Desain Kamar Mandi Industrial yang Unik dan Berkarakter

7 Inspirasi kamar mandi nuansa abu-abu industrial, ada yang semi outdoor!

Simpel dan artistik, hematnya itulah dua kata untuk menggambarkan konsep ruangan bergaya industrial. Mungkin menurut sebagian orang, tema industrial tidak menarik dan berkesan setengah jadi. Namun, gaya yang satu ini dapat juga terlihat mewah ataupun vintage apabila didesain dengan tepat untuk berbagai ruangan dalam rumah.

Kamar mandi industrial misalnya. Anda dapat memadukan beragam material untuk menghasilkan nuansa industrial yang diinginkan.

Ide untuk mengaplikasikan kamar mandi industrial pun bermacam-macam, tergantung kreativitas dari pemilik rumah. Sebagai inspirasi kamar mandi industrial, berikut tujuh ide yang bisa kamu coba.

Advertisement

1. Kamar mandi industrial semi terbuka

Kamar mandi industrial semi terbuka di hunian Semi Rustic House in Cimahi oleh Triasteri Interior and Design,

Kamar mandi industrial semi terbuka di hunian Semi Rustic House in Cimahi oleh Triasteri Interior and Design, via https://www.arsitag.com

Contoh kamar mandi industrial yang pertama memberikan kesejukan alami dengan konsep semi terbuka. Perpaduan dinding batu alam dan unsur kayu menampilkan kesan vintage. Ditambah dengan adanya hiasan tanaman menjalar serta rerumputan membuatnya indah dan cantik. Sentuhan papan kayu di area shower mempertegas nuansa alam yang ingin dihadirkan.

2. Kamar mandi industrial berdinding semen

Kamar mandi industrial minimalis dalam JS House oleh Antony Liu+Ferry Ridwan Studio Tonton,

Kamar mandi industrial minimalis dalam JS House oleh Antony Liu+Ferry Ridwan Studio Tonton, via https://www.arsitag.com

Untuk kamar mandi yang sempit bisa mencontoh ide yang satu ini. Kamar mandi ini didesain bergaya industrial yang minimalis, namun tampak elegan dan mewah. Dengan dinding semen unfinished membuatnya terlihat artistik. Sementara, lantai keramik dan kaca terlihat stylish serta terkesan tegas dan maskulin.

Advertisement

3. Minimalis namun tetap berkarakter

Desain kamar mandi gaya industrial di rumah Bare Minimalist oleh Raw Architecture,

Desain kamar mandi gaya industrial di rumah Bare Minimalist oleh Raw Architecture, via https://www.arsitag.com

Kamar mandi satu ini sepenuhnya mengadopsi gaya industrial yang memperlihatkan semen ekspos. Begitu minimalis namun memiliki karakter yang kuat. Bahkan wastafelnya pun bermaterialkan semen. Kamar mandi dinding semen ini menghadirkan konsep bersih dan semakin menarik dengan adanya rak gantung bermaterialkan kayu.

4. Gaya industrial dengan dinding batu

Interior kamar mandi industrial dinding batu di Tanjung Mas House oleh Inspiratio,

Interior kamar mandi industrial dinding batu di Tanjung Mas House oleh Inspiratio, via https://www.arsitag.com

Ketika melihat inspirasi kamar mandi berikutnya, tampak sang pemilik menginginkan gaya industrial yang dipadukan dengan sentuhan tradisional. Pada bagian dindingnya sengaja didesain menggunakan material bebatuan. Pada kamar mandi gambar sebelah kiri tampak dinding batu berwarna putih di area keringnya. Sementara, di area basah menggunakan batu kali besar yang memperkaya tekstur. Di sisi lain, desain kamar mandi sebelah kanan menggunakan bata ekspos dan wastafel bermaterialkan semen.

Interior kamar mandi dinding batu bata selalu terlihat kreatif dan menimbulkan kesan yang artistik. Biar lebih terkesan artsy, kamu bisa menambahkan beberapa dekorasi seperti rak gantungan model tangga monyet.

Advertisement

5. Lebih modern dengan paduan material kayu

Interior kamar mandi industrial modern dalam Sunset Villa oleh Erwin Kusuma,

Interior kamar mandi industrial modern dalam Sunset Villa oleh Erwin Kusuma, via https://www.arsitag.com

Selain batu bata dan semen, material kayu juga termasuk dalam bagian konsep tempat tinggal industrial. Ide kamar mandi selanjutnya memadukan material semen pada dindingnya dengan furnitur dan dekorasi dari kayu. Perpaduannya menampilkan kesan kamar mandi industrial yang lebih modern. Jangan lupa, untuk memastikan kamar mandi mendapat pencahayaan yang maksimal supaya tidak lembap dan mudah berlumut.

6. Gaya industrial dengan sentuhan artistik

Kamar mandi industrial yang artistik di Wan Treasures Restaurant Pantai Indah Kapuk oleh Evonil Architecture,

Kamar mandi industrial yang artistik di Wan Treasures Restaurant Pantai Indah Kapuk oleh Evonil Architecture, via https://www.arsitag.com

Ide memadukan tema industrial dengan beragam material dapat dibilang cukup fleksibel. Seperti pada contoh inspirasi kamar mandi industrial ini yang diberikan sentuhan tak biasa. Desainer menambahkan dinding dan lantai keramik motif batik yang berpadu cantik dengan material semen. Kamar mandi terlihat lebih artistik dan unik, kan?

7. Siapa bilang tema industrial tidak bisa tampil mewah?

Kamar mandi industrial yang mewah di hunian Pakuwon Indah oleh Lumos Interior Design,

Kamar mandi industrial yang mewah di hunian Pakuwon Indah oleh Lumos Interior Design, via https://www.arsitag.com

Walaupun konsep dasarnya industrial, namun kesan mewah tetap bisa ditampilkan. Dari interior kamar mandi project Pakuwon Indah ini, ruangan terlihat mewah berkat penggunaan material granit untuk area wastafelnya. Ditambah lagi dengan pemakaian kaca besar membuatnya terlihat elegan. Sebagai sentuhan akhir, setangkai bunga diletakkan agar mempercantik ruangan. Tak lupa, permainan pencahayaan di area shower turut berperan menambah kemewahan kamar mandi.

Dari ketujuh inspirasi kamar mandi industrial ini, manakah yang ingin kamu terapkan di rumah? Sebagai tambahan supaya konsep industrial lebih menarik, kamu disarankan untuk menggunakan warna-warna monokromatik agar terkesan maskulin dan elegan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

CLOSE