Bagi seluruh warga negara Indonesia, bahkan dunia sekalipun tentu tahu betul Candi Borobudur? Ya, Candi Borobudur merupakan salah satu dari banyaknya bangunan yang bersejarah di negeri kita tercinta Indonesia. Hampir semua orang khususnya orang Indonesia pasti ingin sekali mengunjungi tempat yang sekaligus menjadi tempat wisata ini, jadi bukan hanya tempat sejarah saja. Hal yang paling membanggakan dari Candi Borobudur adalah menjadi bangunan yang ditetapkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia oleh Unesco pada tahun 1991.

Candi borobudur biasanya menjadi tujuan pasti untuk para anak sekolah dari SD, SMP, SMA untuk kepentingan study tour. Hal ini tak terlepas dari nilai sejarah yang ada dalam sebuah bangunan ber estetika Budha ini.

Namun tahukah anda? Ternyata dibalik kemegahan Candi Borobudur, ternyata masih ada fakta yang dijamin bakal membuat kamu terkejut mendengarnya. Fakta-fakta di bawah ini mungkin jarang sekali diketahui oleh kebanyakan orang. Langsung saja untuk anda yang tertarik untuk mengenal lebih jauh mengenai fakta sejarah bangunan Candi Borobudur, simak pembahasan berikut ini:

1. Ternyata Nama "Borobudur" Masih Menjadi Perdebatan Para Sejarawan

Siapa sangka ternyata nama Borobudur itu sendiri masih menjadi perdebatan banyak para sejarawan? Raffles menuliskan Bore Budur yang mengacu pada desa Bore dan Budur berarti Purba dalam bahasa Jawa. Ternyata ada beberapa sejarawan yang justru berbeda dalam mengartikannya yakni Budur adalah gunung.

Bukan hanya itu saja, ada lagi teori di mana borobudur merupakan sebuah nama yang berasal dari istilah sambharabudhara yang diartiken sebagai gunung yang ber teras. Sementara menurut teori etimologi penduduk, Borobudur merupakan nama yang berasal dari ujaran para Buddha.

2. Beberapa Bagian Candi Borobudur Ternyata Sering Dicuri oleh Beberapa Orang

Advertisement

Tahukah anda? Selama candi borobudur ada, ternyata sudah seringkali mengalami tindakan pencurian terutama pada bagian kepala arca Budha. Hal ini bukan tanpa alasan karena harga dari kepala archa budha ini memang harganya sangat mahal. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk memiliki dan membelinya. Tindakan ini tentu saja sangat menjengkelkan karena seperti yang kita tahu, nilai-nilai candi borobudur sangatlah bersejarah.

Kita sebagai warga negara Indonesia apalagi bagi mereka penduduk setempat sudah sepantasnya menjaga nilai sejarah yang ada apalagi Candi Borobudur yang merupakan salah satu warisan sejarah dunia yang menjadi salah satu keajaiban dunia. Biasanya orang yang mencuri bagian bagian Candi Borobudur adalah para pelaku kolektor sejati.

3. Tahun 1980, Candi Borobudur Mengalami Rusak Parah di Bom

Tingginya nilai sejarah Candi Borobudur jelas membuat beberapa orang yang tidak bertanggung jawab ingin mencoba memusnahkknya. Salah satunya terjadi pada tahun 1980 di mana Candi Borobudur mengalami pengebomman yang merusak setidaknya 9 stupa.

Advertisement

Pengeboman ini dilakukan oleh sekelompok pemimpin radikal yang mencoba mengancam pemerintahan Indonesia. Hal ini sungguh di sesalkan karena rusaknya memang cukup parah dan tentu menjadi luka tersendiri bagi kita semua warga negara Indonesia.

4. Seorang Ilmuwan Yakin Candi Borobudur dibangun di Tengah Danau

tengah danau?

tengah danau? via http://google.com

Mungkin banyak yang belum tahu kalau Candi Borobudur dibangun di tengah danau purba? Ini merupakan salah satu teori ilmuwan yang mengatakan bahwa bangunan Candi Borobudur ini memang dibangun pada tengah danau. Hal ini juga sejalan dengan pendapat salah satu geolog bahwa alasan ilmuwan tersebut memang sangat masuk akal. Teori ini sebenarnya masih menjadi salah satu hal yang tidak disetujui atau disangkal.

5. Isidore Van Kinsbergen, Seorang Belanda yang "Berjasa" Memperkenalkan Candi Borobudur.

foto pertama

foto pertama via http://hipwee.com

Saat masa penjajahan belanda, warga indonesia juga mendapat berkah tersendiri salah satunya adalah adanya foto pertama candi borobudur yang ternyata di buat oleh warga Belanda bernama Isidoe Van Kinsbergen. foto pertama inilah yang menjadi awal masa candi borobudur sehingga bisa sampai terkenal. Isidore adalah ahli bidang engraving yang tentu sangat masuk akal apabila ia mampu menciptakan potret yang luar biasa dari megahnya bangunan candi borobudur.

Itulah beberapa fakta sejarah candi Borobudur sebagai bangunan sejarah di Indonesia yang menjadi salah satu keajabian dunia. Semoga dengan adanya artikel di atas bisa membantu kamu untuk lebih mengenal salah satu warisan dunia ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya