Cobalah Kuliner Ini Ketika Kamu Travelling Ke Jawa Timur

Paling enggak bisa deh membiarkan waktu libur cuma di rumah saja. Rasanya pingin langsung travelling, mengunjungi tempat-tempat yang bisa menghilangkan sedikit penatmu akan rutinitas sehari-hari. Jauh-jauh hari sudah cek kalender, lihat tanggal merah untuk membuat plan tujuan liburanmu. Apalagi kalau destinasi wisatamu berada di Jawa Timur, kan kurang afdol juga enggak mencicipi kuliner khas dari Jawa Timur. Beberapa kuliner ini bisa kamu coba saat kamu kesana, cek deh.

Makanan khas merupakan cerminan budaya dari daerah itu sendiri.

1. Nasi punel, makanan khas dari Bangil Pasuruan

Nasi Punel – Bangil Pasuruan via http://www.eastjavatraveler.com

Advertisement

Kamu lagi ke Taman Safari Indonesia II? Sekalian deh, coba nasi punel khas Pasuruan. Berjarak kurang lebih 20km, kamu akan bisa mencicipi kuliner yang satu ini. Yang menjadi khas dari makanan ini adalah sambalnya yang dicampur dengan kacang panjang mentah dipotong kecil-kecil. Kamu akan merasakan sensasi pedas yang bercampur dengan sayur yang fresh. Hmm so yummy. Ayo coba ke Bangil Pasuruan untuk menikmati sedapnya makanan ini.

2. Sego Gegok, kuliner khas Trenggalek

Sego Gegok – Trenggalek via http://www.reseparena.web.id

Lagi liburan di Trenggalek? Kurang lengkap rasanya kalau tidak mencoba nasi gegok. Kuliner yang satu ini merupakan olahan nasi dicampur dengan sambal teri, kemudian dimasak dengan cara dikukus. Bikin kamu semakin ketagihan dan menjadikan Trenggalek tempat yang perlu dikunjungi lagi.

3. Ayam Lodho, makanan istimewa Tulungagung

Ayam Lodho – Tulungagung via http://www.kulinersehat.com

Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung sedang banyak dibicarakan. Sekalian juga, coba Ayam Lodhonya Tulungagung. Yang khas dari makanan ini adalah ayam bakarnya yang dimasak dengan santan, semakin membuat makanan ini menggoda untuk kamu coba. Makanya kamu perlu travelling ke Tulungagung dan dijamin enggak bakal menyesal.

Advertisement

4. Bebek Songkem, khas dari Sampang

Bebek Songkem – Sampang via http://www.reseponlineku.com

Pulau Madura memiliki tempat-tempat wisata yang awesome, seperti tempat snorkling di Gili Labak. Sebelum sampai Gili Labak, kamu akan melewati Kota Sampang yang memiliki kuliner khas yaitu bebek songkem. Sempatkan mampir deh, karena makanan ini berasal dari bebek dikukus dengan bumbu-bumbu khusus, menjadikan daya tarik tersendiri. Perlu untuk dicicipi bukan agar tahu bagaimana citarasanya? Angkat ranselmu dan berkunjunglah ke Pulau Madura.

5. Nasi Krawu yang khas dari Gresik

Nasi Krawu – Gresik via http://masadera.com

Gresik yang berjarak tidak jauh dengan Kota Surabaya, menjadikan tempat yang mudah untuk dijangkau. Saat kamu sedang di Gresik, sempatkanlah untuk mencicipi nasi krawu-nya. Serundeng merupakan salah satu ciri khas dari makanan ini, tentu dengan tambahan beberapa pilihan lauk yang tentunya sesuai dengan seleramu. Mau coba bagaimana rasanya?

6. Rujak Soto, makanan yang perlu dicoba saat ke Banyuwangi

Rujak Soto – Banyuwangi via http://seribu-resep.blogspot.co.id

Kalau kamu mau ke Bali melalui darat, yakin deh kamu pasti melakukan penyeberangan dari Banyuwangi. Sekalian saja, coba kulinernya. Rujak Soto. Makanan ini merupakan perpaduan antara rujak yang diberi kuah soto. Tentu kamu jadi penasaran kan bagaimana rasanya rujak dikasih kuah soto? Makanya ke Banyuwangi untuk mencoba makanan ini. Yakin deh, kamu enggak bakal menyesal.

7. Sayur So, kuliner istimewa Pacitan

Advertisement

Sayur So – Pacitan via http://resepmasakansaji.blogspot.co.id

Apa sih sayur so itu? So what gitu maksudnya? Bukan dong, kata "So" merupakan bahasa jawa dari tanaman Melinjo. Sayur ini biasanya dimasak dari daun muda, buah, dan kulit buah melinjo yang terkadang dicampur dengan sayur lainnya. Penasaran sama sensasinya? Yuk ke Pacitan sekalian mengunjungi pantai dan goa yang tidak kalah ciamiknya.

8. Bakso Bakarnya Malang

Bakso Bakar – Malang via http://www.resepmasakanindonesiaku.com

Kalau kamu sedang travelling ke Batu, sempatkan juga untuk mampir mencicipi kuliner khas Malang, bakso bakar yang jelas akan memanjakan lidahmu. Sensasi pedas yang bercampur dengan rasa makanan yang sudah dibakar akan menjadi salah satu alasan kamu menyukai makanan ini. Gimana? Yakin gak mau ke Jawa Timur dengan banyaklah pilihan kuliner dan juga tempat wisatanya yang perlu kamu kunjungi?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemerhati embun, penikmat hujan, penanti pelangi, dan pecinta senja.

15 Comments

  1. Anna Nur Hasanah berkata:

    Membuat perut jadi dibaan aka laper,

  2. Kekey berkata:

    Nyaaaam Nyaaaaam …..

  3. Ririf Haybah berkata:

    G masalah laper, pokoknya bukan baper hahaha

  4. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 – Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899 / 081221833729
    BB PIN : 7D8DEB8C
    http://www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    http://www.Facebook.com/Warung.KhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !

CLOSE