Apa yang ada di benak kamu jika mendengar kota Cilegon?

Sebagian dari kita mungkin ada yang menjawab Kota Baja, Kota Industri, atau mungkin kota yang akan kita lewati ketika akan berkunjung ke Pantai Anyer. Bahkan tidak sedikit pula yang akan menjawab tidak tahu dimana itu Kota Cilegon.

Selain tidak begitu sering tersorot oleh media, kota Cilegon pun namanya tidak begitu bergaung sebagai destinasi wisata seperti Bali, Bandung, Puncak Bogor, dan Kota- kota destinasi wisata lainnya yang sering kita lihat di media.

Tapi siapa sangka, ternyata kota Cilegon memiliki destinasi wisata tersembunyi yang memiliki pemandangan indah dan instagramable tetapi sama sekali tidak menguras kantong.

1. Pulau Merak Besar

Pernah membayangkan bagaimana rasanya terdampar di tengah pulau? Kamu bisa merasakannya di pulau merak besar di Cilegon.

pulau ini sendiri terdiri atas dua pulau yaitu Pulau Merak Besar dan Kecil. Pulau Merak sendiri telah menjadi ikon dan merupakan tempat tujuan yang paling populer. Pulau Merak Besar secara khusus difungsikan sebagai hutan lindung yang ditujukan untuk dapat menahan gelombang air laut ke arah pelabuhan merak. Bahkan nih, Uniknya lagi di Pulau Merak Besar anda dapat melihat situs Tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada tahun 1883 silam. Keren nggak tuh!

Advertisement

Cara menempuhnya pun cukup mudah dan murah kok, hanya dengan kapal ferry yang bisa ditempuh kurang lebih lima menit kamu sudah tiba disana.

Tapi disarankan untuk membawa pembekalan yang cukup ya, disana tidak ada penjual makanan dan minuman, apalagi minimarket.

2. Gunung Batu Lawang

Gunung Batu Lawang

Gunung Batu Lawang via http://dispar.bantenprov.go.id

Destinasi selanjutnya adalah Gunung Batu Lawang. Masih satu arah kok dengan pulau merak besar.

Advertisement

Gunug batu lawang merupakan destinasi pilihan bagi kamu yang newbie dalam pendakian gunung. Menyajikan pemandangan bukit dan pegunungan yang indah disertai dengan bebatuan besar disekitarnya.

Aksesnya pun tidak begitu sulit, kita bisa menggunakan sepeda motor dan menitipkannya kepada penduduk sekitar. dan dari situ kita hanya perlu berjalan sebentar saja.

Tapi perlu diingat, walaupun jalurnya dikatakan cukup mudah tetap pastikan kondisi kendaraan kamu agar tidak terpeleset di jalanan berkelok- kelok itu. pastikan juga sepatu yang kamu pakai tidak licin ya.

Untuk biaya masuknya kita hanya cukup membayar parkir kendaraan saja kok. jauh lebih murah dari biaya parkiran di mall di kota besar.

3. Gunung Pinang Kramatwatu

Gunung Pinang Kramatwatu

Gunung Pinang Kramatwatu via https://www.bantennews.co.id

Sedikit bergeser dari kota Cilegon, walaupun sudah termasuk Kabupaten Serang, Gunung Pinang Kramatwatu masih merupakan andalan berwisata masyarakat Kota Cilegon.

Gunung Pinang Kramatwatu pada awalnya merupakan kawasan perhutanan yang dijadikan kawasan wisata yang terbuka untuk umum. Gunung Pinang sebenarnya adalah sebuah bukit yang tingginya hanya 300 mdpl dengan luas 222 Ha.

Memang kawasan ini tidak menjadi kawasan pendakian karena medan yang tidak menantang. Dengan menyajikan pemandangan yang menyejukkan mata dan harga yang tidak perlu mengencangkan ikat pinggang, Gunung Pinang Kramatwatu bisa menjadi pelarian dari lelahnya rutinitas.

Bahkan nih, tidak jarang juga ada banyak pasangan yang melakukan sesi foto untuk prewedding.

4. Masjid Agung Nurul Ikhlas

Masjid Agung Nurul Ikhlas

Masjid Agung Nurul Ikhlas via https://www.bantenmaps.com

Masjid Agung Nurul Ikhlas atau yang lebih familiar dengan Masjid Agung Cilegon merupakan ciri khas dari Kota Cilegon dan letaknya pun berada persis di pusat Kota Cilegon.

Menurut cerita yang beredar, Masjid tersebut sudah ada sejak zaman penjajahan dulu dan mengalami beberapa kali renovasi hingga pada akhirnya berbentuk seperti ini.

Saat ini pun, sudah dilakukan pembangunan taman di sebelah Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon ini lho. bahkan Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon ini pernah menjadi latar adzan magrib statsiun televisi swasta.

5. Pantai Anyer

Dan yang paling terakhir dan paling terkenal adalah pantai anyer. Sama seperti gunung pinang kramatwatu, pantai anyer pun sebenarnya sudah termasuk dalam Kabupaten Serang. Jarak tempuh pantai anyer dari Kota Cilegon sekitar 30 menit hingga satu jam.

Pantai Anyer sendiri terdiri dari banyak pantai yang terbentang yang bisa kita pilih, masing-masing dari pantai memiliki keistimewaannya sendiri-sendiri. Mulai dari pasir yang putih, ombak yang bisa dipakai untuk surfing, hingga pantai-pantai yang memiliki karang yang besar.

Harga masuk pantai pun bervariasi sesuai dengan fasilitas pantai tersebut. Mulai dari yang tidak lebih dari sepuluh ribu rupiah hingga pantai yang rada menguras kantong karena memang menyajikan suasana yang memorable banget deh.

Gimana nih? sudah menentukan mau kemana aja kalo ke Cilegon? Dijamin menyenangkan dan tak terlupakan, tapi tetap ingat keselamatan ya. Selamat berwisata!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya