#DestinasiHipwee- 5 Destinasi Wisata Alternatif di Pesisir Lamongan

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur yang wilayahnya sebagian berada di pesisir, Lamongan menyimpan sejumlah destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Sayangnya, potensi ini kurang dikenal karena masih kalah bersaing dengan sejumlah daerah lain di Jawa Timur. Padahal, Lamongan juga memiliki sejumlah destinasi lain yang patut dikunjungi.

Kali ini #DestinasiHipwee akan membahas destinasi keren yang berada di pesisir Lamongan, yang  bisa dijadikan alternatif ketika berkunjung ke Kota Soto. Jadi, enggak hanya Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Maharani Zoo saja yang bisa dikunjungi ketika singgah di kota ini.

Advertisement

1. Desa Sendang Duwur

Photo by @lacultureindo on Instagram

Photo by @lacultureindo on Instagram via https://www.instagram.com

Desa ini berjarak sekitar 5 km dari WBL. Di sini, kamu bisa mengunjungi makam Sunan Sendang Duwur yang berada di sebuah bukit. Bangunan makam sangat dipengaruhi oleh agama Hindu. Tak hanya itu, di area makam juga terdapat sumur giling yang konon airnya bisa membuat awet muda. Selain itu terdapat pula masjid tertua di Lamongan yang didirikan Sunan Sendang Duwur. Destinasi ini cocok buat kamu yang suka wisata religi. Desa ini juga menjadi sentra batik lamongan.

2. Pemandian Air Panas Brumbun

Photo by: salingamanah.com

Photo by: salingamanah.com via https://salingamanah.com

Tempat ini masih berada di Kecamatan Paciran alias tetanggaan dengan Sendang Duwur, tepatnya di Desa Karnji. Pemandian ini sudah ada sejak zaman Sunan Drajad. Fasilitas di pemandian ini juga sudah lengkap. Cukup bayar parkir 5 ribu untuk masuk ke tempat ini.

Advertisement

3. Monumen Van der Wijck

Photo by @monumen.van.der.wijck on Instagram

Photo by @monumen.van.der.wijck on Instagram via https://www.instagram.com

Bergeser ke barat, tepatnya di Brondong, selain terdapat  tempat pelelangan ikan ada juga sebuah monumen yang terkait dengan tenggelamnya Kapal Van der Wijck. Bangunan ini dibangun oleh pemerintah kolonial sebagai tanda terima kasih kepada para warga yang turut membantu evakuasi para korban. Monumen Van der Wijck tepat berada di tepi jalan raya.

4. Akar Langit Bukit Trinil

Photo by @indahindundz on Instagram

Photo by @indahindundz on Instagram via https://www.instagram.com

Di bukit yang terletak di Desa Sendangharjo, Brondong ini, selain terdapat gua-gua kecil juga ada sebuah pohon  bunga kupu-kupu dengan akar yang berada di luar alias tumbuh ke atas.  Akar-akar inilah yang kerap digunakan pengunjung untuk berswafoto. Untuk masuk ke tempat ini, cukup sediakan 5-10 ribu. Sementara akses jalan menuju obyek wisata tersebut bisa menggunakan motor atau kendaraan roda empat.

5. Pantai Kutang

Advertisement
Photo by @pantaikutanglamongan on Instagram

Photo by @pantaikutanglamongan on Instagram via https://www.instagram.com

Namanya memang sedikit ‘serem’ karena kutang dalam Bahasa Jawa berarti bra atau BH. Dinamakan Pantai Kutang karena dulu banyak kutang yang digantung di pohon bakau yang tumbuh di tepi pantai. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit ke tempat ini dari Akar Langit Bukit Trinil. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut yang tenang sembari menikmati air kelapa muda. Tak hanya itu, pantai yang terletak di Desa Labuhan ini juga kerap dipakai untuk lokasi pre wedding. Untuk biayai masuk tergolong murah, hanya 5 ribu per orang.

Itulah 5 destinasi alternatif yang berada di pesisir Lamongan yang bisa kamu masukkan dalam daftar kunjungan wisata. Jangan lupa juga, selama berwisata di sini kamu juga bisa mencicipi minuman legen serta jubrek yang dijual di tepi jalan raya di Paciran. Jadi tunggu apa lagi, pastikan Lamongan menjadi destinasi wisatamu berikutnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE