#DestinasiHipwee-5 Rekomendasi Destinasi Kuliner di Daerah Bogor, Nikmatnya Menggoyang Lidah!

Siapa sih yang enggak kenal dengan kelezatan makanan di kota hujan ini? Ini lah beberapa rekomendasi kuliner dari aku setelah 16 tahun menetap di Bogor, segala rupa pangan :)

Halo readers, apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Mungkin ada yang sedih belum berhasil travelling ke Bogor buat cobain beragam makanan karena masa pandemi ini. Semoga listicle ini bisa bantu sedikit menambah list makanan yang siap disantap saat nanti pandemi sudah reda ya! Jadi sekarang prepare dulu deh, biar pas sampai Bogor sudah enggak bingung mau makan apa dan di mana ūüôā #DestinasiHipwee

Advertisement

1. Bakso Mas Belo Cibinong

Photo by @belobakso20 on Instagram

Photo by @belobakso20 on Instagram via https://www.instagram.com

Nah ini salah satu Bakso Legend yang aku makan dari jaman SD sampe sekarang aku udah mau lulus SMA. Si bapak owner bakso belo ini biasanya dikenal dengan panggilan Mas Belo. Dahulu sebelum masa pandemi, beliau bersama istri berjualan di lahan depan Gereja Katolik Keluarga Kudus Cibinong, namun ketika pandemi melanda dan kegiatan peribadatan ditiadakan secara offline beliau mulai merasa kehilangan konsumen dan tidak lagi menyewa kios di halaman Gereja. 

Oleh karena itu, sekarang beliau berjualan di halaman rumah pribadinya, lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi Gereja. Untuk masa dirumah saja ini, beliau juga melayani pesan antar. Jenis bakso yang dijual ada bakso tahu, bakso daging, bakso isi, bakso urat, bakso kecil. Warga Gereja pasti udah enggak asing sama asap panci Mas Belo yang selalu menggebu gebu setiap jadwal selesai ibadah. #DestinasiHipwee

Advertisement

2. Seblak Bang Ikhsan Ihsan Jalan Pengadilan

Photo by OSIS SMA REGINA PACIS BOGOR on Instagram @remmerce

Photo by OSIS SMA REGINA PACIS BOGOR on Instagram @remmerce via https://www.instagram.com

Yang pernah berurusan sama Regina Pacis Bogor pasti udah kenal sama seblak depan SMA ini. Yap, seblak bang Ikhsan ini dijual di sebrang SMA Swasta no. 1 di Kota Bogor, kami siswa siswi Regina Pacis 'rajin' banget jajan seblak ini, biasanya setelah pulang sekolah sebelum kerja kelompok sempetin jajan seblak ini dulu! Isi seporsi seblak ada kwetiaw, bahan kerupuk, makaroni, mie, sawi, kol, dan telur pastinya yang bikin seblak ada wangi wanginya! Tapi abang nya ramah banget, bisa custom isi. 

Buat masalah harga, bisa dipastikan ekonomis dan masuk akallah, anak sekolah mana bakal jajan tiap hari makanan yang nguras kantong haha. Yang doyan seblak pasti doyan deh seblak abang satu ini! Dulu jualannya di dalam gang, sekarang di pinggir jalan, ada kemajuan~ #DestinasiHipwee

3. Rumah Makan Saung Kuring

Advertisement
Photo by SAUNG KURING BOGOR on Instagram @saungkuringjlnbaru

Photo by SAUNG KURING BOGOR on Instagram @saungkuringjlnbaru via https://www.instagram.com

Kalau tadi makanan 'nyemil' kali ini rumah makan deh HEHE lokasinya ada di Jalan Sholeh Iskandar atau biasa dikenal Jalan Baru atau Jalan Solis. Ada satu lagi cabang nya di pinggir jalan puncak Bogor.

Aku pribadi lebih sering nongkrong di Saung Kuring yang di Solis gais! Buat menu dan pelayanan, sama sama baik kok! Cukup kids friendly, ada ikan ada mainan outdoor. Menu favorit keluarga aku adalah ikan gurame sambel beletot, jujur sebagai keluarga pencinta pedes sangat semangat dan repeat sama menu ini. #DestinasiHipwee

Masakan sayur juga banyak macam ada tumis ada kuah, yang unik ada namanya kangkung crispy, menu ini jarang ada atau bahkan belum ada di resto lain. Restoran ini cenderung ramai, jadi kalau orangnya enggak sabaran disarankan bisa reservasi via whatsapp dulu jadi mengurangi waktu nunggu hehe.

Tempat makannya ada meja, ada saung saung yang lesehan gitu, kadang ada live music juga, bisa pilih sesuai selera dan nyamannya masing-masing sih. Ini salah satu resto andalan untuk makan bareng keluarga besar, untuk masalah harga mungkin bisa dibilang menengah keatas ya, tapi masih worth it kok ada harga = ada kualitas.

4. Cendol Surken Gang Ngesti Surya Kencana

Instant Street View on Google

Instant Street View on Google via https://www.instantstreetview.com

Kalau 3 tadi makanan, yang ke empat ini ada rekomendasi minuman. Aku lupa sih nama abangnya siapa, tapi beliau jualan di emperan trotoar gang antara toko Ngesti Baru dan Ngesti¬†Lama, bisa ditemukan pagi ‚Äď sore ya, kemungkinan beliau pulang jika sudah sore / dagangan habis.

Satu gelas es cendol dijual 10.000 kalau enggak salah, ada paket / set untuk take away dibawa pulang gitu, jenis paket beda beda sesuai isi berapa porsi. Dahulu sebelum pandemi, abang cendol ini rame saat weekend, orang Jakarta ramai kan ke Surken saat weekend. #DestinasiHipwee

Isi cendolnya ada es batu, santan, gula merah dan cendol ijonya sendiri, masalah kuantitas bisa request, abangnya ramah dan sabar banget. Jangan lupa cobain ya, bantu larisin juga! Dulu sebelum covid lahir, enak banget sensasi makan pinggir jalan ngemper sempit sempitan.  

5. Asinan Manisan Buah Sayur Jalan Pengadilan

Photo by Asinan Betawi Bogor on Blogspot.com

Photo by Asinan Betawi Bogor on Blogspot.com via https://www.google.com

Orang luar kota tiap pulang dari Bogor pasti heboh sama buah tangan Asinan dan Manisan. Dengan pengalaman pribadi wajib membawakan makanan saat ke rumah keluarga lain, pasti aku sebagai orang Bogor mau memberikan asinan manisan terbaik di lidahku dong! #DestinasiHipwee

Ketemulah sama asinan manisan yang dijual pinggir jalan di depan Bank BTN Jalan Pengadilan, jualannya di bagasi mobil, stoknya juga enggak banyak apalagi kalau hari libur, sebelum matahari sampe utara juga udah ludes. Harga nya sekitar 20-40k, satu plastik seporsi sudah include kerupuk kuning dan kerupuk pink, sayur dan bumbunya. Aku sendiri bisa habis seporsi sendiri HAHAHHA #makannyabanyak.

Setau aku di kios mobil ini juga ada jual makanan tradisional yang lain, namun aku pribadi hanya pernah membeli asinan dan manisan, serta baru merasakan asinannya (diriku tidak suka manisan buah) tapi menurut saudara yang coba manisan cukup enak dan mereka repeat request sih! Boleh dicoba ya pas main ke Bogor, mobilnya parkir dan ada spanduk gelantungan di cap mobil.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE