#DestinasiHipwee-Rekomendasi Destinasi Wisata di Banyuwangi

Siapa yang tidak tahu blue fire yang merupakan fenomena langka di dunia? Keberadaan blue fire di dunia ini hanya dimiliki di dua negara, yatu Indonesia dan Islandia. Sebagai warga Indonsesia tentu patut bangga atas keberadaan fenomena ini. Selain bangga, keberadaan blue fire harus dijaga, dlindungi, dan dirawat oleh warga negaranya. Keberadaan blue fire Indonesia berada di Kabupaten Banyuwangi. Ayooo sudahkah kalian menengok blue fire Indonesia?

Tanpa dipungkuri, keberadaan blue fire tidak hanya menguntungkan bagi Indonesia. Hal ini juga berdampak pada keberadaan Kabupaten Banyuwangi juga loh. Banyaknya wisatawan domestik dan mancanegara ini membuat pariwisata di Kabupaten Banyuwangi semakin dikenal oleh banyak orang. Jadi, wisatawan tidak sekedar mengunjungi blue fire, tetapi juga mengeksplor wisata-wisata yang ada di Banyuwangi.

Mau tahu apa saja yang ada di Kabupaten Banyuwangi? Simak lebih lanjut rekomendasi destinasi wisata Banyuwangi di bawah ini yaa!

Advertisement

1. Kawah IJen

photo by Novidgp

photo by Novidgp via https://ceritadgp.blogspot.com

Kawah Ijen adalah destinasi wisata paling tekenal di Kabupaten Banyuwangi. Kawah ini berada di Gunung Ijen yang memiliki ketinggian 2779 mdpl. Kawah yang dimiliki gunung Ijen berbeda dari yang lannya.

Beberapa gunung lannya kawah hanya berisi sebuah belerang, tetapi di kawah Ijen selan belerang ada juga blue fire atau api biru. Blue fire atau api biru ini merupakan api berwarna biru yang berada di kawah Gunung Ijen dan bagian dari fenomena langka di dunia. Selain dari warnanya yang beda dari api biasanya, keberadaan api biru ini juga sulit ditemukan di kehidupan sehari-hari loh.

Advertisement

Hal lain yang membuat fenomena langka ini adalah kemunculan apinya. Setiap orang yang ingin melihat fenomena ini harus memperhatikan waktu. Ada jadwal khusus yang harus diperhatikan pengunjung untuk melihat api biru ini. Waktu yang tepat melihat fenomena ini sekitar pukul 03.00 s.d. 04.30. Usaha untuk melihat kawah ini akan diuji lagi dengan medan yang akan ditempuh.

Ingat, bahwa kawah ini berada di Gunung Ijen, sehingga harus butuh tenaga ekstra menuju ke Kawa Ijen. Walaupun medan yang berat dan rasa lelah akan menanti, semuanya tidak akan terasa. Kesulitan tersebut akan dibayar lunas dengan keindahan Kawah Ijen yang luar biasa. Apalagi kesempatan melihat blue fire yang langka ini sangat diidamkan.

2. Air Terjun Jagir

Advertisement
photo by Pariwisata Banyuwangi

photo by Pariwisata Banyuwangi via https://pariwisatabanyuwangi.com

Selain Kawah Ijen, destinasi wisata yang dapat dikunjungi lagi adalah Air Terjun Jagir. Lokasi air terjun Jagir masih berada di dekat wisata Kawah Ijen. Sekiranya waktu belum gelap disarankkan untuk ke tempat ini untuk relksasi sejenak dari rasa lelah.

Air Terjun Jagir merupakan air yang mengalir dari gunung loh. Sensasi kesegaran airnya sungguh menyegarkan sekali. Sebelum menikmati segarnya air terjun Jagir, wisatawan harus berjalan beberapa meter dengan menuruni anak tangga.

Tidak terlalu jauh juga, cukup berjalan kurang-lebih 10 menitan. Selain menikmati keindahan air yang turun dari gunung, wisatan yang datang ke sini juga bisa menikmati pemandangan indah pepohonan di sekitar air terjun. Wisatawan juga diperbolehkan berenang menikmati kesegaran air tejun secara langsung.

3. Taman Nasonal Baluran

phooto by Novidgp

phooto by Novidgp via https://ceritadgp.blogspot.com

Destinasi selanjutnya di Kota Banyuwangi adalah Taman Nasional Baluran. Wisata yang cukup terkenal karena memiliki savana layaknya Afrika. Tidak perlu jauh-jauh mengunjungi savana ke luar negeri ketika negara sendiri memiliki savana yang tidak kalah bagusnya.

Savana ini berada di wilayah konservatif Perhutani Kabupaten Banyuwangi. Selain savana, di Taman Nasinal Baluran ini juga tedapat hutan yang memiliki berbagai jenis tanamanya. Mulai dari hutan musim yang memiliki pohon berdasarkan musim d Indonesia dan hutan tropis yang memiliki pohon di kawasan tropis.

Selain floranya yang beranekaragam, keberadaan satwa liar menjadi daya tarik lainnya, seperti banteng, kerbau, rusa, monyet, dan sebagainya. Tidak heran jika savana ini disebut seagai savana Afrika van java. 

4. Pantai Bama

photo by Novidgp on Instagram

photo by Novidgp on Instagram via https://www.instagram.com

Setelah berpetualang di savana, kalian harus melanjutkan lebih dalam lagi. Di ujung Taman Nasional Baluran ini tersimpan sebuah pantai yang indah. Pantai Bama merupakan pantai berpasir putih yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran.

Pantai ini tidak memiliki ombak seihngga airnya begitu tenang. Cocok sekali untuk beristirahat sejenak setelah menulusuri savana dan hutan. Selain pasir putih dan air pantai yang biru, pantai ini memiliki hutan bakau yang dapat dikunjungi.

5. Hutan DeJawatan

photo by Novidgp on Instagram

photo by Novidgp on Instagram via https://www.instagram.com

Hutan De'Jawatan merupakan cagar alam yang masih masuk ke dalam Perhutani. Destinasi ini sempat viral karena suasana hutan layaknya hutan hobit di film The Lord of The Rings. Pohon-pohon tinggi dan tua menjadikan hutan ini sejuk dan tenang. Jarak yang harus ditempuh ke lokasi ini cukup memakan waktu. Jadi, disarnkan untuk memperhatikan waktu keberangkatan ya!

Jika ingin bekeliling hutan ini tanpa harus kelelahan, berkelilinglah dengan delman. Kalian juga bisa bernostalgia karena sekarang ini jarang menemukan delman. Ingin lebih menantang? Gocart menjad pilihan tepat nih untuk bekeliling di hutan ini.

Kalian yang hanya sekedar menikmati keindahan dan kesejukan hutan ini bisa juga duduk manis di coffe shop. Karena lokasi masih ada di hutan, coffe shop di sini tentu menyatu dengan alam.

6. Pantai Boom

photo by Novidgp on Instgram

photo by Novidgp on Instgram via https://www.instagram.com

Pantai Boom merupakan pantai yang berada di dekat pusat kota. Dulu pantai ini terkenal sebagai pantai pelelangan ikan. Tidak heran nelayan, perahu, dan bau ikan sering terlihat dan terasa. Bahkan pantai ini sudah sejak zaman penjajahan sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Pantai Boom juga menjadi ikonik bagi Banyuwangi. Jembatan spiral yang ada di sini menjadi tempat yang sering jadi incaran pengunjung. Jembatan unik ini menarik karena bentuknya spiral. Berbeda dengan jembatan-jembatan pada umumnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

annyeong!

CLOSE