Sebagai pria sejati, tentu saja kita harus menjaga kesehatan, baik itu badan maupun kesehatan reporduksi kita. Apalagi untuk anda yang berencana akan segera melangsungkan pernikahan dengan pasangan anda dalam waktu dekat. Pasti nggak ingin dong waktu malam pertama berakhir mengecewakan karena mungkin anda kurang "pria" dalam menjalani malam pertama? Hal ini memang seringkali ditakutkan oleh para pria. Lalu sekarang pertanyaannya, bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi atau alat kelamin pria agar selalu sehat dan kuat?

Hal ini sangat penting, karena saya pribadi yakin bahwa tidak ada satu orang pun yang ingin mengalami gangguan kesehatan reproduksi yang tentu bisa berakibat pada susahnya mendapatkan keturunan.

Oleh karena itu perhatikan lah kesehatan alat kelamin anda! Sebenarnya untuk menjaga kesehatan reproduksi pria sangatlah mudah dan simpel, namun terkadang kita sendiri melakukan kebiasaan yang justru berakibat fatal pada kesehatan reproduksi kita sendiri. Kebiasaan tersebut seperti di bawah ini!

1. Pola makan berantakan. Hal ini sepele, tapi tahukah kamu gimana dampaknya?

Tidak menjaga pola makan

Tidak menjaga pola makan via http://agenherbastamin.com

Pertama, kita mulai dari hal yang sangat sederhana dan mendasar dulu, yakni pola makan yang kurang benar. Bagi kebanyakan pria memang biasanya identik dengan pola makan yang sembarangan, tiidak seperti wanita yang mungkin selalu diet sehingga secara tidak langsung menjaga pola makan. Tapi untuk pria, jarang sekali yang melakukan hal semacam itu. Bagi anda para pria sejati, sebisa mungkin hindari beberapa makanan yang kurang menyehatkan seperti sosis, nugget, makanan instan dan lain lain.

Boleh saja makan makanan instan seperti itu, hanya saja paling tidak porsinya dikurangi dan jangan lupa untuk perbanyak makanan yang sehat. Terutama makanan yang bisa meningkatkan produksi sperma.

2. Banyak yang belum tahu, memangku laptop di paha itu tidak baik!

Memangku laptop di paha

Memangku laptop di paha via http://hipwee.com

Advertisement

Inilah yang sangat sering dilakukan oleh banyak orang, malah bukan hanya pria saja, wanita pun banyak yang melakukan ini, yakni memangku laptop di atas paha. Khusus anda para pria, sebaiknya hindari atau kurangi kebiasaan seperti ini karena bisa memicu tidak sehatnya organ reproduksi. Laptop yang ditempel di atas paha akan menimbulkan suhu panas pada area genetalia dan ini akan mengganggu kesehatan produksi sperma karena rusaknya temperatur testikel pada organ reproduksi.

3. Menggunakan sun block berlebihan

Memakai sun block terlalu berlebihan

Memakai sun block terlalu berlebihan via http://hipwee.com

Jangan salah, sekarang juga banyak para pria yang menggunakan sun block. Memang sah-sah saja karena ini untuk menjaga agar kulit tubuh tidak mudah hitam terutama saat kegiatan yang memaksa anda untuk berhadapan langsung dengan sinar matahari.

Namun tahukah anda? Berdasarkan artikel yang saya baca, ada sebuah studi dari Longitudinal Investigasi Fertilitas dan Environtment (LIFE) yang menyatakan bahwa bahan kimia yang digunakan pada sun block itu bisa mengganggu kesehatan kesuburan pria. Lagipula, masa ya sih pria memakai sun block? Takut hitam? Maka dari itu, udah deh hindari penggunaan sun block. Boleh kalau sekali-kali saja ya!

4. Terlalu sering menggunakan celana atau underwear yang ketat

Underwear ketat

Underwear ketat via http://hipwee.com

Advertisement

Nih, untuk anda para pria yang sangat peduli penampilan, pasti seringkali menggunakan celana seperti jeans dengan model yang ketat kan? Sebaiknya hindari kebiasaan ini, karena memakai celana dan underwear yang ketat terlalu sering tentu bisa membuat gangguan para bagian reproduksi karena tertekan dan pada area alat vital pun akan menimbulkan suhu panas yang bisa mengganggu produksi sperma.

5. Kalau bisa jangan merokok dan minum minuman keras

Merokok dan minum minuman keras

Merokok dan minum minuman keras via http://hipwee.com

Tips terakhir, mungkin banyak yang tidak setuju, atau bahkan justru membantah karena faktanya, banyak orang yang merokok dan fine-fine saja kok dengan organ reproduskinya. Memang ya, tapi kalau anda benar-benar mau menerapkan pola hidup sehat, tentu harus menghindari 2 kebiasaan ini. Percaya deh! Merokok itu tidak baik untuk kesehatan.

Itulah beberapa tips mengenai kebiasasan yang harus dihindari untuk para pria karena bisa membahayakan kesehatan reproduksi . Semoga dengan adanya tips di atas, bisa memicu anda untuk bisa hidup lebih sehat ya!.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya