Nggak usah takut lagi sama yang namanya jet lag. Pada dasarnya jet lag hanya bersifat sementara. Tapi jika kamu termasuk salah satu  orang yang sangan terganggu dengan jet lag, mungkin cara-cara di bawah ini bisa membantu.

1. Pastikan Anda Sampai di Tempat Tujuan Pada Siang Hari

Pastikan Kamu Sampai di Tempat Tujuan Pada Siang Hari via http://infoterbang.co

Jika kamu tiba di tempat tujuan Anda di siang hari, maka sangat penting untuk meluangkan sedikit waktu untuk menikmati sinar matahari. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari dapat membantu otak Anda menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Dengan demikian, gejala jet lag yang Anda alami pun dapat berkurang.

Akan tetapi, bukan berarti kamu harus berjemur di bawah sinar matahari. Berdiamlah di tempat yang teduh atau di dalam ruangan yang terkena banyak sinar matahari. Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya pada bagian tubuh yang sering terpapar oleh sinar matahari untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari.

2. Konsumsi Cukup Air Putih

Konsumsi Cukup Air Putih via https://dokter.id

Advertisement

Menjaga tubuhmu tetap mendapatkan air yang dibutuhkannya merupakan langkah pertama dan paling penting untuk mencegah terjadinya jet lag. Anda harus memastikan tubuh kamu mendapatkan cukup cairan sebelum, selama, dan setelah travelling. Udara yang kering di dalam pesawat dapat membuat tubuhmu lebih cepat mengalami dehidrasi, yang akan memperburuk gejala jet lag saat Anda mendarat.

3. Batasi Konsumsi Minuman Berkafein atau Beralkohol

Batasi Konsumsi Minuman Berkafein atau Beralkohol via http://alcohol.blogspot.com

Beberapa hari sebelum waktu keberangkatanmu dan juga saat Anda berada di dalam pesawat terbang, batasi konsumsi minuman berkafein dan beralkohol. Hal ini dikarenakan keduanya dapat mengganggu tidurmu.

Selain itu, minuman berkafein dan beralkohol juga dapat meningkatkan rasa lelah serta membuat tubuh mengalami dehidrasi.

4. Ubah Waktu Makan Anda

Ubah Waktu Makan Anda via http://makanteratur.me.com

Seperti halnya pola tidurmu, perubahan zona waktu juga akan mempengaruhi rutinitas saluran pencernaanmu. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan apa saja yang kamu makan. Jika memungkinkan, ubahlah pola makanmu sebelum pergi, makanlah berdekatan dengan waktu Anda akan makan di tempat tujuanmu.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan diet jet lagi. Cara melakukannya adalah makan banyak selama beberapa hari sebelum berangkat dan berpuasa pada hari keberangkatanmu. Akan tetapi, jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat atau makanan berlemak berdekatan dengan waktu tidur karena dapat mengganggu saluran pencernaanmu, yang pada akhirnya akan mengganggu tidur Anda di malam hari.

Saat kamu mencapai tempat tujuan, konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein untuk membantu Anda tetap terjaga dan bertenaga. Kurangilah porsi makanmu dan pilihlah makanan sehat untuk menjaga agar saluran pencernaanmu dapat berfungsi dengan baik. Makan banyak dapat mengganggu kerja sistem pencernaanmu, yang dapat memicu terjadinya diare dan sembelit.

5. Konsumsilah Melatonin, Bila Perlu

Konsumsilah Melatonin, Bila Perlu via http://obatobatan.blogspot.com

Melatonin merupakan sebuah hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh biasanya mendekati waktu tidurmu. Hormon ini berfungsi untuk mengatur “jam tubuh” dan mengirimkan sinyal-sinyal pada tubuhmu mengenai kapan Anda harus tidur dan bangun. Dengan mengkonsumsi suplemen melatonin, kamu dapat mengatur ulang “jam tubuh” Anda.

Konsumsilah suplemen ini sebelum tidur selama beberapa hari setelah kamu sampai di tempat tujuanmu. Suplemen ini direkomendasikan bagi orang dewasa yang pergi ke daerah dengan perbedaan zona waktu selama 5 jam atau lebih, terutama bagi mereka yang berpergian ke arah timur. Akan tetapi, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen ini untuk memastikan bahwa suplemen ini aman kamu konsumsi