Cobain Pah, Mah! Beragam Permainan Edukasi Supaya Anak Tidak Ketergantungan Dengan Gadget!

Biar Gak Main HP terus hehe

Ketergantungan anak terhadap gawai semakin hari semakin menjadi perhatian semua kalangan, terutama orang tua. Sedikit menyesal sudah mengenalkan gawai, namun dibeberapa situasi gawai seperti menjadi malaikat penolong.

Saat sibuk dengan urusan pekerjaan, rumah, dan saat lelah seringkali gawai menjadi andalan para orang tua untuk menenangkan anak di rumah. Tapi jika diperhatikan lagi, anak lebih banyak menghabiskan waktunya ketimbang dengan orang tuanya.

Gawai sudah seperti menjadi “orang tua” bagi anak, mulai dari belajar berbicara, membaca dan lain-lain bahkan diajarkan oleh gawai, bukan lagi dengan orang tua.

Sebenarnya sudah banyak kok beragam permainan edukatif untuk anak usia dini yang bisa melibatkan orang tua sebagai tutornya.

Advertisement

1. Flashcard

Kartu Bergambar

Kartu Bergambar via http://shopee.co.id

Flashcard adalah kartu yang dilengkapi dengan kata- kata atau gambar sebagai media belajar untuk anak. Orang tua memiliki peran besar dalam mengajarkan anak, terutama untuk anak yang belum bisa membaca.

Dengan Flashcard orang tua dapat mengajarkan bagaimana wujud sebuah hal seperti benda, hewan, buah, sayur, bahkan kendaraan melalui kartu secara mudah.

Advertisement

2. Playmat

Karpet Peta Jakarta

Karpet Peta Jakarta via http://shopee.co.id

Playmat atau karpet bermain adalah sebuah alas bermain untuk anak. sebelumnya, playmat tidak terdapat gambar, hanya sebuah karpet yang empuk dan nyaman untuk anak terutama untuk bayi.

namun seiring dengan bermunculan ide-ide kreatif dari berbagai produsen mainan, saat ini sudah tersedia playmat dengan beragam gambar seperti peta jalanan, peta dunia, permainan ular tangga dan lain- lain.

3. Cognition Puzzle

Advertisement
Puzzle kartu

Puzzle kartu via http://shopee.co.id

Cognition Puzzle ini adalah jenis puzzle kartu yang cocok mengajarkan anak mencocokkan gambar. orang tua dapat berperan dalam permainan ini.

seperti mulai menebar secara tidak beraturan dan menilai atau apresiasi hasil dari pencocokkan yang dilakukan oleh anak. Selain dapat mengasah kecerdasan si kecil, hal ini pun dapat memperkuat hubungan dari orang tua dan anak.

4. Stiker Dot

Stiker Dot

Stiker Dot via http://shopee.co.id

Stiker titik atau Dot Sticker adalah permainan edukasi untuk menempelkan stiker pada titik tertentu dengan berbagai pilihan warna titik dan pilihan bentuk media.

Hal ini dapat dilakukan orang tua untuk memperkenalkan warna, bentuk, dan mengasah konsentrasi anak dengan cara yang menyenangkan.

5. Busy Jar

Busy Jar

Busy Jar via http://shopee.co.id

Yang terakhir adalah Busy jar, Busy jar adalah sebuah wadah toples/jar yang bertujuan untuk melatih motorik halus, melatih konsentrasi anak, dan mengalihkan perhatian anak.

Tujuannya mirip- mirip sama gadget lho! anak bisa tenang cukup lama namun tetap belajar mandiri tanpa menggunakan gadget.

saat ini sudah banyak tersedia berbagai jenis permainan yang terdapat di busy jar, busy board, atau busy bag. tinggal bagaimana kita sebagai orang tua bisa memilih permainan apa yang cocok untuk anak.

Selain banyak pilihannya, permainan semacam busy jar ini pun dapat dimainkan berulang kali dan bisa melibatkan ataupun tidak melibatkan orang tua. Sekarang banyak ya permainan edukasi untuk anak usia dini, tinggal bagaimana kita sebagai orang tua untuk lebih pintar dalam memilih mainan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Define Your Own Success, Create Your Own Future.

CLOSE