#CeritaLiburku 7 Kegiatan yang Seru dilakukan Saat Liburan Sekaligus Meningkatkan Mood

Liburan ngapain aja sih? Jangan bilang gitu-gitu aja. Liburan memang sangat dibutuhkan untuk setiap orang. Terlebih akan membantu kita untuk mendapatkan ketenangan dan relaksasi. Ada kalanya kita harus meluangkan waktu untuk menyeimbangkan mood. Hal ini sangat penting dalam perkembangan kesehatan mental dan kestabilan emosi. Ketika waktu liburan tiba sudahkah kita membuat daftar keinginan? Tentunya banyak sekali yang dapat kita lakukan sebagai kegiatan positif di waktu libur. Namun demikian, kita pun harus membagi-bagi waktu di masa libur.

Jangan hanya menghabiskan waktu untuk satu aktivitas yang sama. Kita akan merasakan bosan. Ada baiknnya kita perlu melakukan kegiatan yang seru dan jarang kita lakukan atau bahkan menantang adrenalin. Begitu pula dengan mengerjakan hal lainnya seperti pekerjaan rumah agar tidak terlalu menumpuk. Berikut ini beberapa kegiatan yang seru dilakukan untuk mengisi waktu liburan sekaligus meningkatkan mood.

Advertisement

1. Berkemah atau Camping

Foto oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels

Foto oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu kegitan liburan yang paling seru dilakukan adalah bermalam seperti berkemah atau camping. Ajaklah beberapa teman dengan menjadwalkan lebih awal. Ataupun kita bisa mencoba camping mandiri di tempat khusus area camping. Kita bisa mendapatkan suasana alam yang sering kali kita tidak rasakan setiap hari. Wisata camping juga mampu memberikan relaksasi tersendiri.

Sejatinya manusia yang hidup atau berdekatan dengan alam akan lebih menerima keseluruhan panca indranya sehingga sensitivitas kita akan meningkat. Biasanya kita hanya fokus pada pekerjaan dan dunia maya, tapi dengan kita lebih dekat dengan alam tentunya akan memberikan ketenangan. Hal ini dibutuhkan untuk memulihkan pikiran dan menjernihkan emosi terutama bagi kamu yang sudah sangat sibuk dengan rutinitas. Jika kita tidak bisa pergi jauh ataupun tidak bisa bermalam, kita bisa menghabiskan waktu dari pagi hingga sore.

Advertisement

2. Makan bersama atau Barbeque

Foto oleh Min An dari Pexels

Foto oleh Min An dari Pexels via https://www.pexels.com

Kegiatan lainnya yang mungkin dapat kamu lakukan adalah mengundang teman, saudara, keluarga, ataupun kerabat dekat untuk acara makan bersama. Tidak harus banyak orang, cukup orang yang mungkin dekat dan nyaman. Kita bisa menjalin silaturahmi sekaligus memberikan jamuan. Hal ini memberikan ruang bagi kita untuk berkembang dan tidak melulu sibuk dengan aktivitas sendiri.

Manusia sebagai mahluk sosial membutuhkan interaksi dan komunikasi. Hal ini akan sangat berguna bagi kita untuk mempererat tali silaturahmi. Tentunya kita butuh teman yang dapat diandalkan dan seseorang untuk selalu ada mendengarkan cerita kita. Ini menjadi suatu kesempatan bagi kita untuk meningkatkan rasa kepercayaan terhadap koneksi kerabat yang kita miliki.

Kegiatan ini memberikan interaksi yang akan menghilangkan sedikit stress dan perasaan kesepian. Kita bisa membeli beberapa bahan masakan yang sudah jadi untuk disiapkan. Ataupun bisa melakukan masak bersama akan lebih menarik. Kita bisa mengadakan barbeque sederhana sesuai budget yang dimiliki.

Advertisement

3. Mencoba permainan menantang

Foto oleh Jules Amé dari Pexels

Foto oleh Jules Amé dari Pexels via https://www.pexels.com

Tidak hanya relaksasi saja, kita pun butuh kegiatan untuk memicu adrenalin. Hal ini dibutuhkan untuk meningkatkan mood. Cobalah permainan yang menantang seperti flying fox, paralayang, berkendara off road atau gokart ataupun jenis permainan lainnya yang bersinggungan dengan aktivitas di luar. Ataupun wahana permainan dalam taman bermain seperti roller coaster, jika kamu sangat berani. Namun, ingat jangan memaksakan, pilih permainan yang mungkin kita lakukan saja. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan adrenalin atau meningkatkan hormon epinephrine sekaligus melatih stamina.

Dengan melakukan beberapa olahraga menantang memberikan tubuh kita reaksi yang mana akan melatih fungsi reseptor. Melatih kita menghadapi situasi dan melatih kecekatan. Kegiatan ini pun sangat seru dilakukan bersama rekan atau kerabat dekat. Kita bisa merasakan ketegangan yang sekaligus meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Namun, jika kamu memiliki riwayat penyakit jantung, kegiatan ini tidak disarankan. Cobalah kegiatan seru lainnya seperti bermain video game yang lebih sederhana.

4. Mencoba olahraga air atau water sport

Foto oleh Narayana Adventure dari Pexels

Foto oleh Narayana Adventure dari Pexels via https://www.pexels.com

Kegiatan seru lainnya yang masih seputar menantang adrenalin adalah olahraga air atau water sport. Contohnya seperti arung jeram. Begitu pula, jika kita memiliki budget lebih dan waktu yang cukup, kita bisa melakukan aktivitas lainnya seperti parasailing, banana boat, jetski, belajar surfing, diving dan sebagainya. Olahraga air tersebut akan sangat menyenangkan terlebih juga banyak manfaatnya.

Aktivitas yang dilakukan dalam air bermanfaat untuk melatih stamina ataupun pernafasan. Selain seru untuk dilakukan, kita pun mengembangkan potensi ketahanan fisik. Olahraga sangat disarankan dilakukan setiap hari. Kegiatan ini sangat membantu kita yang jarang berolahraga. Namun sebelum melakukan aktivitas olahraga air tentunya harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Dengan olahraga yang cukup akan menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh, membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

5. Bermain game di wahana khusus permainan

Foto oleh Cottonbro dari Pexels

Foto oleh Cottonbro dari Pexels via https://www.pexels.com

Kegiatan berikutnya yang mungkin dapat kamu lakukan adalah bermain game di wahana khusus permainan seperti game master, timezone ataupun tempat lainnya. Luangkanlah waktu satu hari untuk menghilangkan stres dan penat. Kita dapat bermain sendiri ataupun mengajak teman dekat. Hal ini tentunya dapat memberikan perasaan menyenangkan dan sedikit melupakan rutinitas yang setiap hari kita lakukan. Dengan kegiatan ini kita bisa memberikan ruang pada diri kita untuk bernapas dan melepaskan semua emosi yang kita miliki. Jika kita tidak memiliki waktu banyak atau budget sedikit tentunya bermain game lebih mudah dilakukan dibanding pergi ke taman hiburan seperti dunia fantasi. Namun, jika memungkin ada baiknya kamu meluangkan waktu juga untuk pergi ke taman bermain.

6. Masak dengan resep baru

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels via https://www.pexels.com

Kegiatan liburan tidak melulu diluar rumah saja. Kita pun bisa menghabiskan waktu liburan yang seru di rumah, seperti memasak dan membuat kue. Cobalah resep makanan yang ingin kamu makan. Pilih resep yang sekiranya dapat dilakukan. Hal ini bermanfaat untuk kita agar terbiasa mencoba hal baru dimulai dari hal kecil. Buat kamu yang tidak suka memasak, ada baiknya kamu mencoba hal ini untuk menantang diri dan menambah keseruan. Jika berhasil mencoba resepnya maka akan menambah perasaan puas dan tentunya memberikan pengaruh positif. Kalau pun gagal jangan lantas berkecil hati, namanya juga percobaan. Tidak akan seru jika selalu sempurna. Mencoba memasak resep baru mungkin terlihat seperti sepele. Namun, tahukah kamu jika kita mencoba suatu hal baru dapat melatih pola pikir, melatih perencanaan serta mematangkan eksekusi atau hasil akhir. Artinya kita memberikan ruang lain dalam diri kita untuk berkembang. Hal ini dapat pula menstabilkan mood karena kita terlatih memiliki pola pikir dan sudut pandang lain.

7. Melakukan pekerjaan rumah

Foto oleh Antonius Ferret dari Pexels

Foto oleh Antonius Ferret dari Pexels via https://www.pexels.com

Selama liburan jangan hanya kita pergi dari rumah, tapi juga kita butuh waktu untuk di rumah. Kegiatan lainnya yang sangat perlu kita lakukan saat libur adalah melakukan daftar pekerjaan rumah satu persatu. Misalnya seperti membereskan rumah, menata kembali kamar, mencatat kebutuhan dan berbelanja. Hal ini dilakukan untuk memberikan perasaan nyaman dan lega ketika kita pulang ke rumah.

Ada kalanya pekerjaan rumah yang mungkin menumpuk dan tidak sempat kita kerjakan. Melakukan pekerjaan rumah dapat pula memberikan rasa puas dan tentunya sangat positif dilakukan. Libur tidak hanya untuk bersenang senang saja tapi pula membereskan hal hal yang penting untuk dilakukan. Dengan begitu masa liburan kita tidak hanya menyenangkan saja tapi juga lebih bermanfaat serta meningkatkan mood.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Shot the moments on frame (Photograph), Edit with heart and Share it on content (Writing).

CLOSE