Biar Nggak Tertipu, Begini Caranya Cek Wedding Organizer Memang Betulan atau Abal-abal

Cek wedding organizer

Beberapa hari yang lalu Instagram sepat dihebohkan dengan kejadian pilu di mana sepasang kekasih asal Jakarta telah membayar sebuah wedding organizer dengan jumlah Rp.79 juta dengan harapan menjadi ratu dan raja sehari.

Sayangnya bukanlah sebuah konsep pesta pernikahan impian yang mereka dapatkan, namun rasa kecewa yang teramat mendalam karena nyatanya mereka hanyalah menjadi korban penipuan wedding organizer yang mereka gunakan. Di mana gedung yang seharusnya menjadi tempat penyelenggaraan resepsi mereka justru kosong melompong. Akibatnya, pesta resepsi yang seharusnya mereka gelarpun menjadi kacau. Selain tidak adanya makanan yang disajikan, wedding organizer yang mereka gunakan pun juga nampaknya tidak melakukan pembayaran kepada vendor yang disewa.

Maka dari itu guys, dengan adanya kejadian ini diharapkan kepada para calon pengatin yang sedang mempersiapkan dan merencanakan pernikahan dengan menggunakan jasa wedding organizer ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini. Agar di hari terpenting dan terindah kalian, kalian tidak harus menanggung rugi dan malu akibat salah memilih wedding organizer.

1. Pastikan dan cek reputasi wedding organizer pilihan kamu

Bride by Fuu J

Bride by Fuu J via https://unsplash.com

Advertisement

Beruntunglah bagi kita yang kini hidup di era digital, di mana semua berita dan rekam jejak dari sebuah perusahaan dapat kalian telusuri secara online. Apalagi dengan hadirnya beberapa situs persiapan pernikahan memungkinkan kita untuk melihat testimoni klien dan review klien terhadap wedding organizer atau vendor yang akan kalian pilih.

Seandainya, calon-calon vendor pilihan kalian memiliki testimonial yang cenderung negatif, maka sebaiknyauntuk kalian hindari. Sekalipun vendor tersebut menawarkan harga yang lebih murah.

2. Cari rekomendasi WO dari orang-orang terdekatmu

A Perfect Wedding by Eric Ward

A Perfect Wedding by Eric Ward via https://unsplash.com

Mulailah dari sahabat, teman, sepupu, hingga teman kantor, pasti salah satu di antaranya ada yang sudah menikah, kan? Kalian dapat memanfaatkan situasi ini dengan meminta rekomendasi wedding organizer dan vendor yang mungkin pernah mereka gunakan sebelumnya.

Advertisement

Kamu juga dapat minta pendapat dari teman kalian yang sudah pernah menggunakan jasanya  sehingga kalian dapat mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing vendor. Tentunya, hal tersebut akan sangat membantu kamu dalam memilih wedding organizer!

3. Pastikan kamu tahu dengan apa yang kamu mau

Wedding Party by Andreas Ronningen

Wedding Party by Andreas Ronningen via https://unsplash.com

Menyatukan dua kepala menjadi sebuah pesta pernikahan yang sesuai dengan impian memang bukanlah hal yang mudah. Namun, ada baiknya jika kalian berdiskusi terlebih dahulu sebelum bertemu dengan wedding organizer. Dengan mengetahui keinginanmu dan pasangan, dapat mencegah terjadinya over budget akibat bujukan wedding organizer yang kamu gunakan.

4. Jangan lupa untuk memilih wedding organizer yang memiliki kantor resmi

office byt Campaign Creators

office byt Campaign Creators via https://unsplash.com

Ada banyak hal yang menjadi tolok ukur kualitas sebuah wedding organizer, dan salah satunya adalah ada tidaknya kantor resmi atas nama penyedia jasa tersebut. Tak hanya mengetahui keberadaan kantor dari wedding organizer, ada baiknya untuk kamu berkunjung dan melakukan meeting di kantor resmi wedding organizer-mu bernaung.

Dengan begitu, kamu dapat mengetahu nantinya harus meminta pertanggungjawaban ke mana jika dalam acaramu ada yang tidak beres. Namun, hal ini tidak berarti kamu tidak percaya terhadap wedding organizer dengan skala kecil. Selama banyak yang memberikan rekomendasi dan memiliki rekam jejak yang baik, tentu wedding organizer tersebut dapat  kamu percayai.

5. Jangan lupakan kontraknya!

Contract by Helloquence

Contract by Helloquence via https://unsplash.com

Menyiapkan pernikahan saja sudah memusingkan lho guys, masa harus ditambah dengan membaca kontrak? Sayangnya, hal ini wajib kalian lakukan demi kenyamananmu dan pasangan, guys!

Jangan lupa untuk meneliti lagi poin-poinnya, karena nantinya kamu akan menemukan banyak informasi seperti biaya-biaya yang mungkin ditambahkan, rencana cadangan bila cuaca buruk, dan pertanggungjawaban apa saja yang akan diberikan oleh pihak wedding organizer jikalau pesta yang kamu adakan berlangsung dengan berantakan.

Ingat guys, baca dengan benar sebelum memutuskan untuk 'deal', ya! Karena kamu gak mau kan harus buang uang puluhan juta sementara kamu tidak mendapatkan acara yang kamu impikan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Selalu merasa bahwa hidup ini hampa tanpa pedasnya sambal bawang. Dan selalu merasa bahwa Jogja adalah kota teromantis didunia

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE