#DiIndonesiaAja-Liburan Anti Mainstream. Yuuk, Datang ke Gili Genting, Paradise Island-nya Indonesia yang Belum Terjamah!

Desember ini ke Pulau Gili Genting yuk!

Tidak banyak yang tahu tentang Pulau Gili Genting yang letaknya di Kabupaten Sumenep bagian selatan. Pulau ini merupakan salah satu kecamatan gabungan dari dua pulau yaitu Pulau Gili Genting dan Gili Raya, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Walaupun harus melalui perjalanan yang cukup panjang untuk sampai di pulau ini, pengorbanan kalian akan terbayarkan dengan destinasi wisata yang sangat indah dan masih alami. Orang-orang sering menyebutnya dengan private Island atau Paradise Island.

Selain memiliki alam yang begitu indah dengan pantai yang airnya jernih bak kristal, kalian juga dapat mengenali budaya, kuliner, hasil laut, dan masyarakat yang sangat ramah. Nah, sahabat Hipwee akan mengajak kalian untuk mengenali beberapa wisata yang wajib kalian datangi saat berkunjung ke Pulau Gili Genting dan apa saja yang tidak boleh dilewatkan.

Advertisement

1. Pantai Kahuripan

Pantai Kahuripan Gili Genting Sumenep MAdura

Pantai Kahuripan Gili Genting Sumenep MAdura via https://merahputih.com

Pantai Kahuripan yang masih perawan dan tak ada bosan-bosannya untuk dikunjungi. Pantai ini terletak di ujung timur Pulau Gili Genting. Karena open tour belum begitu banyak di daerah ini, kalian bisa minta tolong awak perahu saat tiba di Pelabuhan Bringsang. Biasanya mereka akan mencarikan warga setempat yang bersedia untuk menjadi tour guide selama kalian berwisata di pulau ini. Jangan khawatir, pulau ini selalu aman. Kalian bisa memberikan tips seikhlasnya.

 

Advertisement

Dari Pelabuhan Bringsang kalian akan diantar menggunakan sepeda motor dan 15 menit akan sampai Pantai Kahuripan. Berwisata ke Pantai Kahuripan tidak ada tiket masuk ya, jadi kalian free dengan syarat menghormati kearifan lokal dan menjaga kelestarian alamnya.

 

Advertisement

Setiba di sana, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan lautan yang terhampar luas nan biru. Di ujung-ujungnya terdapat tebing dan terdapat pintu goa di bawah tebing tersebut. Batu-batu di sana seperti batu karang loh! Katanya sih dulu terdapat kerajaan. Air laut di Pantai Kahuripan tidak pernah surut ya, jadi hati-hati jangan sampai kepeleset karena airnya sangat dalam.

 

Selain itu, ada jembatan yang menghubungkan pulau besar dengan pulau kecil Kahuripan. Pulau kecil Kahuripan ini berbentuk dua bebek yang saling berhadapan. Nah, jangan lupa untuk ambil foto di sini. Hasilnya selalu ciamik! Gila keren banget deh.

2. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan Desa Bringsang Gili Genting

Pantai Sembilan Desa Bringsang Gili Genting via https://www.idntimes.com

Pantai ini akan terlihat ketika kalian akan mendarat di Pelabuhan Bringsang. Jaraknya yang sangat dekat dengan pelabuhan memungkinkan para wisatawan hanya jalan kaki saja untuk sampai di sana. Kenapa diberi nama Pantai Sembilan? Karena awal mula ditemukan pantai ini ada pasir menyerupai angka sembilan seperti pulau kecil. Tiket masuknya hanya 5k.

 

Pantai ini sudah mulai dikelolah oleh pemerintah setempat. Kalian bisa sun bathing karena pantainya yang luas dengan pasir yang bersih putih, duduk santai menikmati angin sepoi-sepoi di gazebo, atau bermain di jembatan sambil menunggu sunset dan mengabadikan momen itu.

 

Oh iya, pengelola juga menyediakan jasa snorkeling dan banana boat, loh. Kalian juga tidak perlu khawatir jika ketinggalan perahu untuk balik ke kota karena di pantai Sembilan sudah disediakan cottage yang disewakan permalam. Kisarannya 300k – 1000k ya. Selama menginap, kalian bisa juga barbeque.

3. Pantai Sebeddih

Pantai Sebeddih

Pantai Sebeddih via https://www.instagram.com

Pantai ini letaknya tidak jauh dari Pantai Kahuripan. Sebeddih artinya pasir. Diberi nama pantai pasir karena pasirnya yang sangat bersih dan pasca air pasang menghasilkan tumpukan pasir dan kerikil yang ciamik.

 

Untuk bisa menikmati pantai ini, kalian harus menuruni bukit terlebih dahulu. Itulah sebabnya pantai ini seperti surga tersembunyi. Ombaknya yang berwarna putih dipadukan dengan air laut yang bergradasi hijau dan biru, dan pasir putih yang luas serta view pantai Kahuripan dari kejauhan dan bukit di sebelah kiri, menjadikan Pantai Sebeddih ini primadona, perfecto!

4. Pantai Miring

Pantai Miring

Pantai Miring via https://www.instagram.com

Pantai yang bentuknya miring ini dapat kalian temui saat perjalanan menuju Pantai Sembilan. Dari pantai ini kalian bisa melihat indahnya Pulau Gili Labak dari kejauhan. Pantai ini dipenuhi dengan tanaman-tanaman bakau yang tumbuh sendiri secara alami. Pantai Miring adalah pilihan yang tepat untuk berburu sunrise.

5. Pohon Palembang

The Winter the wind blows

The Winter the wind blows via https://www.facebook.com

Pohon Palembang yang digadang-gadangkan mirip dengan pohon dalam drama Korea “The Winter the Wind Blows” sayang sekali jika dilewatkan. Apalagi saat musim kemarau, daun-daunnya jatuh berguguran. Namun saat musim hujan, daunnya mulai bersemi dan menghijau.

Pohon ini tumbuh di sisi kiri dan kanan di sepanjang perjalanan menuju Pantai Kahuripan. Pohon yang beratus-ratus tahun silam ditanam dan sekarang bisa dinikmati oleh wisatawan. Rantingnya yang tumbuh simetris antar pohon. Jangan lupa berhenti sebentar untuk mengabadikan momen kalian ya.

6. Budaya dan masyarakat

Budaya dan Masyarakat Gili Genting

Budaya dan Masyarakat Gili Genting via https://www.facebook.com

Berasa ada yang hilang jika jalan-jalan tapi tidak sambil mengenali budaya dan masyarakatnya. Hampir 100% masyarakat di pulau ini perempuannya menggunakan hijab, loh. Hal ini disebabkan 100% penduduknya beragama Islam. Tapi jangan khawatir, meskipun demikian, masyarakat Pulau Gili Genting sangat ramah dan the best dalam menjamu tamu.

 

Coba saja kalian kesasar di pulau ini, akan selalu ada masyarakat yang bersedia dengan senang untuk mengantarkan ketujuan kalian atau bahkan menawari kalian untuk bermalam di rumah mereka. Waaah, jangan kaget ya, setiba di rumah mereka, kalian akan disuguhi dengan berbagai macam masakan seafood, guys. Kalian auto dianggap seperti keluarga sendiri. Kesasar di pulai Gili Genting, kalian tidak akan mati kelaparan.

 

Selain itu, budaya unik adalah kalian harus selalu menyapa masyarakat yang kalian temui di perjalanan, baik kenal maupun tidak. Kalau ngga percaya, coba deh perhatikan, pasti mereka selalu saling menyapa bila bertemu.

7. Kuliner

Rajungan/Kepiting

Rajungan/Kepiting via https://www.instagram.com

Nah, yang terakhir adalah kuliner. Abis jalan-jalan tentu lapar dong atau cari buat oleh-oleh? Kalian wajib cobain kaldu kokot, soto, rujak petis, lontong pecel, korket dan sea food yang dagingnya suegeeer mantul!!

 

Dan kue legendaris adalah bapel merah dan bapel koneng. Bapel itu sejenis waffle. Namun waffle merah di sini terbuat dari gula merah dari aren asli yang tiada tandingannya. Sedangkan waffle kuning terbuat dari kentang. Oh iya ada lagi, cendol aren dan cendol beras, waah lezatos!

 

Nah, sekarang tunggu apa lagi? Segera list liburanmu ke Pulau Gili Genting di bulan Desember mendatang yaa..

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE