTISEMENT

5. Investasi

gold / photo by Michael Steinberg

gold / photo by Michael Steinberg via https://www.pexels.com

Jangan biarkan uang kamu nganggur di rekening. Investasikan dari sekarang. Kamu bisa beli properti, saham, reksadana, atau logam mulia. Perbanyaklah membaca dan mendengar ulasan seputar investasi yang cocok bagi pemula. Itu bisa membantu kamu agar tidak kesulitan memilih jenis investasi yang sesuai. Terutama yang bisa menghasilkan cuan lebih banyak. hehe..

Gimana, kamu siap untuk memperbaiki dan meningkatkan lima hal di atas pada tahun ini?
Kalau aku sih Yes. 🙂
 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Passionate in Media and Communication